Biaya Bimbel BKB NurulFikri TA 2022/2023

Jika membahas seputar tempat les atau belajar, pasti ada banyak lembaga bimbel yang muncul dalam benak Anda. Nah, salah satu yang sudah terkenal di Indonesia adalah lembaga bimbelNurulFikri. Meskipun biaya bimbelnya tidak bisa dibilang murah, tetapi hasilnya diklaim memuaskan untuk anak-anak.

dan Konsultasi Belajar NurulFikri (BKBNF) merupakan salah satu institusi pendidikan yang berada di bawah naungan Yayasan NurulFikri. BKB NurulFikri dirintis sejak tahun 1985 oleh sekumpulan mahasiswa dan sarjana Muslim Universitas Indonesia yang memiliki kepedulian tinggi terhadap kondisi masyarakat pada saat itu.

Bacaan Lainnya
Ilustrasi: Salah Satu Cabang BKB Nurul Fikri (credit: nfmedan)
Ilustrasi: Salah Satu Cabang BKB Nurul Fikri (credit: nfmedan)

Mereka kemudian saling bertukar pikiran mencari amal nyata yang dapat disumbangkan. Nah, tercetuslah ide untuk menyelenggarakan suatu aktivitas yang sesuai dengan potensi yang mereka miliki, yakni membuat lembaga belajar.

Untuk pertama kalinya, dan Konsultasi Belajar NurulFikri menyelenggarakan aktivitasnya di Jalan Kenari, Jakarta Pusat. Pada saat itu, jumlah siswanya berkisar 35 orang, khusus bimbingan untuk menghadapi SPMB. Dari 35 siswa tersebut, semuanya diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit, dua di antaranya masuk kedinasan.

Keberhasilan tersebut memicu para perintis untuk lebih serius mengelola lembaga yang mereka dirikan. Saat ini, NurulFikri sudah memiliki setidaknya 50 cabang yang tersebar di seluruh kota di Indonesia, dengan jumlah siswa sekitar 20 ribuan dari berbagai jenjang, mulai SD hingga alumni SMA.

Sejak awal berdirinya, NurulFikri telah membuktikan diri untuk tetap berkomitmen mewujudkan prestasi dalam setiap jenjang pendidikan. Sebagai belajar, NurulFikri tidak hanya memberikan pengetahuan akademis, melainkan turut membimbing serta membina para siswa menjadi generasi unggul.

Tersedianya sumber daya manusia yang andal dan perangkat pendukung yang canggih merupakan jaminan mendapatkan mutu yang berbasis pada:

  • Pedagogis bukan retorika,
  • Informasi bukan isu,
  • Substansi bukan kosmetika, dan
  • Data bukan rekaan.

Para staf pengajar NurulFikri diklaim sebagai pengajar-pengajar yang andal dan berpengalaman, terdiri dari sarjana dan mahasiswa yang memiliki prestasi dari sejumlah perguruan tinggi favorit. Dengan pengalaman ribuan jam mengajar di kelas selama bertahun-tahun yang dimiliki tim penyusun modul belajar serta dukungan software pengujian dan analisis mutakhir, maka lahirlah modul belajar dan Konsultasi Belajar NurulFikri yang bermutu, sistematis, dan andal.

Selain perkembangan jumlah siswa yang cukup pesat, BKB NurulFikri juga telah berhasil mencatat prestasi yang menggembirakan dalam membantu siswa menembus berbagai PTN melalui jalur SPMB maupun non SPMB. Lalu, berapakah biaya bimbel di BKB NurulFikri? Berikut rinciannya.

