Info Terkini Biaya Cek Saldo Tabungan di ATM BRI

Dalam beberapa belas tahun terakhir, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bahkan, salah satu bank terbesar di Indonesia ini pernah dinobatkan sebagai bank yang mampu membukukan keuntungan tertinggi dibandingkan bank-bank nasional lainnya selama tujuh kali beruntun. BRI pun dijuluki sebagai bank nasional yang paling menguntungkan atau profitable.

ATM BRI (sumber: viva)
ATM BRI (sumber: viva)

Salah satu keunggulan BRI adalah bank ini merupakan market leader dalam bisnis mikro. Pangsa pasar (market share) BRI merupakan yang terbesar dalam penyaluran kredit mikro di Indonesia, yakni sekitar 50%. Kredit mikro BRI ini melayani pengusaha yang bergerak pada sektor riil dan mendorong pertumbuhan ekonomi domestik Indonesia.

Bacaan Lainnya

Selain itu, penetrasi layanan elektronik perbankan BRI pun turut menjadi penopang di industri bank nasional. Hal tersebut tampak pada pertumbuhan e-banking BRI yang sangat pesat akhir-akhir ini. Kemudian, memiliki jaringan dan jangkauan yang tersebar di seluruh Indonesia merupakan keunggulan lain yang dimiliki BRI. Dengan jaringan yang luas ini, akses BRI ke nasabah semakin dekat sehingga bisa melayani seluruh lapisan masyarakat. 

Sebagai sebuah bank yang cukup mapan, BRI juga telah didukung dengan berbagai fasilitas perbankan yang mumpuni, salah satunya ATM. ATM atau Anjungan Tunai Mandiri (Automated Teller Machine) sendiri merupakan sebuah perangkat atau alat elektronik yang melayani nasabah bank mengambil dan mengecek tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang teller manusia. Banyak juga ATM yang melayani penyimpanan atau cek, transfer uang, atau bahkan membeli pulsa telepon seluler.

Khusus ATM BRI, telah tersebar di seluruh unit kerja BRI di seluruh Indonesia, serta berbagai lokasi strategis lainnya, seperti di restoran, pusat perbelanjaan atau mall, lembaga pendidikan seperti kampus, hingga di pinggir-pinggir jalan yang cukup ramai dilalui orang. Layanan ATM BRI sendiri merupakan layanan One Stop Services dalam 24 jam sehari 7 hari seminggu dan 365 hari setahun.

Fasilitas yang disediakan di ATM BRI di antaranya registrasi e-banking, informasi atau cek saldo rekening, penarikan tunai maksimal dalam 1 hari, ganti PIN, transfer antar-rekening (baik sesama BRI maupun ke bank lain), pembayaran tagihan (seperti PLN, kartu kredit, Telkom, Speedy, FIF, BAF, dan lainnya), pembayaran biaya kuliah (Universitas Padjadjaran, Universitas Jember, Universitas Terbuka), pembayaran SIM dan STNK, pembayaran zakat dan infak, pembayaran tiket kereta api dan pesawat, hingga pembelian pulsa telepon seluler.

Seperti diutarakan sebelumnya, salah satu fasilitas yang disediakan di ATM BRI adalah cek saldo tabungan. Jika nasabah melakukan cek saldo rekening tabungan di ATM BRI, tidak dikenakan biaya alias gratis. Seperti tahun 2019, 2020, 2021, hingga 2022 ini, gratis biaya cek saldo tabungan di ATM BRI menjadi salah satu keunggulan layanan nasabah.

Biaya Cek Saldo ATM BRI

Jenis Mesin ATM Biaya Cek Saldo BRI
Artajasa Rp4.000
Prima Rp4.000
Link (Kartu Non Himbara) Rp4.000
Link (Kartu Himbara) Rp0 (gratis)

Selain di ATM BRI, nasabah bisa mengecek saldo di ATM Link. tarif cek saldo di ATM Link tahun 2020 dikenai Rp4.000. Lalu, jika melakukan cek saldo tabungan BRI di ATM bersama Artajasa dan ATM Prima, dikenakan biaya Rp4.000 per transaksi, belum mengalami perubahan sampai tahun 2022. Tetapi, tarif tersebut tergantung kebijakan dan strategi bank masing-masing. Ada beberapa bank yang membebankan biaya kepada nasabahnya, ada juga yang membebaskan biayanya (gratis).

[Update: Dian]

Pos terkait