Info Terbaru Biaya Pasang Ring Jantung (Umum dan BPJS)

Hingga kini, penyakit jantung masih menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi, tidak hanya di Indonesia, melainkan juga di seluruh dunia. Beragam perawatan medis telah dilakukan untuk meminimalkan risiko kematian akibat penyakit ini, termasuk pemasangan ring jantung. Sayangnya, biaya atau harga pasang ring jantung tidak bisa dibilang murah.

Ilustrasi operasi pasang ring jantung (sumber: verywellhealth.com)
Ilustrasi operasi pasang ring jantung (sumber: verywellhealth.com)

Umumnya, penyakit jantung terjadi karena adanya penyumbatan arteri koroner setelah pecahnya plak aterosklerosis, yakni tumpukan asam lemak dan sel darah putih pada dinding arteri koroner yang memasok darah ke jantung.[1] Plak yang pecah ini menciptakan gumpalan-gumpalan bekuan darah. Jika bekuan darah cukup besar, dapat menutup seluruh arteri yang mengakibatkan serangan jantung.

Bacaan Lainnya

Penyakit jantung ini dikatakan lebih sering terjadi pada orang-orang yang dianggap memiliki risiko tinggi, termasuk dengan kadar kolesterol di dalam serum darah yang tinggi serta tekanan darah tinggi.[2] Dalam suatu penelitian di AS, telah disimpulkan bahwa risiko penyakit jantung koroner pasti dapat diramalkan dengan produk kolesterol dan risiko yang berkaitan dengan tekanan darah.[3]

Fungsi Ring Jantung

Untuk meminimalkan risiko kematian akibat penyakit jantung, petugas medis sering menggunakan ring jantung pada pasien. Dilansir dari Alodokter.com, dalam dunia medis, ring jantung disebut dengan stent. Stent adalah alat berbentuk tabung yang ditempatkan dalam sebuah atau pembuluh yang tersumbat. Tujuan penempatan ring jantung adalah menjaga pembuluh arteri, yang mengalirkan darah ke jantung, tetap dalam keadaan terbuka. Kondisi ini biasanya dilakukan pada pasien penyakit jantung koroner.

Baca juga  Harga Cornetto Oreo di Alfamart dan Indomaret

Masih menurut sumber yang sama, ketika terdapat penyempitan arteri atau pembuluh darah, dokter akan melakukan prosedur untuk melebarkan arteri tersebut. Prosedur pembedahan ini disebut dengan angioplasty. Istilah angioplasty sendiri berarti pelebaran pembuluh darah yang dilakukan menggunakan bantuan balon. Tetapi, di zaman modern sekarang, pemasangan stent juga hampir selalu dilakukan di tiap tindakan angioplasty.

Biaya Pasang Ring Jantung - (Youtube: JOHNNY@ジョニー)
Biaya Pasang Ring Jantung – (Youtube: JOHNNY@ジョニー)

Dikutip dari Hellosehat.com, prosedur pasang ring jantung akan diawali dengan kateterisasi. Kateterisasi dilakukan dokter dengan cara memasukkan selang kateter, yang pada ujungnya dilengkapi dengan balon dan sudah dipasangi ring jantung melalui pembuluh darah ke arteri koroner yang menyempit atau tersumbat. Ketika kateter sudah berada di daerah yang dituju, dokter akan memasukan zat kontras ke dalam kateter untuk melihat kondisi jantung pasien yang terlihat dari perjalanan zat kontras di pembuluh darah, sehingga memudahkan dokter untuk melihat keadaan jantung pasien yang muncul di layar monitor.

Saat kateter sudah dimasukkan ke dalam pembuluh darah, balon yang terdapat di ujung kateter dalam keadaan mengempis bersamaan dengan ring jantung. Namun, ketika kateter telah sampai di area yang mengalami penyempitan dan penyumbatan, maka balon yang ada di bagian ujung kateter akan mengembang bersamaan dengan ring jantung. Balon ini berfungsi untuk meregangkan arteri yang tersumbat sehingga memungkinkan peningkatan aliran darah. Setelah itu, balon kateter dikempeskan dan kemudian selang kateter ditarik keluar. Namun, saat kateter ditarik keluar, ring jantung menetap di lokasi tersebut supaya pembuluh darah tetap terbuka.

Baca juga  Update Harga Susu SGM Soya (200gr, 400gr, 700gr)

Bagi banyak orang, pasang ring jantung memiliki dampak positif terhadap kualitas hidup mereka. Kondisi angioplasty dari ring jantung bisa menjadi penyelamat, terutama bila dilakukan tepat setelah anda mengalami serangan jantung. Pemasangan ring jantung dikatakan akan memperbaiki aliran darah dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada otot jantung sehingga bisa mengurangi nyeri dada dan sesak napas.

Biaya/Harga Pasang Ring Jantung

Ilustrasi: Ring Jantung (credit: Insider)
Ilustrasi: Ring Jantung (credit: Insider)

Biaya pasang ring jantung hingga saat ini masih tergolong mahal. Di Indonesia, biaya untuk perawatan tersebut pada 2022berkisar antara Rp80 juta sampai Rp150 jutaan untuk satu ring saja, tak jauh berbeda dari tahun 2021 lalu. Sedangkan tahun 2020, biaya pasang ring jantung sekitar Rp42 juta sampai Rp80 jutaan. Di RSUD Rebo Jakarta, kabarnya biaya mencapai Rp75 jutaan. Namun, angka tersebut belum termasuk dengan membayar biaya rawat inap, perawatan, dan obat jantung yang harus diminum setelah operasi. Alhasil, biaya keseluruhan pasang ring jantung bisa menyentuh angka hingga Rp250 juta.

Baca juga  Info Terbaru Harga dan Review Obat Borraginol S Supp untuk Nyeri Ambeien

Untungnya, jika Anda sudah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk memasang ring jantung. Sudah banyak peserta JKN-KIS yang mengaku mereka tidak mengeluarkan biaya untuk melakukan operasi pertama dan operasi kedua pemasangan ring jantung, termasuk biaya kontrol selama rawat jalan dan untuk obat-obatan setelah operasi.

Selain BPJS, ada pula beberapa asuransi kesehatan swasta yang ikut menanggung biaya perawatan penyakit kritis atau kronis, seperti penyakit jantung, diabetes melitus, hipertensi, dan sebagainya. Namun ingat, tidak semua asuransi kesehatan menyediakan fasilitas ini. Biasanya, perusahaan asuransi kesehatan menyediakan produk khusus bernama asuransi penyakit kritis. Tiap perusahaan asuransi kesehatan pun punya kebijakan yang berbeda-beda terhadap produk tersebut.

[Update/Dian]

 

[1]Balamba, Muhammad Kemal, Aries S. M. Lumenta, Brave A. Sugiarso. 2017. Animasi 3 Dimensi Penyakit Jantung Koroner pada Manusia. E-Journal Teknik Informatika Universitas Sam Ratulangi, Vol. 11(1).

[2]Sumartono, R. Wasis. 1995. Pencegahan Penyakit Jantung Koroner di Indonesia. Media Litbangkes, Vol. V(1).

[3] Ibid.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.