Produk Tabungan & Biaya Administrasi Bank Mandiri Syariah

Mandiri (BSM) saat ini bisa dikatakan sebagai salah satu berkonsep syariah yang cukup besar di Indonesia. Seperti Mandiri konvensional, lembaga ini pun menyediakan beragam produk untuk berbagai kalangan . Sejumlah BSM ada yang menerapkan biaya administrasi bulanan dan ada yang tidak.

Para karyawan Bank Mandiri Syariah (twitter: @syariahmandiri)

Para karyawan Bank Mandiri Syariah (twitter: @syariahmandiri)

Biaya administrasi sendiri memang jamak diterapkan oleh banyak bank, baik bank milik pemerintah maupun bank swasta.Biaya ini, menurut pihak bank, diterapkan untuk menutupi biaya operasional layanan perbankan. Pasalnya, setiap kali nasabah datang dan melakukan transaksi di kantor bank, sejatinya perbankan mengeluarkan biaya sekitar lebih dari Rp40.000.[1] Ini karena, untuk membuat satu transaksi perbankan, pihak bank membutuhkan investasi utama teknologi informasi atau IT.

Nah, khusus untuk Bank Syariah Mandiri, per tanggal 19 Desember 2017 lalu, pihak bank menerapkan kebijakan baru mengenai besaran biaya administrasi.[2]Sehubungan dengan kebijakan internal bank, biaya administrasi tabungan BSM mulai tanggal 2 Januari 2018 berubah dari Rp7.000 per bulan per rekening menjadi Rp10.000 per bulan per rekening.Meski demikian, ada juga beberapa produk tabungan yang tidak menerapkan biaya administrasi alias gratis.

Tabungan Mudharabah BSM

Ini adalah produk tabungan yang diklaim memberikan kemudahan dalam menyalurkan zakat dan infak.Selain itu, Tabungan Mudharabah juga dikatakan memberikan kemudahan penggunaan layanan e-banking Mandiri Syariah serta aman dan terjamin.Syarat-syarat untuk menjadi nasabah pun cukup mudah, cukup menyetorkan KTP dan NPWP bagi WNI atau paspor, KITAS, KITAP bagi WNA.

Biaya Tabungan Mudharabah BSM

Komponen BiayaBiaya
Setoran Awal MinimumRp100.000 perorangan atau Rp1.000.000 non-perorangan
Setoran BerikutnyaRp10.000
MinimumRp50.000
Biaya Tutup RekeningRp20.000
Biaya AdministrasiRp10.000

Tabungan Simpel IB BSM

Ini adalah produk tabungan yang diperuntukkan WNI dengan status siswa PAUD/TK, SD, SMP, SMA, atau sederajat, berusia di bawah 17 tahun dan belum memiliki KTP. Jika ingin menjadi nasabah, bisa menyerahkan surat pernyataan dari orang tua, fotokopi kartu pelajar, fotokopi KK, formulir beneficial owner, fotokopi KTP orang tua, fotokopi Akte Kelahiran, perwalian, dan lembar specimen tanda tangan.

Aneka produk tabungan Bank Mandiri Syariah (twitter: @syariahmandiri)

Aneka produk tabungan Bank Mandiri Syariah (twitter: @syariahmandiri)

Biaya Tabungan Simpel IB BSM

Komponen BiayaBiaya
Minimum Setoran AwalRp1.000
Minimum Setoran BerikutnyaRp1.000
Saldo MinimumRp1.000
Biaya Tutup RekeningRp1.000
Biaya AdministrasiGratis
Baca juga  Update Syarat dan Besaran Biaya Administrasi KTA Bank Mandiri

Tabungan Berencana BSM

Produk tabungan ini merupakan tabungan berjangka yang memberi nisbah bagi hasil secara berjenjang serta kepastian pencapaian target dana yang telah ditetapkan. Periode tabungan antara 1 tahun hingga 10 tahun dengan usia nasabah minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun ketika jatuh tempo. cukup mudah, hanya menyerahkan fotokopi KTP dan NPWP serta memiliki rekening asal di BSM.

Biaya Tabungan Berencana BSM

Komponen BiayaBiaya
Setoran Bulanan MinimalRp100.000
Target Dana MinimalRp1.200.000
Target Dana MaksimalRp200.000.000

Tabungan Wadiah BSM

Seperti Tabungan Mudharabah, produk ini juga diklaim memberikan kemudahan dalam menyalurkan zakat dan infak. Selain itu, Tabungan Wadiah juga dikatakan memberikan kemudahan penggunaan layanan e-banking Mandiri Syariah serta aman dan terjamin.Syarat-syarat untuk menjadi nasabah pun cukup mudah, cukup menyetorkan fotokopi KTP dan NPWP bagi WNI.

Tabungan Bank Mandiri Syariah (twitter: @mandirisyariah)

Tabungan Bank Mandiri Syariah (twitter: @mandirisyariah)

Biaya Tabungan Wadiah BSM

Komponen BiayaBiaya
Setoran Awal MinimumRp100.000 perorangan atau Rp1.000.000 non-perorangan
Setoran Berikutnya MinimumRp10.000
Saldo MinimumRp50.000
Biaya Tutup RekeningRp20.000
Biaya AdministrasiGratis

Tabungan Investa CendekiaBSM

Produk tabungan tersebut merupakan tabungan berjangka untuk keperluan pendidikan dengan jumlah setoran bulanan tetap (installment) dan dilengkapi dengan perlindungan asuransi. Persyaratan yang diajukan cukup mudah, di antaranya usia nasabah minimal 17 tahun dan maksimal 60 tahun saat jatuh tempo, dengan memiliki Tabungan Mudharabah sebagai rekening asal.

