Update Info Terbaru Biaya (Fee) Administrasi Transaksi Lewat Rekening Paypal

online rupanya telah menjadi bidang yang cukup menjamur bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di negara-negara lain yang ada di dunia. Dengan semakin berkembangnya online, sistem pembayaran online yang aman dan praktis pun menjadi sebuah kebutuhan yang tak terelakkan. Oleh sebab itu saat ini muncul berbagai jasa pembayaran online yang bisa digunakan lintas negara dengan lintas mata uang, salah satunya seperti Paypal.

Kantor Paypal - (Sumber: backztagemedia.com)

Kantor Paypal - (Sumber: backztagemedia.com)

Jika Bitcoin adalah perwujudan dari mata uang virtual, maka Paypal merupakan sistem pembayaran yang bisa menggunakan mata uang atau kurs lokal untuk kemudian dikonversikan ke dalam mata uang tujuan . Dengan layanan Paypal, Anda setidaknya masih terlindungi dari fluktuasi mata uang digital seperti Bitcoin. Namun tetap saja untuk bertransaksi kemungkinan Anda masih akan dikenai biaya konversi mata uang sesuai dengan kurs yang berlaku.

Hingga kini Paypal masih menjadi salah satu sistem pembayaran online yang sah, aman, dan banyak digunakan oleh masyarakat dari berbagai negara. Paypal digunakan secara luas oleh hampir seluruh penduduk di dunia untuk melakukan transaksi jual beli online dan bisa digunakan sebagai virtual yang terintegrasi dengan lokal seperti BCA, Mandiri, BNI, BRI, dan sebagainya.

Paypal pun tercatat sebagai alat pembayaran terbesar di dunia yang telah digunakan oleh lebih dari 153 juta pengguna. Salah satu atau yang ditawarkan oleh Paypal adalah Anda dapat menggunakannya di sekitar 190 negara dengan 17 mata uang yang berbeda dari seluruh dunia. Sampai saat ini Paypal juga menjadi pilihan sistem pembayaran favorit bagi mereka yang ingin berbelanja di berbagai situs e-commerce global seperti eBay.

Memiliki akun terdaftar di Paypal memungkinkan Anda untuk mengirim uang alias transfer tanpa dikenai biaya apapun (gratis). Selain itu, berbelanja barang dari luar negeri menggunakan Paypal di eBay juga tidak dikenakan biaya. Anda kemungkinan hanya dikenai bea masuk (impor) serta biaya konversi mata uang saja.

Paypal menawarkan 3 jenis rekening untuk bertransaksi, yakni rekening Pribadi, Primer, dan Bisnis. Pada dasarnya semua rekening Paypal memungkinkan Anda untuk mengirim dan menerima pembayaran, namun masing-masing rekening memiliki fitur unggulannya masing-masing. Rekening Paypal Pribadi biasanya disarankan untuk Anda yang gemar berbelanja dan membayar secara online, atau ingin mengirim maupun menerima pembayaran pribadi untuk pengeluaran bersama, misalnya seperti pemisahan tagihan belanja atau tagihan sewa.

Kemudian untuk akun Paypal Primer disarankan untuk penjual biasa atau non perusahaan yang ingin mendapatkan bayaran secara online serta melakukan pembelian online. Sedangkan akun Paypal Bisnis lebih disarankan untuk pedagang yang beroperasi di bawah nama perusahaan atau grup. Paypal Bisnis dilengkapi fitur tambahan, misalnya memberikan akses terbatas hingga 200 karyawan ke rekening dan alias email layanan pelanggan untuk masalah pelanggan yang akan dialihkan agar dapat memperoleh respons lebih cepat.

Tidak seperti rekening tabungan konvensional di bank, menyimpan uang di Paypal tak akan dikenai biaya , sehingga Anda bisa menabung dengan tenang di Paypal tanpa khawatir uang Anda terpotong per bulan. Akan tetapi, Paypal menerap berbagai tarif untuk transaksi tertentu yang dilakukan melalui Paypal. Berikut informasi terbaru biaya atau fee transaksi lewat Paypal.

Baca juga  Update Biaya Transfer dari Bank Mandiri ke BCA (via Internet, SMS, Mobile, dan ATM)
Jenis Transaksi Biaya
Biaya transaksi pembukaan akun Paypal Gratis
Pengiriman uang dengan akun Paypal Gratis
Mengirim uang dengan kartu kredit atau kartu debit 2,9% + USD 0,30
Biaya pencairan (withdraw) dana atau saldo Paypal ke akun Bank di Indonesia Rp 16.000 (untuk penarikan dana di bawah Rp 1.500.000), gratis untuk dana lebih dari Rp 1.500.000.
Menerima pembayaran komersial
Pembayaran Domestik Rate Standar: 3,9% + USD 0,30
Rate Standar Ebay: 3,4% + USD 0,30
Merchant Rate: Mulai 2,7% sampai 3,9% + USD 0,30
Rate Merchant Ebay: Mulai 2,4% sampai 3,4% + USD 0,30
Pembayaran Internasional Rate Standar: 4,4% + USD 0,30
Rate Standar Ebay: 3,9% + USD 0,30
Merchant Rate: Mulai 3,2% sampai 4,4% + USD 0,30
Rate Merchant Ebay: Mulai 2,9% sampai 3,9% + USD 0,30
Transfer otomatis antar negara (domestik & internasional Rate Standar: 4,9% + USD 0,30
Rate Merchant: Mulai 3,9% sampai 4,9% + USD 0,30
Menerima e-Check USD 45,00
Menerima Micropayments untuk barang digital Pembayaran domestik: 5,5% + USD 0,05
Pembayaran internasional: 6,0% + USD 0,05

Biaya Tetap (Fixed Fee) Seluruh Negara

Paypal - (Sumber: bloomberg.com)

Paypal - (Sumber: bloomberg.com)

Kurs Biaya
Australian Dollar $ 0.30 (AUD)
Brazilian Real R$ 0.60 (BRL)
Canadian Dollar $ 0.30 (CAD)
Czech Koruna 10.00 CZK
Danish Kroner 2.60 DKK
Euro € 0.35 (EUR)
Hong Kong Dollar $ 2.35 (HKD)
Hungarian Forint 90.00 HUF
Israeli New Shekel 1.20 ILS
Japanese Yen ¥ 40.00 (JPY)
Malaysian Ringgit 2.00 MYR
Mexican Peso 4.00 MXN
New Zealand Dollar $ 0.45 NZD
Norwegian Krone 2.80 NOK
Philippine Peso 15.00 PHP
Polish Zloty 1.35 PLN
Russian Ruble 10 RUB
Singapore Dollar $ 0.50 (SGD)
Swedish Krona 3.25 SEK
Swiss Franc 0.55 CHF
New Taiwan Dollar $ 10.00 (TWD)
Thai Baht 11.00 THB
U.K. Pounds Sterling £ 0.20 (GBP)
U.S. Dollar $ 0.30 (USD)

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih detail seputar akun Paypal milik Anda, Anda bisa mengakses pusat bantuan yang ada di website resmi Paypal, yakni www.paypal.com, atau bertanya pada komunitas pengguna Paypal.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Info Terbaru Biaya (Fee) Administrasi Transaksi Lewat Rekening Paypal"