Cara Upgrade dan Update Biaya Spotify Premium untuk Indosat Ooredoo

Anda yang sering mendengarkan musik lewat smartphone pasti sudah tidak asing lagi dengan Spotify. Ini adalah layanan streaming musik digital, podcast, dan video asal Swedia yang memberi akses pengguna ke jutaan lagu dan konten lain dari artis di seluruh dunia. Jika Anda pengguna kartu seluler Indosat Ooredoo, bisa upgrade ke akun premium untuk dapat download dan mendengarkan lagu-lagu kesukaan Anda secara offline. Biaya untuk akun berlangganan ini ternyata tidak mahal.

Ilustrasi: Mendengarkan Musik di Spotify (credit: Pcmag)
Ilustrasi: Mendengarkan Musik di Spotify (credit: Pcmag)

Spotify saat ini sudah tersedia di beragam perangkat, termasuk komputer, ponsel, tablet, speaker, TV, dan mobil, dan Anda bisa dengan mudah berpindah dari satu perangkat ke perangkat lain menggunakan Spotify Connect. Untuk bisa mendapatkan dan menikmati layanan Spotify, langkah pertamanya adalah membuat akun dengan membuka Spotify.com/signup. Kemudian, pilih nama pengguna dan kata sandi. Lalu, isi detail lainnya, dan klik Daftar. 

Bacaan Lainnya

Setelah membuat akun, download Spotify secara gratis, baik di AppStore atau PlayStore. Aplikasi bisa didownload di desktop, tablet, TV, dan juga bisa disetel di mobil. Jika Anda tidak ingin mendownload aplikasi, bisa dengan membuka pemutar web, dan Spotify akan mulai memutarkan lagu dari browser Anda.

Fungsi dasar Spotify yaitu memutar musik tidak berbayar. Namun, Anda juga bisa memilih melakukan upgrade ke Spotify Premium. Dengan Spotify Premium, Anda bisa memilih lagu sesuai keinginan tanpa terganggu iklan, mendapatkan rekomendasi fitur yang dipersonalisasikan seperti Discover Weekly, Release Radar, dan Daily Mix. Anda juga bisa menyusun koleksi musik (lagu-lagu favorit), dan membuat stasiun radio sendiri.

Bagi pengguna kartu Indosat Ooredoo, Anda pun bisa melakukan upgrade menjadi Spotify Premium. Berdasarkan situs indosatooredo.com, caranya seperti berikut.

Cara Upgrade Spotify Premium Indosat

  • Membuka aplikasi Spotify.
  • Masuk ke menu ‘You Library’.
  • Pilih ikon ‘setting’ di kanan atas.
  • Pilih ‘Go Premium’ dan klik ‘Get Premium’.
  • Pilih pembayaran yang diinginkan, terdapat beberapa pilihan seperti kartu kredit, potong pulsa, transfer bank, dan lainnya.
  • Pilih ‘continue’ untuk konfirmasi berlangganan.

Lalu, berapa biaya normal (tanpa diskon) untuk berlangganan Spotify Premium bagi pengguna kartu Indosat Ooredoo? Harga atau biayanya tergantung pemakaian, apakah mau digunakan secara harian, mingguan, atau bulanan. Namun, biaya berlangganan Spotify Premium ini relatif terjangkau. Informasi lebih lengkap bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Ilustrasi: Spotify Indosat Ooredoo
Ilustrasi: Spotify Indosat Ooredoo

Biaya Spotify Premium Kartu Indosat

Paket Berlangganan Biaya
Spotify Premium Rp54.990 per bulan
Spotify Premium Duo Rp71.490 per bulan
Spotify Premium Family Rp86.900 per bulan

Biaya berlangganan Spotify Premium di atas kami rangkum dari website resmi Indosat. Perlu Anda ketahui tarif berlangganan Spotify Premium tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, biaya Spotify Premium Indosat Ooredoo tahun ini mengalami kenaikan. Sebagai contoh, Spotify Premium Duo yang awalnya dibanderol Rp64 ribuan, naik menjadi Rp71 ribuan per bulan. Selain itu, saat ini sudah tidak ada paket Spotify Premium Student dan Individual. Untuk berlangganan Spotify Premium, Anda pun bisa bayar dengan menggunakan pulsa Indosat Ooredoo Anda. 

