Update Biaya Administrasi dan Syarat Membuka Rekening BJB

Bank BJB merupakan salah satu bank BUMD milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Banten yang berkantor pusat di Bandung. Instansi keuangan tersebut menawarkan banyak layanan dan produk bagi masyarakat untuk melakukan transaksi keuangan dengan mudah. Untuk mendapatkan rekening Bank BJB, tentunya calon nasabah harus mengetahui syarat serta membayar biaya administrasi yang relatif terjangkau.

Ilustrasi: Layanan di Bank BJB (credit: ayocirebon)
Ilustrasi: Layanan di Bank BJB (credit: ayocirebon)

Produk yang ditawarkan oleh Bank BJB ada beberapa macam, antara lain rekening Tandamata, Tandamata Berjangka, Tandamata Gold, Tandamata My First, Tandamata Purnabakti, Tandamata Dollar, dan Tandamata Bisnis. Untuk lebih jelas mengenai biaya admin dan persyaratan pembukaan rekening dari masing-masing produk, Anda bisa melihat ulasan berikut.

Bacaan Lainnya

BJB Tandamata

Syarat BJB Tandamata

  • Diperuntukkan bagi nasabah perorangan (WNI/WNA) maupun non perorangan (badan usaha/badan hukum) dalam mata uang rupiah dan valuta asing (USD dan SGD).
  • Mengisi Formulir Pembukaan Rekening dengan melampirkan kartu identitas seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk) untuk WNI dan KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) atau KITAP (Kartu Izin Tetap) atau kartu izin sesuai dengan ketentuan imigrasi untuk WNA.
  • Bagi perusahaan, bisa melampirkan KTP pejabat yang berwenang, SIUP, NPWP, akte pendiri perusahaan, dan perubahan yang terakhir.

Biaya BJB Tandamata

Rincian Biaya
Setoran Awal Rp50.000
Saldo Minimum Rp25.000
Biaya Administrasi Rp6.000
Biaya Penutupan Rp15.000
Biaya Administrasi ATM Silver Rp10.500
Biaya Administrasi ATM Classic Rp16.000
Biaya Administrasi ATM Gold Rp19.000
Biaya Administrasi ATM Gold (Visa) Rp19.000
Biaya Administrasi ATM Platinum (Visa) Rp21.500

Biaya BJB Tandamata di atas tidak terikat dan bisa berubah sesuai kebijakan bank terkait. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, biaya administrasi ATM Silver, Classic, Gold, dan Platinum mengalami kenaikan sekitar Rp3 ribu hingga Rp4 ribu. Sementara itu, biaya BJB Tandamata lainnya saat ini masih sama seperti tahun lalu. 

Nasabah BJB Tandamata diperkenankan untuk membuat rekening bersama dengan status dan/joint account maupun (Qualitate Qua ”dalam kapasitasnya sebagai”). Selain itu, Anda juga akan mendapatkan fasilitas e-channel mulai dari Kartu ATM, bjb NET, bjb SMS, dan SMS notifikasi (khusus mata uang rupiah). 

BJB Tandamata Berjangka

BJB Tandamata Berjangka merupakan produk tabungan masa datang perorangan dalam mata uang rupiah dengan jumlah setoran bulanan dan jangka waktu tertentu yang disertai dengan manfaat pertanggungan asuransi. Anda bisa memulai investasi untuk masalah pendidikan, wisata, ibadah, pensiun, dan lainnya dengan jangka waktu mulai 1 tahun hingga 10 tahun (kelipatan 12 bulan). Untuk setorannya, Anda bisa menabung mulai Rp100.000 hingga Rp5.000.000 dengan kelipatan Rp50.000, masih sama seperti tahun lalu. 

Syarat BJB Tandamata Berjangka

  • Usia nasabah 18-64 tahun dan usia maksimal perlindungan 65 tahun.
  • Maksimal pertanggungan Rp600.000 per nasabah.
  • Nasabah adalah perorangan.
  • Menyertakan bukti berupa KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  • Memiliki rekening utama sebagai sumber dana tabungan/giro bank BJB.
  • tabungan yang bisa dipakai, di antaranya Tandamata, Tandamata Gold, Bisnis, Simpeda, BJB Tandamata My First, Tabunganku, dan Giro.

