Update Biaya dan Limit Transaksi OVO

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan OVO. Ini adalah sebuah aplikasi smart yang diklaim dapat memberikan kemudahan dalam hal melakukan transaksi finansial. Bisa dikatakan sebagai salah satu e-wallet yang populer, pengguna juga akan dikenakan biaya dan limit setiap melakukan transaksi menggunakan layanan ini.

OVO
OVO

Teknologi sudah menjadi salah satu bagian dari kehidupan manusia dan memengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam transaksi pembayaran.[1] Di Indonesia sendiri, juga sudah bermunculan layanan keuangan berbasis digital, salah satunya e-wallet. Biasa juga disebut dompet elektronik, e-wallet memungkinkan setiap yang telah terdaftar untuk melakukan pembayaran secara online dengan cepat dan aman tanpa mengungkapkan data keuangan pribadi.[2]

Bacaan Lainnya

Kelebihan OVO

Ada banyak pilihan e-wallet yang dapat digunakan masyarakat Indonesia, dan salah satu yang dapat dikatakan sudah cukup terkenal adalah OVO. Dikutip dari situs resminya, OVO adalah aplikasi smart  yang memberikan Anda kemudahan dalam bertransaksi (OVO Cash) dan juga kesempatan yang lebih besar untuk mengumpulkan poin di banyak tempat (OVO Points).

Secara umum, OVO Cash dapat digunakan untuk berbagai macam pembayaran yang telah bekerja sama dengan OVO menjadi lebih cepat. Sementara itu, OVO Points adalah loyalty rewards bagi yang melakukan transaksi dengan menggunakan OVO Cash di merchant-merchant rekanan OVO. OVO Points ini dapat ditukarkan dengan berbagai penawaran menarik hingga ditukarkan dengan transaksi di merchant rekanan OVO.

OVO menawarkan kemudahan transaksi tanpa mengharuskan nasabah mereka membawa cash terlalu banyak. Salah satunya cukup dengan menunjukkan aplikasi OVO yang di dalamnya terdapat cash maupun point. Dengan bergabung dengan OVO, akan mendapatkan banyak keuntungan, seperti poin berlipat, dengan mengumpulkan poin tiap belanja di berbagai merchant.

memikat, bisa menemukan berbagai penawaran menarik di laman ‘Deals’ dan mendapatkan keuntungan lainnya dari merchant rekanan OVO. Pembayaran lebih cepat, pengguna akan merasakan kemudahan bertransaksi dengan menggunakan OVO. Atur keuangan dengan tepat, pengguna bisa mengelola dan memonitor pengeluaran.

Untuk mendapatkan keuntungan dari OVO, ada tiga cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan mengunduh aplikasi OVO di Google Play Store dan App Store, upgrade kartu hicard ke OVO hicard, atau upgrade kartu MCC ke Matahari Rewards-OVO. Mendaftar OVO tidak dikenai biaya. Namun, selesai mendaftar, status akun pengguna adalah OVO Club, hanya bisa untuk top up dan transaksi, dan tidak bisa melakukan transfer dana. Untuk menaikkan limit dan menggunakan seluruh fitur, pengguna harus upgrade akun OVO menjadi OVO Premier.

Ilustrasi: Sisa di Ovo (credit: Ovo)

Biaya OVO

Transaksi Biaya
Transaksi di Merchant OVO Gratis
Top Up Debit di OVO Apps 2% dari nilai top up
Top Up via Bank Rp1.000 – Rp1.500
Top Up via Merchant, OVO Booth, atau Tokopedia Rp1.000
Top Up via Grab Driver Gratis
Transfer Antar Pengguna OVO Gratis
Transfer ke Akun Bank Rp2.500 per transaksi
Pembukaan Akun Baru Gratis
Upgrade Akun Gratis
Penggantian Data Pengguna Gratis
Akun Dormant Gratis
Penutupan Akun Gratis
Pendaftaran OVO Pay Later Gratis
Biaya Layanan OVO Pay Later Gratis
Biaya Tunggakan OVO Pay Later 0,1% per hari dari tagihan

Informasi biaya layanan OVO di atas kami kutip langsung dari website resmi OVO. Apabila dibandingkan ketentuan sebelumnya, besaran tarif layanan OVO saat ini masih belum berubah. Transfer ke akun bank misalnya, tetap dikenakan biaya Rp2.500 per transaksi, sedangkan biaya top up via bank tetap di kisaran Rp1.000 sampai Rp1.500.

Ilustrasi: transaksi menggunakan OVO (sumber: gizmologi)

Limit Transaksi OVO

Kartu OVO Limit Transaksi
OVO Club Rp20.000.000 per bulan
OVO Premier Rp40.000.000 per bulan

Limit transaksi di atas berlaku bagi transaksi yang bersifat incoming atau masuk, seperti setoran awal OVO Cash, transfer dana, atau pengisian OVO Cash. Sebagai informasi tambahan, maksimum saldo OVO Cash untuk kartu OVO Club adalah sebesar Rp2.000.000, sedangkan maksimum saldo OVO Cash untuk kartu OVO Premium sebesar Rp20.000.000. Besaran saldo ini masih belum berubah sejak tahun lalu.

Informasi biaya layanan dan limit transaksi di atas kami rangkum dari situs resmi OVO. Perlu Anda catat bahwa biaya dan limit transaksi tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan PT Visionet Internasional selaku perusahaan yang membawahi OVO. Apabila membutuhkan informasi lebih detail, dapat menghubungi call center di nomor 1 500 696 selama 24 jam setiap hari Senin hingga Minggu.

[1] Yuniarto, Topan. 2019. Masa Depan Jaringan 5G dan Perilaku Komunikasi Digital. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, Vol. 2(1): 1-7.

[2] Mustikarani, T. D. dan Irwansyah. 2019. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Industri Fashion di Indonesia. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, Vol. 2(1): 8-18.

Pos terkait