Ada banyak media yang dapat dipakai sebagai promosi suatu merk atau produk, salah satunya logo. Logo konon bisa mengatakan banyak hal mengenai brand, termasuk memengaruhi pemikiran dan pendapat publik tentang suatu produk. Nah, jika Anda juga berniat membuat logo untuk jasa atau produk yang Anda tawarkan, saat ini sudah banyak tempat yang menyediakan jasa desain logo dengan harga rata-rata ratusan ribu rupiah.
Pentingnya Media Promosi
Jika Anda menggeluti suatu usaha atau bisnis, media promosi memegang peranan penting dalam rangka menarik perhatian konsumen atau masyarakat luas. Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat sedemikian rupa, sedangkan promosi merupakan suatu komunikasi informasi yang bertujuan untuk mengubah sikap dan tingkah laku konsumen, yang sebelumnya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga mengingat produk tersebut.[1][2]
Tujuan utama promosi tentu saja agar produk yang ditawarkan dapat laku. Secara rinci, tujuan yang hendak dicapai ketika mempromosikan jasa atau produk adalah menumbuhkan persepsi pelanggan terhadap suatu kebutuhan (category need), memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang suatu produk kepada konsumen (brand awareness), mendorong pemilihan terhadap suatu produk (brand attitude), membujuk pelanggan untuk membeli suatu produk (brand purchase intention), mengimbangi kelemahan unsur bauran pemasaran lain (purchase information), dan menanamkan citra produk dan perusahaan (positioning).[3]
Fungsi Logo untuk Promosi
Seperti disinggung di atas, ada banyak media yang dapat digunakan untuk mempromosikan suatu jasa, produk, atau brand. Nah, jika Anda lebih sreg dengan yang simpel tetapi tetap mengena, Anda dapat memakai logo. Logo dikatakan sebagai sebuah seni yang tidak hanya sebagai identitas brand, tetapi juga media untuk menyampaikan informasi brand kepada publik. Logo diperlukan perusahaan, organisasi, atau sebuah produk untuk mengenalkan identitas dan menyebarkan citra.[4]
Nah, agar tidak hanya terlihat bagus, tetapi juga menancap di ingatan masyarakat, maka membuat logo memang tidak boleh asal-asalan. Pasalnya, walau logo memang merupakan atribut utama brand yang terlihat secara fisik, tetapi juga harus dapat menampilkan semua atribut non-fisik yang merupakan jiwa dari brand (visi, misi, nilai, budaya).[5]
Logo sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa tipe. Logogram misalnya, adalah gambar yang mewakili suatu makna atau logo yang dituangkan dalam bentuk gambar.[6] Sementara itu, logotype secara sederhana dapat dikatakan sebagai logo yang merupakan hasil dari pengolahan font, dengan font tebal biasanya menunjukkan kekuatan dan font italic menunjukkan pergerakan. Ada pula perpaduan logogram dan logotype, seperti logo stasiun televisi Metro TV dan kartu XL.
Terlepas dari jenisnya, logo yang baik harus dapat menggambarkan kepribadian entitas yang diwakilinya. Logo tersebut harus memiliki keunikan yang dapat membedakan entitas yang diwakilinya dengan entitas lain. Namun, yang perlu diperhatikan adalah logo harus tetap simpel dan fleksibel, baik secara bentuk, warna, maupun ukuran, karena akan lebih aplikatif serta mudah diingat masyarakat.[7]
Nah, apabila Anda juga tertarik membuat logo, entah untuk organisasi, perusahaan, atau menawarkan produk, saat ini sudah banyak tempat yang menyediakan jasa desain logo. Harga atau biaya yang ditawarkan bervariasi, biasanya tergantung ukuran, model, serta tingkat kerumitan logo. Berikut kami sajikan informasi kisaran biaya desain logo.
Biaya Desain Logo di Mojokerto
Paket Desain Logo | Biaya | Keterangan |
Paket Logo Basic | Rp250.000 | 2 konsep logo |
Paket Logo Medium | Rp450.000 | 3 konsep logo |
Paket Logo Pro | Rp975.000 | 5 konsep logo |
Biaya Desain Logo di Ponorogo
Paket Desain Logo | Biaya |
Paket Profesional | Rp200.000 |
Paket Paling Laris | Rp350.000 |
Paket Lengkap | Rp500.000 |
Biaya Desain Logo di Jakarta
Paket Desain Logo | Biaya | Keterangan |
Paket Basic | Rp425.000 | 3 konsep logo |
Paket Silver | Rp725.000 | 6 konsep logo |
Paket Gold | Rp975.000 | 9 konsep logo |
Paket Platinum | Rp1.500.000 | 15 konsep logo |
Paket Excellent | Rp3.300.000 | 20 konsep logo |
Biaya Desain Logo di Bandung
Paket Desain Logo | Biaya | Keterangan |
Paket Express Hemat | Rp60.000 | 2 hari, revisi 1 kali, file PNG transparan & JPEG resolusi tinggi |
Paket Express Mantap | Rp100.000 | 1 hari, revisi 2 kali, file PNG transparan, JPEG resolusi tinggi & PDF |
Paket Express Super | Rp150.000 | 3-6 jam tergantung revisi, revisi 2 kali, file PNG transparan, JPEG resolusi tinggi, PDF & Coreldraw/PSD |
Biaya Desain Logo di Surabaya
Paket Desain Logo | Biaya | Keterangan |
Paket Basic | Rp425.000 | 3 konsep logo |
Paket Silver | Rp725.000 | 5 konsep logo |
Paket Gold | Rp975.000 | 7 konsep logo |
Paket Platinum | Rp1.500.000 | 10 konsep logo |
Biaya Desain Logo Perusahaan & UKM
Paket Desain Logo | Biaya | Keterangan |
Paket Logo UKM | Rp1.000.000 | 2 konsep logo |
Paket Logo Corp. | Rp5.000.000 | 8 konsep logo |
Informasi biaya desain logo di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa jasa desain logo di sejumlah daerah. Perlu Anda catat bahwa tarif desain logo tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing tempat bisa saja berbeda meskipun paket yang ditawarkan mungkin saja sama. Dibandingkan dengan tahun 2021 lalu, biaya desain logo sampai tahun 2022 ini belum banyak berubah atau masih relatif stabil.
[Update: Dian]
[1]Purnamawati dan Eldarni. 2001. Media Pembelajaran. Jakarta: CV Rajawali, hlm. 4.
[2]Saladin, Djaslim dan Yevis Marty Oesman. 2002. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya, hlm. 123.
[3]Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi, hlm. 222
[4]Hadiani, Ulfi, Hardman Budiarjo, Abdullah Khoir Riqqoh. 2016. Perancangan Logo dan Media Promosi Software Ritelaa Berbasis Pop Art sebagai Upaya Menciptakan Brand Awareness. Jurnal Desain Komunikasi Visual STIKOM Surabaya, Vol. 1(1).
[5]Oscario, 2013. Angela. Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand. Humaniora, Vol. 4(1): 191-202.
[6] Ibid.
[7] Ibid.