Update Biaya dan Syarat Masuk Thursina (d/h Tazkia) IIBS Malang

Saat ini, untuk mencari sekolah berasrama dengan basis agama Islam tidak terlalu sulit. Pasalnya, sudah banyak lembaga yang menyediakan sekolah dengan model demikian, salah satunya Tazkia International Islamic Boarding School (IIBS) yang berlokasi di Malang. Dengan biaya masuk yang memang tidak bisa dikatakan murah, ini merupakan lembaga pendidikan yang tidak hanya berlandaskan Islam, namun juga telah dibekali dengan kurikulum dan fasilitas yang modern.

Tentang Tazkia (Thursina) IIBS Malang

Sekolah Tazkia IIBS (sumber: tazkiaiibs.sch.id)

Sekolah Tazkia IIBS (sumber: tazkiaiibs.sch.id)

Tazkia International Islamic Boarding School atau sejak Februari 2021 lalu telah berganti nama menjadi Thursina IIBS merupakan sekolah berbasis boarding yang melaksanakan pendidikan untuk jenjang SMP dan SMA. Sekolah ini terletak di Kota Malang, tepatnya di Jalan Tirto Sentono No. 15A, Landungsari, Dau, Malang, atau arah menuju Kota Batu. Berada di lingkungan perbukitan, sekolah ini memiliki suasana yang tergolong sejuk khas pegunungan.

Untuk mencapai sekolah ini, Anda memang perlu menempuh jalanan kampung yang cukup berliku. Namun, ketika sampai, pengunjung dipastikan akan terkesima dengan bangunan sekolah Tazkia IIBS Malang. Pasalnya, selain desain gedung yang bagus, sekolah ini juga memiliki taman yang indah sekaligus halaman yang sangat bersih.

Seperti diuraikan sebelumnya, sekolah ini menyelenggarakan dua jenjang pendidikan, yaitu SMP dan SMA. Secara umum, visi Tazkia IIBS Malang adalah mencetak siswa (atau lulusan) yang memiliki kaidah Islam yang kokoh; memiliki pemahaman Islam yang benar, luas, dan mendalam; memiliki uji kompetensi standar internasional; mampu menjadi role model dalam melaksanakan ibadah wajib dan sunnah; memiliki kepribadian Islami dan karakter nubuwah; dan memiliki semangat juang keislaman yang tinggi.

Kurikulum Pendidikan Tazkia (Thursina) IIBS Malang

Karena merupakan sekolah berbasis Islam, maka kurikulum yang diselenggarakan oleh Thursina IIBS Malang pun otomatis lebih memfokuskan pada pembelajaran agama. Baik di tingkat SMP maupun SMA, setiap siswa wajib mempelajari Al Quran (termasuk membaca, menghafal, menerjemahkan, dan memahami). Selain itu, juga terdapat kurikulum penguatan akidah, akhlak, pemahaman ilmu fikih, dan amalan ibadah harian.

Sementara, untuk kurikulum nasional, sekolah ini berpatokan pada standar isi yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan tujuan utama mengembangkan kemampuan logika-intelektual, afektif, dan psikomotorik siswa atau santri. Dalam belajar, materi ajar akan diintegrasikan dengan konsep dan nilai-nilai Islam sehingga siswa semakin menyadari keagungan Allah SWT.

Di samping itu, Thursina IIBS Malang juga memiliki kurikulum internasional karena telah melakukan kemitraan dengan Center of Cambridge International Examination (CIE) Jawa Timur. Thursina mengadopsi kurikulum internasional dengan tujuan utama agar siswa memiliki standar kualifikasi internasional melalui ujian check point, penguasaan bahasa Inggris yang baik, dan kepercayaan diri yang tinggi sehingga memiliki kesempatan yang lebih luas untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan lanjutan baik di dalam maupun luar negeri.

Thursina IIBS juga memiliki program Bahasa yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan Bahasa Arab dan Inggris siswa. Sementara, untuk membentuk pribadi yang percaya diri dan berwawasan global, disediakan pula aktivitas kegiatan di luar sekolah, baik yang bersifat pengembangan potensi diri, skill, maupun rekreatif.

Nah, khusus jenjang SMA, sekolah ini menyediakan beberapa mata pelajaran spesial yang disesuaikan dengan perkembangan dunia global. Siswa dapat menempuh program Moslem Scholar (terdiri dari 13 mata pelajaran), Entrepreneurship (terdiri dari sembilan mata pelajaran), Sciencepreneur (terdiri dari sebelas mata pelajaran), Chief Executive Officer (terdiri dari 12 mata pelajaran), atau Professional (terdiri dari sebelas mata pelajaran).