Sebagai keuntungan menggunakan layanan tersebut, nasabah akan mendapatkan santunan duka sebesar 10 kali setoran bulanan atau maksimal Rp50.000.000 per nasabah, ketentuan ini masih sama seperti tahun lalu. Santunan duka akan diberikan jika nasabah meninggal dunia. Selain itu, Anda tidak akan dikenakan biaya administrasi untuk ganti buku tabungan yang sudah habis. Namun, jika buku tabungan rusak atau hilang, Anda akan dikenakan tarif penggantian buku Rp5 ribu.

Tabungan Bank BJB (sumber: lifepal.co.id)

BJB Tandamata Gold

Syarat BJB Tandamata Gold

  • Mengisi Formulir Pembukaan Rekening dengan melampirkan kartu identitas berupa KTP untuk WNI.
  • Mengisi Formulir Pembukaan Rekening dengan melampirkan kartu identitas berupa Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS)/Kartu Izin Tetap (KITAP)/kartu izin sesuai dengan ketentuan Imigrasi untuk WNA.

Biaya BJB Tandamata Gold

Rincian Biaya
Setoran Awal Rp500.000
Saldo Minimum Rp250.000
Biaya Administrasi Rp10.000
Biaya Penutupan Rp50.000
Biaya Administrasi ATM Silver Rp10.500
Biaya Administrasi ATM Classic Rp16.000
Biaya Administrasi ATM Gold Rp19.000
Biaya Administrasi ATM Gold (Visa) Rp19.000
Biaya Administrasi ATM Platinum (Visa) Rp21.500

Biaya BJB Tandamata Gold di atas bisa berubah sesuai kebijakan bank terkait. Sama seperti tabungan BJB Tandamata, biaya administrasi ATM Silver, Classic, Gold, dan Platinum BJB Tandamata Gold mengalami kenaikan sekitar Rp3 ribu hingga Rp4 ribu. Sementara itu, biaya BJB Tandamata Gold lainnya saat ini masih sama seperti tahun lalu. 

Setiap nasabah BJB Tandamata Gold akan mendapatkan perlindungan asuransi jiwa untuk saldo tertentu secara gratis. Selain itu, nasabah tidak akan dikenakan biaya administrasi tambahan jika saldo di bawah jumlah saldo minimal.

BJB Tandamata My First

Syarat BJB Tandamata My First

  • Usia maksimal saat pembukaan rekening 17 tahun.
  • Mengisi formulir pembukaan rekening.
  • Melampirkan kartu identitas berupa fotokopi akta kelahiran calon nasabah anak atau KK calon nasabah yang masih berlaku (dengan memperlihatkan yang asli).
  • Melampirkan KTP (Kartu Tanda Penduduk) orang tua/wali, yang masih berlaku dan memperlihatkan yang aslinya, khusus WNA menyerahkan fotocopy identitas, Paspor yang disertai Kartu Izin Tinggal.

Biaya BJB Tandamata My First

Rincian Biaya
Biaya Administrasi Tabungan Gratis
Setoran Awal Rp50.000
Minimum Setoran Selanjutnya Rp10.000
Saldo Minimum Rp20.000
Biaya Ganti Buku Tabungan Habis Gratis
Biaya Ganti Buku Tabungan Rusak Rp5.000
Biaya Ganti Buku Tabungan Hilang Rp5.000
Biaya Penutupan Rp20.000
Biaya Administrasi ATM Silver Rp10.500
Biaya Administrasi ATM Classic Rp16.000
Biaya Administrasi ATM Gold Rp19.000
Biaya Administrasi ATM Gold (Visa) Rp19.000
Biaya Administrasi ATM Platinum (Visa) Rp21.500

Biaya BJB Tandamata My First di atas bisa berubah sesuai kebijakan bank terkait. Sama seperti tabungan BJB Tandamata Gold, biaya administrasi ATM Silver, Classic, Gold, dan Platinum BJB Tandamata My First mengalami kenaikan sekitar Rp3 ribu hingga Rp4 ribu. Sementara itu, biaya BJB Tandamata My First lainnya saat ini masih sama seperti tahun lalu. 

