Biaya Flushing AC Mobil di Bengkel

No comment160 views

Selain freon, salah satu masalah yang kerap terjadi pada AC mobil adalah sumbatan karena adanya tumpukan kotoran pada saluran AC, yang akhirnya menghambat kinerja mesin pendingin udara tersebut. Nah, untuk mengatasi permasalahan ini, sudah banyak bengkel yang menawarkan flushing dengan biaya rata-rata ratusan ribu rupiah saja.

Proses flushing AC mobil di bengkel (sumber: hella.com)

Proses flushing AC mobil di bengkel (sumber: hella.com)

Selain , saat ini semakin banyak orang di Tanah Air yang telah memiliki mobil sebagai sarana transportasi. Secara umum, mereka membeli kendaraan roda empat untuk menikmati dua fungsi, yakni sebagai sarana untuk mengantarkan dari satu tempat ke tempat yang lain dan mengangkut barang dalam aktivitas sehari-hari, serta untuk memperoleh prestise yang akan memberikan kepuasan tersendiri.[1]

Seorang konsumen dengan tingkat pendapatan menengah ke bawah mungkin cenderung membeli mobil karena dia membutuhkannya sebagai alat transportasi yang bisa meringankan pekerjaan dan mobilitas, sehingga faktor seperti merk, model, maupun karoseri kurang diperhatikan, terpenting murah dan kondisinya baik.[2] Sebaliknya, mereka yang punya pendapatan tinggi, mungkin membeli mobil untuk alasan prestise, sehingga lebih memperhatikan merk dan model kendaraan.

Terlepas dari alasan untuk membeli mobil, idealnya para pemilik kendaraan, termasuk yang berjenis kelamin perempuan, mengetahui cara merawat mobil, seperti mengganti ban yang merupakan cara perawatan mobil yang paling dasar, hingga memahami cara memeriksa oli dan radiator, cara jumping aki, serta cara mengganti wiper.[3]

Baca juga  Info Terkini Biaya Pembuatan Paspor dan Visa ke Singapura

Apa Itu Flushing AC Mobil?

Hal lain yang juga perlu diperhatikan pada sebuah mobil adalah kondisi AC. Kebanyakan orang menganggap AC mobil adalah bagian kisi-kisi udara saja, yang biasanya terpasang di dashboard kendaraan. Padahal, susunan AC jauh lebih kompleks dan rumit. Meski struktur dasar AC mobil mirip dengan AC rumah, perangkat ini lebih dinamis.

Seperti komponen lainnya, AC mobil pun bisa terkena masalah. Nah, seiring dengan kemajuan teknologi, saat ini mendeteksi dan merawat AC mobil pun tidak perlu lagi memakan waktu lama karena ada mesin flushing. Flushing AC sendiri adalah membersihkan oli yang terdapat di dalam sistem AC melalui proses komputerisasi. Pembersihan dilakukan dengan mesin lax khusus untuk flushing. Nah, mesin flushing AC mobil ini diklaim mampu membersihkan oli pada sistem hingga 100 persen. Keuntungan terbesar memakai mesin lax ini adalah service AC mobil tanpa perlu melakukan pembongkaran.

Baca juga  Update Info Keunggulan dan Biaya Transaksi QRIS

Flushing AC Mobil

  • Mesin berteknologi lax ini bisa dengan mudah dan efisien menguras dan mengganti oli dan freon pada sistem pendingin AC mobil. Dengan penggantian pelumas atau oli dan freon, AC mobil menjadi lebih cepat dingin dan mengeluarkan udara segar.
  • Flushing AC mobil dengan menggunakan mesin yang terkomputerisasi diklaim dapat melindungi kerusakan pada komponen-komponen yang bisa disebabkan oleh bahan pembersih. Sehingga, nantinya akan memperpanjang masa pemakaian komponen-komponen yang ada di dalam sistem pendingin AC.
  • Oli yang sudah tidak layak dipakai dan harus diganti biasanya berubah berwarna kegelapan. Pada umumnya, ada tiga oli AC, yakni , kuning dan hijau. Terlepas dari warnanya, selama dia berubah warna kegelapan, oli tersebut tidak layak digunakan dan sebaiknya harus diganti atau dikuras dengan menggunakan mesin.

Biaya Flushing AC Mobil

Lalu, berapa biaya yang diperlukan untuk melakukan flushing AC mobil ini? Biayanya memang bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing bengkel. Bengkel Jaya Denso AC di Curug Tangerang misalnya, mematok biaya flushing mulai Rp400.000, belum termasuk oli. Sementara itu, bengkel Provis Auto Sport di kawasan Bintaro menetapkan biaya berkisar Rp750.000 hingga Rp800.000, tergantung jenis kendaraan. Jika melakukan servis besar, termasuk flushing system dan pergantian oli kompresor, Rotary Bintaro membanderol dengan harga mulai Rp1,5 jutaan.

Baca juga  Info Terbaru Tarif Cargo Sriwijaya Air ke Berbagai Kota

Service AC mobil biasanya terbagi atas advance service dan basic service. Umumnya, basic service akan dilakukan ketika mobil sudah menempuh jarak perjalanan sejauh 10.000 hingga 20.000 km atau telah berumur setahun lebih. Apabila pemilik selalu memakai AC mobil pada wilayah yang berpolusi tinggi, serta sudah menempuh jarak perjalanan lebih dari 10.000 km, maka dianjurkan melakukan service AC ke salah satu bengkel terdekat.

[1] Marpaung, Anna Octora dan Rachmat Sumanjaya Hasibuan. 2013. Analisis Dampak Kebijakan Pembatasan Uang Muka Kredit (Down Payment) terhadap Permintaan Mobil di Kota Medan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Universitas Sumatera Utara, Vol. 1(11): 1-11.

[2] Suprihati dan Wikan Budi Utama. 2015. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Mobil Pribadi di Kelurahan Gonilan Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Paradigma, Vol. 13(1): 104-116.

[3] Setiowati, Meily, Deddi Duto H., Merry Silvia. 2013. Perancangan Bengkel Gut ‘Pentingnya Merawat Mobil Bagi Perempuan di Surabaya’. Jurnal DKV Adiwarna Universitas Kristen Petra, Vol. 1(2).

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Biaya Flushing AC Mobil di Bengkel"