Info Terbaru Biaya Cat Mobil (Bengkel Resmi dan Bengkel Umum)

Sebagai seorang manusia, terkadang muncul perasaan bosan ketika melihat atau mengenakan sesuatu yang itu-itu saja, termasuk warna mobil. Karena itu, untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik, tak sedikit pemilik mobil yang kemudian melakukan pengecatan ulang pada mobil mereka dengan warna yang berbeda. Pengecatan ini tak cuma untuk menutupi warna kusam atau tergores, bahkan mengganti keseluruhan warna aslinya.

Ilustrasi: proses pengecatan mobil (sumber: shutterstock)

Ilustrasi: proses pengecatan mobil (sumber: shutterstock)

Secara umum, mengecat mobil memang lebih baik dilakukan oleh para tenaga dalam bidangnya. Namun, jika dipelajari dengan benar, Anda yang masih awam pun bisa melakukan pengecatan mobil dengan baik dan memperoleh hasil yang sempurna, yang tentunya lebih menghemat biaya. Nah, bagi Anda yang berminat, Anda bisa mempelajari cara mengecat bodi mobil yang dapat dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu tahapan awal, tahap pengecatan, dan tahapan terakhir.

Untuk tahap awal, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, pertama adalah mengampelas bagian mobil yang akan dicat secara merata, dan sebaiknya gunakan ampelas 1500. Kemudian, cuci bagian yang akan dicat dengan air bersih, lalu keringkan dengan air dan diamkan di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering.

Setelah itu, siapkan Epoxy dan semprotkan pada bagian yang akan dicat, lanjutkan dengan menggosok permukaan mobil dengan ampelas ukuran 2000 hingga rata. Berikutnya adalah cuci bagian mobil tersebut, lalu keringkan. Nah, agar hasil pengecatan terlihat baik dan sempurna, Anda sebaiknya menggunakan warna putih dan abu-abu untuk memulai pengecatan dasar, dan lakukan di area terbuka sehingga sinar matahari dapat langsung mengenai bodi mobil.

Setelah menunggu sekitar 2 jam hingga cat dasar benar-benar kering, Anda bisa memulai tahap selanjutnya, yaitu tahap pengecatan. Langkah pertama adalah campurkan cat menggunakan thinner, jangan terlalu encer atau terlalu kental. Jika Anda ingin cat yang kental, Anda bisa mencampur 1,2 liter cat dengan 2 liter thinner. Sementara, jika Anda ingin cat yang encer, cukup menggunakan perbandingan 1:1 untuk cat dan thinner. Hal ini dilakukan supaya tercipta warna yang cantik dan menarik.

Jika langkah di atas sudah selesai, Anda bisa memulai pengecatan segera. Dalam proses pengecatan ini, sebaiknya dilakukan satu kali penarikan spray gun untuk menghindari cat yang terlalu tebal. Lakukan pengecatan secara merata dan jangan melompat-lompat, kecuali Anda tidak keberatan dengan hasil pewarnaan yang buruk. Ketika pengecatan selesai, lakukan pengeringan sampai cat benar-benar kering.

Setelah cat benar-benar kering, Anda bisa memulai tahap varnish. Hal ini dilakukan supaya hasil yang didapatkan bagus dan tentunya warna cat menjadi lebih awet. Memulai proses varnish sendiri bisa dilakukan dengan cara mencampur varnish dengan hardener. Penyemprotan dilakukan secara merata dan jangan melompat-lompat. Selanjutnya, Anda tinggal mengeringkannya hingga benar-benar kering, lalu lakukan proses pemolesan agar bodi mobil Anda mengilat layaknya mobil baru.

Biaya Cat Mobil di Bengkel Resmi

Proses pengecatan mobil (sumber: mainautobody.net)

Proses pengecatan mobil (sumber: mainautobody.net)

Nah, bagi Anda yang masih belum berani mengecat bodi mobil secara mandiri, saat ini sudah banyak bengkel yang menawarkan jasa pengecatan bodi mobil. Namun, jasa pengecatan mobil yang ditawarkan di tiap-tiap bengkel tidak selalu sama. Ada yang menerima pengecatan per panel atau bagian, ada pula yang menerima pengecatan seluruh bodi.