Nasabah BJB Tandamata My First bebas dari tanggungan biaya administrasi bulanan tabungan, bebas administrasi ATM, bebas biaya pembuatan ATM perdana, dan bebas biaya tarik tunai di seluruh gerai ATM.

Layanan Bank BJB (sumber: cnbc)

BJB Tandamata Purnabakti

Syarat BJB Tandamata Purnabakti

  • Mengisi formulir pembukaan rekening.
  • Nasabah perorangan.
  • Melampirkan kartu identitas.
  • NPWP (jika Aada).
  • SK pensiunan/ kartu keanggotaan pensiun/surat permohonan pembayaran pensiun melalui rekening (SP3R)/formulir permohonan pembayaran pensiun.

Biaya BJB Tandamata Purnabakti

Rincian Biaya
Setoran Awal Bebas/Gratis
Saldo Minimum Tidak Ada
Biaya Administrasi Rp2.000 per bulan
Biaya Penutupan Rp25.000
Biaya Administrasi ATM Silver Rp10.500
Biaya Administrasi ATM Classic Rp16.000
Biaya Administrasi ATM Gold Rp19.000
Biaya Administrasi ATM Gold (Visa) Rp19.000
Biaya Administrasi ATM Platinum (Visa) Rp21.500

Biaya BJB Tandamata Purnabakti di atas bisa berubah sesuai kebijakan bank terkait. Sama seperti tabungan BJB Tandamata My First, biaya administrasi ATM Silver, Classic, Gold, dan Platinum BJB Tandamata Purnabakti mengalami kenaikan sekitar Rp3 ribu hingga Rp4 ribu. Sementara itu, biaya BJB Tandamata Purnabakti lainnya saat ini masih sama seperti tahun lalu. Keuntungan yang didapatkan oleh nasabah BJB Tandamata Purnabakti adalah bunga yang menarik mulai dari 1% hingga 2%.

BJB Tandamata Dolar

Syarat BJB Tandamata Dolar

  • Mengisi formulir pembukaan rekening.
  • Nasabah perorangan dan non perorangan.
  • Melampirkan kartu identitas.
  • Untuk perusahaan wajib melampirkan Kartu Tanda Penduduk/ KTP pejabat yang berwenang, SIUP, NPWP, Akte Pendirian Perusahaan dan perubahannya yang terakhir.

Biaya BJB Tandamata Dolar

Rincian Biaya  Biaya 
Setoran Awal USD 100 SGD 150
Saldo Minimum USD 100 SGD 150
Biaya Administrasi USD 1 SGD 1
Biaya Penutupan USD 5 SGD 5

Biaya BJB Tandamata Dolar di atas bisa berubah sesuai kebijakan BJB. Meskipun begitu, biaya BJB Tandamata Dolar saat ini masih sama seperti tahun lalu. Keuntungan yang didapatkan oleh pengguna BJB Tandamata Dolar, yaitu penyetoran banknotes pecahan USD 100 dengan kondisi fisik baik dan penarikan banknotes hingga USD 5.000 bebas komisi.

BJB Tandamata Bisnis

Syarat BJB Tandamata Bisnis

  • Mengisi formulir pembukaan rekening.
  • Diperuntukan bagi nasabah perorangan dan non perseorangan.
  • Melampirkan fotocopy Kartu Identitas.
  • Melampirkan fotocopy NPWP (jika ada).

Biaya BJB Tandamata Bisnis

Rincian Tandamata Bisnis 
Setoran Awal Rp1.000.000
Saldo Minimum Rp500.000
Biaya Administrasi Rp10.000
Biaya Penutupan Rp100.000
Biaya Rekening Pasif Rp15.000
Biaya Saldo Dibawah rata-rata 5jt/bln Rp15.000
Biaya Cetak ulang Rekening Koran

Perlu dicatat bahwa biaya administrasi BJB Tandamata Bisnis bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan Bank BJB. Meskipun begitu, biaya BJB Tandamata Bisnis saat ini masih sama seperti tahun lalu. Untuk lebih jelas tentang informasi layanan dan pembuatan rekening di Bank BJB, Anda bisa langsung menuju Bank BJB terdekat atau menghubungi pihak Bank BJB lewat telepon di 14049.

Pos terkait