Bagi pelanggan Spotify Premium Indosat Ooredoo, akan diberlakukan auto renewal atau pembaruan secara otomatis. Apabila auto renewal gagal, maka akan di-troubleshoot oleh tim support VAS/Huawei (pengecekan charging gagal), kecuali jika auto renewal gagal oleh pulsa pelanggan yang tidak mencukupi.

Indosat Ooredoo sendiri sudah menyediakan pilihan paket untuk bisa menikmati Spotify. Salah satunya adalah Paket Freedom Combo yang merupakan paket lengkap dari IM3 Ooredoo yang memungkinkan Anda mendapatkan layanan akses internet tanpa batasan waktu, kuota besar di semua jaringan, stream on untuk streaming musik, video, akses aplikasi sehari-hari dan YouTube sepuasnya, serta unlimited telepon.

Dengan paket Freedom Combo, pelanggan dikatakan tidak perlu khawatir akan kehilangan sisa kuota. Hal ini dikarenakan layanan terbaru ‘Data Rollover’,yang membuat sisa kuota Anda dapat digunakan di bulan berikutnya. Misalnya, pada saat auto renewal Spotify Premium gagal dilakukan karena pulsa tidak mencukupi, maka pelanggan akan mendapatkan notifikasi.

Paket Freedom Combo bisa didapatkan dengan menghubungi *123#. Anda bisa memilih paket M, L, XL, dan XXL yang masing-masing memiliki muatan kuota berbeda. Misalnya, untuk paket M, pengguna bisa memanfaatkan unlimited nelpon 12 GB (2 GB + 3 GB bonus 4G + 5 GB (kuota malam). Kemudian, di dalam paket, ada data rollover + 2 GB Stream On Kuota Extra untuk streaming, salah satunya Spotify.

Selain Freedom Combo, Indosat Ooredoo juga menawarkan paket Kuota Apps yang berlaku 1 bulan (30 hari). Dengan paket ini, Anda bisa menikmati kuota khusus aplikasi populer sehari-hari seperti Streaming (Instagram, YouTube, Spotify, Joox), Social Media (WhatsApp, Facebook, Twitter, Facebook Messenger, Line), Transportasi (Grab, Gojek). Dengan Kuota Apps, Anda tetap dapat internetan sesuai kebutuhan tanpa mengurangi kuota utama.

Biaya Spotify Premium - www.psychologies.co.uk
Biaya Spotify Premium Q www.psychologies.co.uk

Harga Paket Freedom Combo Indosat Ooredoo

Varian Paket Freedom Combo  Harga
Freedom Combo 4 GB Rp25.000
Freedom Combo 8 GB Rp35.000
Freedom Combo 14 GB Rp50.000
Freedom Combo 20 GB Rp70.000
Freedom Combo 30 GB Rp100.000
Freedom Combo 50 GB Rp150.000

Harga paket Freedom Combo Indosat Ooredoo di atas tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, sebelumnya paket Freedom Indosat Ooredoo tersebut berkisar Rp7 ribu hingga Rp70 ribu.

Spotify sebenarnya tidak sendirian di pasaran. Ada pula aplikasi lainnya yaitu Apple Music, Deezer, Joox, dan Guvera. Untuk Spotify, ada sekitar total 30 juta lagu yang bisa didengarkan. Jumlah lagu ini hampir sama di semua aplikasi selain Spotify. Perbedaan yang mungkin bisa diamati adalah pada aplikasi Deezer, tidak ada video yang bisa diputarkan. Sementara, aplikasi selain Deezer, bisa memutar video. Jika ditinjau dari aplikasi gratis, hanya Apple Music yang tidak menyediakan aplikasi gratis. Sementara itu, untuk Family Plan, Deezer, Joox, dan Guvera, sudah menyediakan aplikasi gratis.

Ketika menyetel musik, ada sebagian orang yang ikut bernyanyi, sebagian mendengarkan saja. Jika Anda termasuk yang suka mendengarkan musik sambil bernyanyi, mungkin saja lirik lagu tidak dapat ditemukan pada aplikasi seperti Apple Music dan Guvera. Namun, apabila dilihat dari jumlah atau total lagu, video, versi gratis, family plan, sampai lirik lagu, Spotify menyediakan semuanya. Yang terbaru, pengguna Spotify secara free bisa memilih lagu yang ingin didengarkan, tanpa harus berlangganan premium. Namun, hal itu tidak berlaku untuk semua kategori lagu yang ada di aplikasi.

[Update: Almas]

Baca juga  Update Tarif Berlangganan TV Kabel Transvision, Simak Cara Aktivasinya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *