Biaya Akuisisi Unit Prudential

No comment2940 views

Bagi masyarakat Indonesia, merupakan salah satu yang dikenal secara luas, dan banyak dipilih. Selama pembayaran , tidak sedikit pemegang polis masih bingung mengenai alokasi dana yang mereka peroleh dari pembayaran premi bulanan. Sebagian besar mengira, bahwa apa yang mereka bayarkan atau transfer merupakan apa yang akan mereka terima.

biaya, akuisisi, unitlink, prudential, kesehatan, investasi, tabungan, proteksi, tahun, sebelumnya, jenis, pembayaran, pengeluaran, setiap, bulan, porsi, premi, polis, 100%, nasabah, berkala, produk, utama

Prudential (asiaone.com)

utama dari Prudential adalah Unitlink, yang merupakan program tabungan karena mengandung unsur dengan hanya menggunakan 1 rekening (polis) yang dapat memberikan 2 manfaat, antara lain:

  • Proteksi. Beberapa yang di-cover oleh Asuransi Prudential, yaitu rawat inap rumah sakit dan operasi, sakit kritis dari stadium awal hingga akhir, dana santunan cacat tetap total karena kecelakaan, penghasilan bulanan dengan pembebasan pembayaran premi seandainya terjadi sesuatu dengan , dana santunan kematian (dana pertanggungan jiwa).
  • Investasi (tabungan). Manfaat asuransi yang berhubungan dengan tabungan dengan tingkat bunga (keuntungan) seperti investasi di saham yang bisa mencapai keuntungan tinggi (tergantung perkembangan saham di pasar bursa. Semakin besar hasil investasi, maka semakin besar risikonya). Dapat pula menggunakan investasi yang tingkat bunga (keuntungannya) aman atau hampir menyerupai obligasi maupun deposito (investasi aman dengan tingkat risiko kecil).

Secara singkat, dapat dikatakan bahwa premi = proteksi + investasi. Dari jumlah premi yang disetor oleh nasabah, akan masuk ke dua pos berbeda. Yaitu, masuk ke proteksi, yang digunakan untuk belanja proteksi, dan selanjutnya akan masuk ke investasi.

Untuk biaya akuisisi, akan dikenakan dari sisi proteksinya saja, yaitu berupa pembayaran premi berkala. Demi memahami hal tersebut, akan disajikan ilustrasi sebagai berikut:

Jika ada nasabah menabung sebesar Rp 1 juta per bulan dengan pembagian porsi manfaat proteksi sebesar Rp 750 ribu per bulan, dan investasi/saver sebesar Rp 250 ribu per bulan. Maka, biaya akuisisi hanya dikenakan dari porsi proteksi yang sebesar Rp 750 ribunya saja. Sedangkan untuk porsi investasinya, hanya akan dipotong 5% selama polis aktif sebagai biaya dan pengelolaan investasi.

Biaya akuisisi berupa premi berkala tersebut dibebankan selama 5 tahun dengan pembagian persentasenya per tahun sebagai berikut:

  • Tahun I: 100% dari nilai premi berkala akan dibebankan sebagai biaya akuisisi
  • Tahun II: 60% yang akan dibebankan sebagai biaya akuisisi. Sedangkan sisanya (40%) masuk ke investasi
  • Tahun III-V: 15% yang akan dibebankan sebagai biaya akuisisi, sedangkan sisanya (85%) masuk ke investasi
  • Tahun ke VI-dst: 100% seluruh total premi yang dibayarkan masuk sepenuhnya untuk investasi

Setelah mengetahui hal di atas, maka itu menjadi alasan mengapa di Prudential, perkembangan investasi nasabah di tahun-tahun awal terutama pada tahun pertama dan kedua nilainya relatif kecil. Hal tersebut dikarenakan premi belum secara maksimal dialokasikan ke investasi.

biaya, akuisisi, unitlink, prudential, kesehatan, investasi, tabungan, proteksi, tahun, sebelumnya, jenis, pembayaran, pengeluaran, setiap, bulan, porsi, premi, polis, 100%, nasabah, berkala, produk, utama

Ilustrasi asuransi (pathct.org)

Apabila Anda memilih Asuransi Prudential Kesehatan dan Investasi, Anda juga harus menerima ketentuan alokasi dana yang dibutuhkan untuk mengelola tabungan sesuai pilihan polis. Mengetahui alokasi dana dalam premi bulanan akan memberi Anda mengenai gambaran berapa (nominal) yang akan Anda dapatkan kelak jika suatu saat membutuhkan .

