Update Biaya Cek Kesehatan Rahim dengan USG dan Histeroskopi

Metode skrining dengan USG dan histeroskopi perawatan kesehatan rahim pada wanita yang akan melaksanakan program hamil atau sedang hamil merupakan langkah maju di bidang kesehatan.[1] Metode cek kesehatan rahim seperti ini bisa Anda lakukan di klinik atau rumah sakit terdekat dengan biaya mulai ratusan ribu rupiah.

Ilustrasi: USG Untuk Cek Kesehatan Rahim (credit: online.ahu.edu)
Ilustrasi: USG Cek Kesehatan Rahim (credit: online.ahu.edu)

Kondisi kesehatan rahim sangat penting, terutama bagi Anda yang ingin segera memiliki momongan. mengecek kondisi rahim terkait adanya penyakit yang dapat menghambat wanita, diperlukan alat USG dengan prosedur USG transvaginal, HSG, dan USG transabdominal. Sementara itu, untuk mengetahui tingkat kesuburan wanita, perlu dilakukan cek hormon, tes ovulasi, pemeriksaan cadangan sel telur pada ovarium, MRI, dan histeroskopi.

Bacaan Lainnya

Tentunya, sebelum melakukan cek kesehatan rahim seperti ini, pasien harus melakukan konsultasi terlebih dulu menentukan metode cek kesehatan rahim yang paling tepat. Bisa dibilang, tidak semua perempuan membutuhkan prosedur medis yang sama untuk mengetahui kondisi kesehatan rahimnya.

Dari sekian prosedur medis yang ada, USG transvaginal dan USG transabdominal merupakan metode yang umum mendeteksi adanya penyakit sekaligus mengetahui kondisi rahim. Biasanya, ini disarankan untuk pasien yang ingin cepat hamil atau sedang merencanakan program kehamilan. Untuk lebih jelas mengenai dua jenis cek kesehatan rahim tersebut, Anda bisa melihat ulasan berikut.

Baca juga  Prosedur dan Update Biaya Tes Kehamilan Beta HCG

Pengertian USG Transvaginal dan USG Transabdominal

USG transvaginal biasanya dilakukan pada awal masa kehamilan atau sebelum hamil saat ukuran rahim masih kecil. Ini dilakukan dengan cara memasukkan probe USG ke dalam vagina mendapatkan kualitas gambar yang bagus, karena resolusi gambar yang dihasilkan alat lebih tinggi dibandingkan USG transabdominal.

Sementara itu, USG transabdominal terdiri dari tiga macam, yakni USG 2D, USG 3D, dan USG 4D. Cek kesehatan rahim dengan metode ini biasanya disarankan pada pasien yang sedang hamil atau memiliki gejala gangguan penyakit pada rahimnya yang membesar.

Ilustrasi: Prosedur Histeroskopi (credit: completewomencare)
Ilustrasi: Prosedur Histeroskopi (credit: completewomencare)

USG transabdominal 2D dilakukan dengan bantuan perangkat lunak standar yang mampu memproyeksikan gambar di dalam rahim dengan warna hitam putih. Meskipun dalam bentuk 2D, ibu hamil bisa mengetahui usia kehamilan, jumlah janin, ukuran bayi, dan jumlah air ketuban dalam rahim.

Berbeda dengan USG transabdominal 2D, USG transabdominal 3D mampu menghasilkan gambar yang lebih rinci. Anda bisa melihat bagian dalam rahim, termasuk janin dan organ-organ tubuh Anda lainnya di sekitar rahim. Tak hanya itu, gambar yang dihasilkan lebih jelas dan beresolusi tinggi.

Sementara itu, USG transabdominal 4D tidak hanya mampu mengambil gambar bagian dalam rahim, tetapi juga realtime saat pemeriksaan. Ini sangat membantu ibu hamil yang ingin mengetahui kondisi janinnya sewaktu-waktu.

Baca juga  Info Komposisi, Dosis dan Update Harga Suplemen Persendian Oste Forte

Pengertian Histeroskopi

Selain mengetahui kondisi kesehatan rahim dengan melakukan dua prosedur medis di atas, pasien yang memiliki gangguan kesehatan rahim tertentu juga dianjurkan melakukan tes kesehatan leher rahim atau biasa disebut dengan histeroskopi. Prosedur ini bertujuan untuk mengetahui penyebab ketidaksuburan wanita, mendiagnosis penyakit, dan membantu menemukan cara yang tepat untuk mengobati kelainan pada rahim.

Dilansir dari ALODOKTER, histeroskopi dilakukan dengan menggunakan alat bernama histeroskop, berbentuk selang tipis dan lentur serta dilengkapi kamera di bagian ujungnya. Alat ini akan dimasukkan ke dalam rahim melalui vagina, sehingga dokter bisa memeriksa kondisi rahim secara keseluruhan melalui layar monitor.

Anda bisa melakukan cek kesehatan rahim dengan metode USG dan histeroskopi di rumah sakit atau klinik kesehatan khusus ibu dan anak. Sebagai referensi biaya cek kesehatan rahim seperti ini, Anda bisa melihat tabel berikut.

Cek Kesehatan Rahim di Rumah Sakit - (Karya: Anchiy)
Cek Kesehatan Rahim di Rumah Sakit – (Karya: Anchiy)

Biaya Cek Kesehatan Rahim

Nama Instansi Kesehatan Alamat Biaya
Klinik Aster

 

Jl. A. Yani No. 48, Cikampek, Dawuan Tengah, Jawa Barat

 

Konsultasi Kesehatan Rahim: Rp120.000
Konsultasi + USG: Rp170.000
RS Juliana

 

 

Jl. Raya Tajur No. 75 A, Bogor Timur, Jawa Barat

 

 

Konsul USG Rahim: Rp155.000
USG Transabdominal: Rp265.000
USG Transvaginal: Rp430.000
RSUD Kota Tangerang Jl. Pulau Putri Raya Perumahan Modernland, Kel. Kelapa Gading, Tangerang USG Transvaginal: Rp180.000
RSAB Harapan Kita

 

Jl. Letjen S. Parman Kav. 87, Slipi, Jakarta

 

USG Transvaginal dan USG Abdomen: Rp250.000
Office Histeroskopi: Rp5.100.000
Flora Clinic Jl. HOS Cokroaminoto No. 88 RT 001/RW 002, Cipadu, Kec. Larangan, Kota Tangerang, Banten USG Transvaginal: Rp250.000
Klinik Kiara Jl. MT. Haryono Kav. 20, Cawang, Kec. Kramat Jati, Jakarta Timur USG Kehamilan Transvaginal: Rp315.400
RS EMC Tangerang

 

 

Jl. KH Hasyim Ashari No. 24, Buaran Indah, Tangerang, Banten

 

 

Histeroskopi Diagnostik: Rp1.650.000
USG 4D – Simple: Rp700.000
USG 4D – Complete: Rp1.260.000

Hingga saat ini, pemeriksaan kesehatan rahim di sejumlah rumah sakit dan klinik terpantau tetap. Namun, ada beberapa institusi yang menaikkan tarif, seperti USG 4D lengkap di RS EMC Tangerang yang semula dibanderol mulai Rp1,1 juta, sekarang menjadi Rp1,26 juta. Tarif cek kesehatan rahim tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[Update: Ditta]

[1] Sugiharto, Mugeni & Oktarina. 2011. Pengembangan Metode Skrining USG di Puskesmas PONED Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur (Studi Kasus HTA). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, Vol. 14(4): 366-374.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.