Ilustrasi: Para Santri Tazkia (Thursina) IIBS Malang (credit: Official Facebook)

Ilustrasi: Para Santri Tazkia (Thursina) IIBS Malang (credit: Official Facebook)

Biaya Masuk Tazkia (Thursina) IIBS Malang

Untuk bisa melanjutkan studi di sekolah Thursina IIBS Malang, para pendaftar diwajibkan membayar sejumlah biaya masuk. Biaya masuk pada 2019 dan 2020 lalu berkisar Rp38.020.000, dengan biaya SPP per bulan sebesar Rp2,645 juta. Sementara biaya pendaftaran berkisar Rp650.000 dan harus dibayarkan via transfer bank. Kemudian, pada tahun 2021 biaya masuk Thursina IIBS Malang untuk jenjang SMA mengalami kenaikan, total mencapai Rp50 juta.

Untuk mereka yang ingin melanjutkan sekolah di Tazkia IIBS Malang, wajib memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut.

Syarat Pendaftaran Tazkia (Thursina) IIBS Malang

  • Melunasi biaya pendaftaran dan menyerahkan bukti pembayaran asli.
  • Menyerahkan fotokopi akta kelahiran, fotokopi Kartu Keluarga (KK), fotokopi rapor kelas IV dan V yang telah dilegalisir bagi calon siswa SMP, foto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak dua lembar, dan fotokopi sertifikat prestasi calon siswa (jika ada).
  • Lulus ujian masuk yang terdiri dari membaca Al Quran, tes tulis (Bahasa Arab, Bahasa Inggris, matematik, IPA), kesehatan, interview calon santri dan interview calon wali santri.

Untuk tahun ajaran 2021/2022, jadwal pendaftaran siswa di Thursina IIBS Malang telah dibuka mulai saat ini. Menurut situs resmi sekolah, pendaftaran siswa atau santri baru biasanya dilakukan pada bulan April hingga Agustus untuk pendaftaran inden dan Agustus hingga Desember untuk pendaftaran reguler.

Ilustrasi: Komplek Tazkia (Thursina) IIBS Malang (credit: thursinaiibs.sch.id)

Ilustrasi: Komplek Tazkia (Thursina) IIBS Malang (credit: thursinaiibs.sch.id)

Jadwal Pendaftaran dan Informasi Kontak Tazkia (Thursina) IIBS Malang

Sistem pendaftaran di Thursina menggunakan sistem inden yang disebut dengan Pass Priority Program. Program Pass Priority adalah program yang didesain khusus untuk merekrut santri baru mulai dari kelas 1 dan 2 Sekolah Dasar (SD) atau yang sederajat untuk jenjang SMP. Selain itu, kelas 6 SD dan kelas 7 SMP atau yang sederajat untuk jenjang SMA.

Calon santri yang mendaftar melalui Pass Priority Program mempunyai yang sangat besar untuk menjadi santri Thursina. Bagi orang tua yang telah mendaftarkan anak mereka melalui program ini, akan mendapatkan potongan biaya uang gedung sebesar 10 sampai 20 persen, sesuai dengan jenjang yang ditempuh.

Adapun untuk saat ini pendaftaran yang masih terbuka adalah inden untuk putra-putri Anda yang masih berada di jenjang SD untuk masuk ke SMP Thursina IIBS Malang pada tahun 2025-2026. Sedangkan untuk jenjang SMP dan SMA pada tahun 2021-2024 kuota-nya sudah penuh. Kalaupun Anda mendaftarkan putra-putri Anda saat ini, maka putra-putri Anda akan dimasukkan ke bangku cadangan.

Pendaftaran di Tazkia IIBS Malang sendiri bisa dilakukan melalui online maupun offline. Untuk sistem online, pendaftar cukup mengakses situs resmi Tazkia IIBS Malang dan klik ‘PSB Online’, lalu mengisi form pendaftaran sesuai dengan petunjuk informasi. Sementara, untuk pendaftaran offline, bisa langsung mendatangi bagian Communication and Student Recruitment dan mengisi berkas .

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung datang ke alamat yang telah dijelaskan sebelumnya. Selain itu, info lebih lengkap bisa Anda peroleh dengan menghubungi Communication and Student Recruitment Office di nomor ponsel 0823-3516-3785, 0822-2862-8886, nomor telepon (0341) 463838, atau email di alamat [email protected]

[Update: Dian]

Baca juga  Pendaftaran dan Biaya Kuliah Universitas Trisakti TA 2021/2022
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.
  1. author

    lilis sintami ertifa1 tahun ago

    biaya tazkia iibs malang 2

    Reply

Leave a reply "Update Biaya dan Syarat Masuk Thursina (d/h Tazkia) IIBS Malang"