Untuk meminimalisasi risiko komplain atau keluhan di masa akan datang, berikut akan coba dijabarkan mengenai dana alokasi dana asuransi, termasuk biaya akuisisi di dalamnya. Di sini akan digunakan Prudential Kesehatan sebagai contohnya. Dimisalkan Anda membayar sejumlah Rp 350 ribu untuk premi proteksi dan Rp 150 ribu per bulan untuk investasi (PruSaver), ada alokasi dana yang digunakan Prudential untuk menentukan jumlah hasil investasi pada akhir periode menabung, yaitu:

  • Pada tahun I, porsi untuk premi proteksi hanya sebesar 0%, sedangkan biaya akuisisi 100%. Untuk investasi (PruSaver), investasi 95%, dan biaya akuisisi 5%.
  • Pada tahun II, porsi premi proteksi meningkat menjadi 40%, dan biaya akuisisi sebsar 60%. Untuk PruSaver, persentase investasi tetap sejumlah 95% dan biaya akuisisi 5%.
  • Pada tahun III, porsi premi proteksi menjadi 85% dan biaya akuisisi menjadi 15%. Untuk PruSaver, investasi tetap sama seperti tahun sebelumnya.
  • Pada tahun IV dan V, porsi untuk premi proteksi dan PruSaver memiliki persentase alokasi dana yang sama seperti tahun sebelumnya, termasuk untuk biaya akuisisi bagi kedua jenis pembayaran.
  • Pada tahun VI, Anda akhirnya bisa mendapat porsi untuk premi proteksi sebesar 100%, tanpa biaya akuisisi. Sementara itu, PruSaver tetap menawarkan persentase alokasi dana yang sama, termasuk untuk biaya akuisisi.

Misalnya, jika Anda membayar sejumlah Rp 500 ribu per bulan, dan rutin membayar Rp 350 ribu untuk proteksi serta sisanya untuk investasi, semua pengeluaran tersebut akan kembali dalam jumlah yang lebih besar daripada yang Anda bayarkan setiap bulan.

Selain itu, Prudential menyediakan berbagai layanan, di antaranya PRUmedical network. PRUmedical network adalah jaringan rumah sakit rekanan yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah Prudential Indonesia dalam mendapatkan perlindungan rawat inap. Saat ini PRUmedical network tersedia di 42 rumah sakit yang dikelola oleh Siloam Hospitals Group, Mayapada Hospital Group, RS Mitra Keluarga dan RS Royal Taruma di seluruh Indonesia.

biaya, akuisisi, unitlink, prudential, kesehatan, investasi, tabungan, proteksi, tahun, sebelumnya, jenis, pembayaran, pengeluaran, setiap, bulan, porsi, premi, polis, 100%, nasabah, berkala, produk, utama

Ilustrasi asuransi (usenews.com)

Lalu juga ada layanan PRUhospital friend, kemudian PRUflyers, yang merupakan program untuk para pemegang polis PT Prudential Life Assurance yang memiliki peluang memperoleh keuntungan poin. Bagi Anda yang tertarik untuk tempat membeli merchandise, bisa didapatkan di PRUboutique. Terletak di area lobby juga tersebar di Kantor-kantor pemasaran di Prudential Tower Jakarta di 6 kota.

Deskripsi: Produk utama dari Prudential adalah Unitlink yang merupakan program tabungan. Untuk biaya akuisisi, akan dikenakan dari sisi proteksinya saja, yaitu berupa pembayaran premi berkala.

Baca juga  Harga Sekrup Gypsum (Semua Merek dan Ukuran)
loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Biaya Akuisisi Unit Prudential"