Baca juga  Info Update Nilai Tukar (Kurs) Mata Uang Ringgit Malaysia Hari Ini

Biaya setoran Tabungan Investa Cendekia adalah sebesar Rp100.000 sampai dengan Rp10.000.000, dengan kelipatan Rp50.000. Periode tabungan satu sampai 20 tahun, dengan bagi hasil yang kompetitif. Jumlah setoran bulanan dan periode tabungan tidak dapat diubah namun dapat dilakukan setoran tambahan diluar setoran bulanan.

Tabungan Dollar BSM

Produk tabungan tersebut merupakan bentuk tabungan dalam dollar (USD) yang penarikannya dan setorannya bisa dilakukan setiap saat.Berikut rincian biaya administrasi tabungan ini.

Biaya Tabungan Dollar BSM

Komponen BiayaBiaya
Minimum Setoran AwalUSD 100
Saldo MinimumUSD 100
Biaya Administrasi MaksimumUSD 0,5 dan dapat mengurangi saldo minimal
Biaya Tutup RekeningUSD 5
Tabungan dollar Bank Mandiri Syariah (twitter: @mandirisyariah)

Tabungan dollar Bank Mandiri Syariah (twitter: @mandirisyariah)

Tabungan Pensiun BSM

Produk tabungan tersebut merupakan simpanan dalam mata uang rupiah berdasarkan prinsip mudharabahmutlaqah, yang penarikannya dapat dilakukan tiap saat berdasarkan syarat dan ketentuan yang telah disepakati. Produk hasil kerjasama dengan PT Taspen ini diperuntukkan bagi pensiunan pegawai negeri Indonesia dan pembukaan rekening bisa dilakukan lewat seluruh jaringan BSM.Salah satu kelebihannya adalah menerapkan biaya administrasi yang ringan.

Tabunganku BSM

Produk tabungan tersebut merupakan tabungan untuk perorangan yang persyaratannya mudah dan ringan serta diterbitkan bersama-sama oleh seluruh bank di Indonesia. Mengenai informasi biaya administrasinya, berikut rinciannya.

Biaya Tabunganku BSM

Komponen BiayaBiaya
Setoran Awal Pembukaan RekeningRp20.000 (tanpa ATM), Rp80.000 (dengan ATM)
Setoran Selanjutnya MinimumRp10.000
Saldo MinimumRp20.000 (tanpa ATM), Rp50.000 (dengan ATM)
Jumlah Minimum Penarikan di CounterRp100.000
Biaya PemeliharaanRp2.000
Biaya Penutupan RekeningRp20.000
Biaya AdministrasiGratis
Biaya Ganti BukuGratis
Biaya Penalti Rekening DormantRp2.000 per bulan
Baca juga  Update Fitur dan Biaya Tabungan Mabrur dan Tabungan Mabrur Junior Bank Syariah Mandiri

Tabungan Mabrur BSM

Produk tabungan tersebut merupakan tabungan berdasarkan prinsip syariah dengan akad mudharabahmuthlaqah.Tabungan ini tidak dapat dicairkan kecuali untuk melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji/Umrah (BPIH). Untuk informasi biaya administrasinya, berikut akan disajikan info lengkapnya.

Biaya Tabungan Mabrur BSM

Komponen BiayaBiaya
Setoran Awal MinimalRp100.000
Setoran Selanjutnya MinimalRp100.000
Saldo MinimalRp100.000
Saldo Minimal ke SISKOHATRp25.100.000
Biaya Penutupan Rekening Karena BatalRp25.000
Nasabah Bank Mandiri Syariah (sumber: solopos.com)

Nasabah Bank Mandiri Syariah (sumber: solopos.com)

Tabungan Mabrur Junior BSM

Produk tabungan tersebut merupakan tabungan dalam mata uang rupiah untuk membantu pelaksanaan ibadah haji & umrah. Nama yang tercantum di buku tabungan adalah nama anak. Berikut akan disajikan mengenai biaya administrasinya.

Biaya Tabungan Mabrur Junior BSM

Komponen BiayaBiaya
Setoran Awal MinimalRp100.000
Setoran Selanjutnya MinimalRp100.000
Saldo MinimalRp100.000
Saldo Minimal ke SISKOHATRp25.100.000
Biaya Penutupan Rekening Karena BatalRp25.000

Tabungan Saham Syariah BSM

Produk tabungan tersebut merupakan rekening dana nasabah berupa produk tabungan yang khusus digunakan untuk keperluan penyelesaian transaksi efek (baik berupa kewajiban maupun hak nasabah), serta untuk menerima hak nasabah yang terkait dengan efek yang dimilikinya melalui Pemegang Rekening KSEI.

Biaya Tabungan Saham Syariah BSM

Komponen BiayaBiaya
Setoran AwalRp0
Saldo MinimumRp0
Minimum Setoran BerikutnyaRp10.000
Biaya AdministrasiGratis
Biaya Penutupan RekeningGratis

Daftar biaya produk tabungan dari Bank Syariah Mandiri di atas kami rangkum dari situs bank yang bersangkutan.Biaya tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.Untuk informasi lebih detail, Anda bisa langsung datang mengunjungi cabang Bank Syariah Mandiri terdekat.

[Update: Panca]

[1]Syafina, Dea Chadiza. 2018. Kenapa Menabung di Bank Bukannya Untung Malah Buntung? (//tirto.id/kenapa-menabung-di-bank-bukannya-untung-malah-buntung-da9c). Diakses 10 Desember 2019.

[2] Bank Syariah Mandiri. 2017. Pengumuman Perubahan Biaya Administrasi (//www.mandirisyariah.co.id/news-update/pengumuman-perubahan-biaya-administrasi). Diakses 10 Desember 2019.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Produk Tabungan & Biaya Administrasi Bank Mandiri Syariah"