Info Terbaru Rincian Biaya Tes Darah Lengkap (CBC) di Puskesmas, Rumah Sakit, dan Laboratorium

Tes darah lengkap atau complete blood count (CBC) atau blood panel merupakan untuk mengetahui terkait sel-sel darah pada tubuh seseorang. Pemeriksaan hitung darah lengkap ini dilakukan sebagai tes screening luas untuk memeriksa adanya gangguan seperti anemia, infeksi, atau berbagai penyakit yang lain, serta hanya membutuhkan yang cukup terjangkau.

Ilustrasi: tes darah di laboratorium

Ilustrasi: tes darah di laboratorium

Seperti diketahui, di dalam aliran darah manusia, terdapat tiga jenis sel, yakni sel darah putih atau leukosit, sel darah merah atau eritrosit, dan platelet atau trombosit. Tinggi atau rendahnya hasil pemeriksaan dari tes darah bisa menunjukkan suatu kelainan atau kondisi kesehatan pada tubuh seseorang.

Pemeriksaan darah lengkap sebenarnya tidak memberikan diagnosis yang definitif terhadap suatu kondisi. Meski begitu, pemeriksaan ini dapat memberikan petunjuk penting mengenai masalah kesehatan dalam diri Anda yang mungkin terjadi. Pemeriksaan darah ini akan melihat tinggi-rendahnya hemoglobin, jumlah sel darah putih, dan tinggi-rendahnya jumlah keping darah (trombosit).

Cek darah lengkap biasanya memakai mesin penghitung otomatis yang disebut hematology analyzer. Dengan mesin penghitung otomatis ini, hasil tes darah akan keluar secara cepat. Namun, mesin tersebut kurang dapat memeriksa secara akurat bila ada sel-sel yang abnormal. Oleh karena itu, pemeriksaan secara manual pun kadang sangat diperlukan agar bisa memberi informasi lebih akurat.

Biaya Cek Darah Lengkap

Di Indonesia sendiri, sudah terdapat banyak , puskesmas, dan laboratorium yang menyediakan cek darah lengkap. Anda bisa langsung saja datang ke rumah sakit atau datang ke laboratorium untuk melakukan pemeriksaan darah. Biaya tes darah lengkap pun tidak terlalu mahal, Anda bisa menyediakan dana sekitar Rp50 ribu hingga Rp600 ribuan untuk sekali tes.

Tes Darah di Laboratorium

Tes Darah di Laboratorium

Di Laboratorium Geo Medika yang berlokasi di Sidoarjo misalnya, biaya untuk melakukan tes darah lengkap berkisar Rp70 ribuan, sedangkan di Puskesmas Bareng di Kota Malang, biaya yang diperlukan hanya Rp40 ribu. Sementara di Rumah Sakit (RS) Siloam Kebon Jeruk membanderolnya dengan cukup mahal, yakni mencapai Rp621.000 untuk sekali tes.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan tes darah lengkap di beberapa laboratorium atau rumah sakit dan puskesmas lainnya. Di Laboratorium Prodia misalnya, biaya untuk melakukan tes hematologi lengkap dikenakan biaya sekitar Rp100 ribuan. Tes ini sudah mencakup pemeriksaan hemoglobin, trombosit, eritrosit, hematokrit, dan nilai MC.

Dikutip dari beberapa sumber, BPJS Kesehatan juga dikatakan menanggung klaim atas biaya cek darah, jika sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Jika Anda sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan dan memerlukan pemeriksaan laboratorium, Anda perlu menyiapkan waktu untuk mengikuti langkah-langkah pemeriksaannya.

Baca juga  Update Harga Terbaru Suplemen Ever E 250 Berbagai Kemasan
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.
  1. author

    Anugerahman Telaumbanua3 tahun ago

    Mohon informasi biaya General Cek Up, termasuk pemeriksaan Dokter & Rontgen
    Terimakasih

    Reply

Leave a reply "Info Terbaru Rincian Biaya Tes Darah Lengkap (CBC) di Puskesmas, Rumah Sakit, dan Laboratorium"