Update Biaya Administrasi dan Provisi Kredit Tanpa Agunan (KTA) Bank Mandiri

Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah salah satu pinjaman yang memberikan fasilitas pinjaman tanpa jaminan yang artinya tidak membebankan calon nasabah untuk mempersiapkan suatu aset untuk dijadikan jaminan atas pinjaman tersebut. Bank mengambil keputusan pemberian kredit berdasarkan riwayat kredit dari pemohon kredit secara pribadi.

Produk perbankan tersebut bisa menjadi solusi bagi nasabah yang membutuhkan dana cepat, seperti misalnya nasabah yang memiliki utang kredit menumpuk. Tetapi, sebelum memutuskan untuk mengambil Kredit Tanpa Agunan (KTA), Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal.

Kredit Bank Mandiri - (Sumber: analisadaily.com)

Kredit Bank Mandiri - (Sumber: analisadaily.com)

Hal Yang Perlu Dipertimbangkan  

Status Tagihan Kartu Kredit

Anda bisa memakai pinjaman KTA untuk menyelesaikan tumpukan utang kartu kredit selama status kartu kredit belum macet. Sebuah kredit atau pinjaman dinilai masuk dalam kategori kolektibilitas 5 alias macet apabila terdapat tunggakan pokok dan atau bunga di atas 180 hari atau di atas enam bulan.

Bila status kartu kredit Anda sudah macet, akan sulit bagi Anda untuk mengajukan pinjaman lagi termasuk dalam bentuk KTA. Status Anda di Debitur Bank Indonesia atau yang biasa disebut BI Checking akan terkena blacklist. Bank tidak akan memberikan pinjaman pada seseorang yang memiliki riwayat seperti itu.

Pilih Pinjaman KTA Dengan Bunga Rendah

Beberapa bank sudah banyak yang menawarkan produk KTA dengan bunga di bawah 10 persen per tahun. Pastikan Anda mengetahui persis harga pinjaman KTA yang Anda pilih. Jangan hanya perhitungan bunga saja, hitung juga berbagai macam biaya yang tercantum di sana. Mulai dari biaya provisi, biaya tahunan, , biaya keterlambatan cicilan hingga biaya pelunasan lebih cepat.

Sebaiknya pilih produk pinjaman KTA yang paling ekonomis dan sesuai kemampuan bayar. Jangan sampai, langkah mengambil KTA untuk menutup hutang kartu kredit malah menjadi masalah baru.

Menghentikan Sementara Penggunaan Kartu Kredit

Baca juga  Info Terbaru Rincian Biaya Administrasi & Limit Transaksi Payoneer

Sementara Anda fokus menyelesaikan cicilan KTA, ada baiknya Anda menutup atau berhenti sama sekali untuk memakai kartu kredit, setidaknya sampai cicilan KTA Anda lunas. Setelah urusan utang KTA selesai, Anda baru bisa menimbang kembali untuk memakai kartu kredit lagi dengan lebih bijak.

Salah satu bank yang menyediakan KTA adalah Bank Mandiri. Bank ini akan memberikan kredit perorangan tanpa agunan untuk berbagai keperluan kepada calon debitur yang memenuhi persyaratan.

Kebutuhan yang dapat dibiayai oleh Mandiri Kredit Tanpa Agunan adalah segala macam kebutuhan sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan yang berlaku, kesusilaan dan ketertiban umum, seperti pendidikan, pernikahan, berlibur bersama keluarga, membeli perabotan baru, atau melengkapi rumah Anda, dan kebutuhan lainnya.

Limit Kredit & Jangka Waktu

Limit kredit yang bisa diberikan Bank Mandiri minimum sebesar Rp 5 juta dan maksimum sebesar Rp 20 juta dalam kelipatan Rp 500 ribu. Mandiri Kredit Tanpa Agunan tersedia dalam 5 pilihan jangka waktu, yaitu 12, 18, 24, 30, dan 36 bulan (khusus KTA Payroll maksimal hingga 60 bulan).