Siswa Bimbel Nurul Fikri (instagram: @nurulfikri.bdg)

Biaya BKB NurulFikri TA 2021/2022

Jenjang Pendidikan Biaya
SD (Kelas 4, 5, 6) Harga Normal: Rp5.810.000
Harga diskon tunai: Rp4.760.000
SMP (Kelas 7, 8, 9) Harga Normal: Rp7.140.000
Harga diskon tunai: Rp5.850.000
SMA (Kelas 10 dan 11) Harga Normal: Rp7.140.000
Harga diskon tunai: Rp5.850.000
SMA (Kelas 12) Intensif UTBK Harga Normal: Rp10.360.000
Harga diskon tunai: Rp8.490.000
Ronin Gap Year Harga Normal: Rp11.760.000
Harga diskon tunai: Rp9.460.000

Keterangan:

  • Biaya pendaftaran siswa lama: Rp20.000.
  • Biaya pendaftaran siswa baru: Rp300.000.
  • Biaya 12 SMA dan alumni/gap year sudah termasuk biaya program Super Intensif UTBK SBMTPN 2023.

Perlu Anda ketahui bahwa biaya bimbel di BKB NurulFikri di atas tidak terikat dan dapat berubah sesuai dengan kebijakan pengelola. Jika dibandingkan dengan tahun 2020, biaya bimbel BKB NurulFikri tahun 2021 dan 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, bimbel kelas 12 yang semula dibanderol Rp9,5 jutaan, naik menjadi Rp9,9 jutaan sebelum didiskon, kemudian tahun ini naik lagi jadi Rp10 jutaan.

Setiap orang tua pasti bangga bila anaknya berprestasi dalam bidang akademik. Namun, tentu prestasi tidak begitu saja datang dengan sendirinya. Perlu usaha dari anak maupun orang tua, termasuk bagaimana anak secara teratur belajar, mengulang materi yang diperolehnya di sekolah, atau rajin mengerjakan latihan.

Mendaftarkan anak ikut belajar atau bimbel bisa menjadi salah satu solusi. Namun jangan sembarang mendaftarkan anak ke satu tempat bimbel tanpa pertimbangan yang matang. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih tempat bimbel, seperti berikut.

Ilustrasi bimbel (sumber: sidoarjo.bimbelssc.com)

Tips Memilih Bimbel untuk Anak

  • Mempertimbangkan lokasi. Carilah lokasi tempat les yang dekat dengan rumah Anda, sehingga anak tidak terlalu lelah dalam perjalanan pergi atau pulang dari tempat bimbel. Anda juga perlu ingat bahwa anak pasti merasa lelah ketika pulang dari sekolah. Jadi pastikan memilih tempat les yang tidak jauh dari rumah.
  • Pilih waktu bimbel yang nyaman untuk anak. Sangat disarankan untuk orang tua memilih waktu yang pas untuk bimbel anak. Misalnya saat mereka pulang sekolah atau beberapa jam setelah mereka pulang dari sekolah (agar mereka bisa istirahat terlebih dahulu). Hindari mengikutsertakan anak bimbel di akhir pekan karena ini adalah waktunya anak untuk istirahat maupun untuk aktivitas lain bersama keluarga.
  • Pertimbangan metode atau cara belajar yang cocok dengan anak. Sesuaikan ritme belajar anak dengan ritme di tempat les. Jika anak lebih suka belajar sambil bermain, pilihlah suasana tempat bimbel yang menyenangkan agar anak tidak tegang saat belajar. Jika anak suka belajar di dalam ketenangan, pilihlah jam atau waktu tertentu, dengan sang guru hanya mengajar 1 sampai 3 murid dalam satu kelas.
  • Pilihlah tempat bimbel yang kurikulumnya sesuai dengan kurikulum yang berjalan dengan sekolah anak. Hal ini berguna untuk menunjang pembelajaran sekolah anak. Anda juga dapat berdiskusi dengan guru atau pihak sekolah anak mengenai pemilihan tempat bimbel ini. Biasanya setiap sekolah memiliki rekomendasi tempat bimbel untuk diikuti siswa-siswinya terkait dengan metode pengajaran yang sejalan.

Selain tips di atas, pilih juga tempat bimbel yang menyelenggarakan try-out secara rutin untuk membantu anak membiasakan diri dengan situasi tes sekolah. Ini bukan bermaksud membuat anak menjadi stres atau tertekan karena belajar, tapi ini berguna untuk membuat anak lebih siap saat menghadapi ujian.

[Update: Dian]

Pos terkait