Menurut pihak Nissan Indonesia, di bengkel resmi, pengerjaan bodi dan cat diklaim telah mengikuti standar produk agen pemegang mobil Nissan di Indonesia. Pengecatan juga dilakukan menggunakan cat yang sesuai dengan standar dan dilakukan oleh para teknisi yang sudah terlatih.

Hampir senada, pihak Auto2000 Tangerang menuturkan bahwa meski warna bisa sama, tetapi bahan cat yang digunakan di bengkel resmi dan bengkel umum berbeda. Menurut mereka, bengkel umum biasanya memakai cat duco atau cat satu komponen. Sementara, bengkel resmi sudah menggunakan cat PU atau Polyurethan (cat dua komponen), yang diklaim hasil pengecatan lebih maksimal. Lalu, berapa biaya yang dibutuhkan untuk melakukan pengecatan mobil di bengkel resmi?

Biaya Cat Mobil di Auto2000

Komponen/Merk MobilBiaya Cat
Per Panel : Mulai Rp800.000
Full : Rp10.400.000
Toyota Kijang InnovaBumper : Mulai Rp911.000
Pintu : Rp1.041.000
Kap Mesin : Rp1.106.000
Atap : Rp1.730.000
 Full : Rp11.811.000
Toyota Agya (Full)Rp7.000.000
Toyota Fortuner (Full)Rp17.000.0000
Toyota AlphardBumper : Rp1.628.000 (cat + perbaikan)
Rp20.570.000 (cat full + perbaikan)

Harga atau biaya pengecatan mobil di Auto2000 tersebut kami rangkum dari keterangan resmi pihak bengkel. Perlu Anda catat bahwa harga yang dipatok bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan bengkel. Meski demikian, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, tarif pengecatan bodi mobil di Auto2000 masih belum banyak berubah.

Biaya, mobil, kendaraan, merek, Toyota, Auto2000, panel, cat, bodi, pengecatan, panel, pelanggan, customer, bengkel, cabang, merk, konsumen

Bengkel bodi dan pengecatan Auto2000

Pengerjaan pengecatan hanya membutuhkan waktu sepekan untuk mobil baru. Sementara, untuk mobil lama, bisa memakan waktu hingga satu bulan dengan alasan mobil lama harus dihilangkan terlebih dahulu karatnya. Menurut pihak Auto2000, jika karat tidak dihilangkan, nanti akan merusak warna dan karat kembali muncul dalam 4-5 bulan.

Biaya Cat Mobil di Bengkel Umum

Lalu, bagaimana dengan biaya mengecat mobil di bengkel umum? Sebagai referensi, di Bengkel Setia Motor di kawasan Jalan Raya Pulogebang No. 83, Jakarta Timur misalnya, harga yang dipatok untuk pengecatan mobil per panel mulai Rp550.000 hingga Rp700.000, untuk semua mobil. Namun, untuk pengecatan warna merah, harganya berbeda lagi karena harus dilakukan dua kali sehingga sedikit lebih mahal.

Ada juga Bengkel Auto 81 di kawasan Kedoya, Jakarta Barat, yang mematok harga jasa pengecatan per panel mulai dari Rp350.000 untuk panel pintu, spakbor, bumper, side skirt, dan spoiler atau wang, dengan cat Blinken, Dupont, dan Spies Hecker. Sementara, Dokter Body Mobil di bilangan Citayam, Depok menawarkan harga pengecatan mulai Rp400 ribuan per panel, tetapi tidak berlaku untuk panel besar seperti kap mesin, atap, atau pintu belakang.

Lalu, bengkel Safira Motor, yang berlokasi di Cibubur, Bekasi, mematok harga jasa pengecatan diukur dari dimensi kendaraan yang digarap. Untuk mobil seperti Toyota Avanza, biaya cat siram sekitar Rp6 jutaan full body, sama seperti mobil tipe sedan. Sementara, tarif untuk Kijang Innova sedikit lebih mahal, berkisar Rp7 jutaan (siram seluruh bodi). 

Baca juga  Harga Oli Fastron Techno Semua Varian (1 Liter & 4 Liter)
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Biaya Cat Mobil (Bengkel Resmi dan Bengkel Umum)"