Selain karyawan, seperti profesional dan wiraswasta dapat menerima fasilitas KTA khusus untuk wilayah Jabodetabek, Semarang, Yogyakarta, Samarinda, dan Balikpapan. Untuk pasangan yang sama-sama bekerja, Mandiri Kredit Tanpa Agunan tidak memungkinkan untuk diberlakukan joint income (penghasilan suami ditambah penghasilan istri).

biaya, administrasi, KTA, bank, mandiri, kredit, tanpa, agunan, persyaratan, angsuran, persyaratan, warga, negara, indonesia, penghasilan, cara, saldo, minimal, provisi, nasabah, asuransi, jiwa

Ilustrasi: penyerahan dana pinjaman (sumber: moneysmart.id)

Persyaratan

  • Warga Negara Indonesia dan berdomisili di Indonesia.
  • Umur minimum 21 tahun dan umur maksimum pada saat kredit lunas adalah 55 tahun.
  • Status sebagai karyawan tetap atau profesional dengan masa kerja minimal 1 tahun
    Penghasilan minimal Rp 2,5 juta per bulan (bagi nasabah payroll Bank Mandiri), dan penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan (bagi nasabah Non Payroll Bank Mandiri).

Yang Dibutuhkan

  • Aplikasi asli yang diisi lengkap.
  • Fotocopy KTP.
  • Slip gaji asli.
  • Surat Izin Praktik/Profesi (khusus untuk profesional).
  • Rekening atau rekening koran 3 bulan terakhir.
  • Fotocopy NPWP pribadi.

Biaya Administrasi KTA Mandiri

Dalam KTA (Kredit Tanpa Agunan) Mandiri, ada biaya yang dibebankan kepada nasabah, termasuk biaya administrasi. Berapakah besarnya biaya tersebut? Biaya yang dibebankan kepada nasabah sebesar 2% untuk nasabah berusia mulai 21-40 tahun, 2,75% untuk usia 41-49 tahun, dan 3,5% untuk nasabah yang usianya lebih atau sama dengan 50 tahun. Biaya tersebut sudah mencakup biaya provisi, administrasi dan asuransi jiwa. Jika Anda memilih KTA Mandiri Payroll, maka dikenai biaya administrasi sebesar Rp 100.000.

Cara Membayar Angsuran KTA Mandiri

  • Setiap bulan hingga kredit lunas, Bank akan otomatis mendebet rekening Tabungan/Giro a/n debitur di Bank Mandiri.  
  • Setiap tanggal angsuran debitur diwajibkan menyediakan dana di rekening, minimal sebesar angsuran ditambah saldo minimal dan biaya administrasi tabungan/giro.
  • Tanggal angsuran setiap bulan, jatuh pada tanggal yang sama dengan tanggal pencairan kredit atau dapat disesuaikan dengan tanggal pembayaran gaji (khusus untuk karyawan).
  • Untuk mengisi saldo di rekening tersebut di atas, dapat dilakukan dengan cara transfer dari bank lain, pemindahbukuan melalui teller, ATM, SMS atau .

Mandiri KTA dinilai memiliki kelebihan, antara lain tanpa agunan, cicilan ringan, limit kredit sampai dengan Rp 200 juta, jangka waktu kredit sampai dengan 3 tahun (Khusus pegawai yang menyalurkan gaji melalui Bank Mandiri, diberi jangka waktu kredit hingga 5 tahun), dan mendapat perlindungan asuransi jiwa.

Untuk informasi terkini mengenai KTA, Anda bisa mengunjungi Bank Mandiri terdekat, atau bisa melalui Mandiri Call di nomor 14000. Selain itu, Anda bisa mengetahui perkembangan layanan atau berita apapun di media sosial Bank Mandiri.

loading...

Leave a reply "Update Biaya Administrasi dan Provisi Kredit Tanpa Agunan (KTA) Bank Mandiri"