Besaran Saldo Awal Buka Rekening BCA (Semua Tabungan)

Central Asia, atau lebih populer dengan sebutan , merupakan salah satu yang cukup populer di Tanah Air. ini sendiri memiliki beragam produk yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk menyimpan uang. Layaknya lainnya, BCA juga menerapkan saldo awal bagi masyarakat yang ingin menabung atau membuka rekening di bank ini.

Tabungan, setoran, awal, saldo, rekening, BCA, produk, layanan, perbankan, tarikan, ATM, kartu, kredit, debit, tunai, bank, nasabah

Centre BCA (instagram: @cirebontrending)

Dilansir dari Wikipedia, BCA bisa dikatakan sebagai bank swasta terbesar di Indonesia. Berdiri pada tanggal 21 Februari 1957 silam dengan nama Bank Central Asia NV, bank ini pernah menjadi bagian penting dari salim Group. Saat ini, BCA dimiliki oleh salah satu grup perusahaan rokok terbesar di Indonesia (dan juga dunia), Djarum.

Didirikan oleh Sudono Salim, BCA memiliki kantor pusat di Jakarta. Kemudian, pada tanggal 1 Mei 1975, Mochtar Rudy bergabung di BCA, memperbaiki sistem kerja di bank tersebut dan merapikan arsip-arsip bank. Selang dua tahun kemudian, BCA melakukan merger dengan dua bank lain, salah satunya Bank Gemari yang dimiliki oleh Yayasan Kesejahteraan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia.

Pada awal dekade 1980-an, BCA bekerja sama dengan Master Card dalam rangka untuk mengeluarkan dan mengedarkan kartu kredit atas nama BCA. Di dekade ini pula, BCA memperluas jaringan kantor cabang secara agresif sejalan dengan deregulasi sektor perbankan di Indonesia. BCA mengembangkan berbagai produk dan layanan maupun pengembangan teknologi informasi, dengan menerapkan online system untuk jaringan kantor cabang, dan meluncurkan Tabungan Hari Depan (Tahapan) BCA.

Baca juga  Cara dan Biaya Buka Rekening BCA via Online

Mulai tahun 1990-an, BCA mengembangkan alternatif jaringan layanan melalui ATM. Pada tahun 1991, bank ini sudah menempatkan 50 unit ATM di berbagai lokasi di Jakarta. BCA juga bekerja sama dengan institusi terkemuka, antara lain PT Telkom, untuk pembayaran tagihan telepon melalui ATM BCA. Sementara, kemitraan dengan Citibank memungkinkan nasabah BCA pemegang kartu kredit Citibank dapat melakukan pembayaran tagihan melalui ATM BCA.

Memasuki milenium ketiga, BCA makin memperkuat produk dan layanan, terutama yang terkait dengan perbankan elektronik dengan meluncurkan Debit BCA, BCA, internet banking KlikBCA, mobile m-BCA, EDCBIZZ, dan lain-lain. Di samping itu, bank ini juga merilis kartu prabayar Flazz Card serta mulai menawarkan layanan weekend banking untuk terus membangun keunggulan di bidang transaksi perbankan.

Produk Tabungan BCA

Ada banyak produk tabungan yang telah diluncurkan oleh BCA. Salah satu yang tertua, dan mungkin yang paling populer, adalah Tahapan BCA. Dikutip dari situs resminya, ini dikatakan sebagai produk tabungan yang diciptakan untuk kenyamanan hidup nasabah. Dengan dilengkapi Paspor BCA yang bisa difungsikan sebagai Kartu ATM, Debit, dan Tunai, Tahapan BCA akan mempermudah setiap transaksi perbankan mulai dari menarik, menyetor, mentransfer dana, membayar berbagai tagihan, hingga sebagai alat pembayaran barang dan jasa.

Tabungan, setoran, awal, saldo, rekening, BCA, produk, layanan, perbankan, tarikan, ATM, kartu, kredit, debit, tunai, bank, nasabah

Buku tabungan, kartu debit & ATM BCA (instagram: @dhe_amoy94)

Produk lainnya adalah SimPel atau Simpanan Pelajar, yang merupakan tabungan yang diluncurkan oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan dengan tujuan membantu orang tua mengajarkan perencanaan keuangan kepada anak-anaknya. Tabungan ini diluncurkan secara nasional oleh bank-bank Indonesia, termasuk BCA, dengan mudah dan sederhana, serta fitur yang menarik dalam rangka edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung.

Baca juga  Info Terbaru Biaya & Cara Mencairkan Dana Giro Beda Bank

Tabungan SimPel BCA ini dikatakan akan membantu anak-anak untuk lebih disiplin dalam mengelola keuangan, membentuk karakter gemar menabung, melatih mempersiapkan masa depan, dan mengenalkan dunia perbankan secara lebih dini. Sebagai salah satu sarana edukasi tentang pengelolaan keuangan, pembentukan budaya gemar menabung dan pengenalan dunia perbankan di kalangan pelajar, Tabungan SimPel BCA memiliki keuntungan seperti bebas biaya administrasi, setoran awal pembukaan rekening minimum Rp5.000, serta rekening dan kartu atas nama siswa.

Di samping itu, BCA juga punya TabunganKu BCA, merupakan tabungan yang dikhususkan untuk perorangan dengan persyaratan mudah dan ringan. Diterbitkan secara bersama oleh bank-bank di Indonesia, TabunganKu hadir untuk menumbuhkan budaya menabung serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan tidak dikenakan biaya administrasi .

Karena diterbitkan bersama oleh bank-bank di Indonesia, maka rekening dalam TabunganKu juga hanya hadir dalam mata uang rupiah. Selain itu, rekening hanya bisa dibuka oleh nasabah perorangan WNI. Nasabah juga tidak diperkenankan membuka rekening joint account “dan” maupun “atau”. Di samping itu, nasabah hanya diperbolehkan untuk membuka satu rekening, kecuali bagi mereka yang membuka rekening untuk mewakili kepentingan anak di bawah umur (perwalian). Jika rekening tidak aktif selama enam bulan secara berturut-turut, makan statusnya akan menjadi dormant.

Baca juga  Kartu ATM BRI Anda Hilang? Berikut Cara Memblokir ATM BRI

Sementara, untuk mereka yang memiliki kebutuhan bertransaksi dalam mata uang asing (dolar AS atau dolar Singapura), dapat memanfaatkan produk tabungan BCA Dollar. Ini adalah tabungan yang diklaim baik untuk keperluan bisnis, perjalanan, maupun investasi. Keunggulan utama tabungan ini antara lain Kartu BCA Dollar berfungsi sebagai kartu identitas sekaligus sarana transaksi, setoran dan tarikan banknotes dengan kondisi 1:1 (tidak dikenakan kurs jual beli) sampai limit tertentu, dan e-banking BCA.

Bagi Anda yang ingin membuka rekening tabungan di BCA, selain memenuhi berbagai persyaratan administratif, juga harus melakukan setoran awal. Saldo awal tabungan BCA ini sendiri bervariasi, tergantung jenis tabungan yang akan Anda gunakan. Berikut kami sajikan informasi lengkap setoran atau saldo awal buka rekening tabungan di BCA.

Saldo Awal Rekening Tabungan BCA

Tabungan, setoran, awal, saldo, rekening, BCA, produk, layanan, perbankan, tarikan, ATM, kartu, kredit, debit, tunai, bank, nasabah

Suasana kantor cabang BCA dipenuhi nasabah (sumber: tribunnews.com)

Jenis Tabungan BCAJumlah Saldo (Rp)
Tahapan BCASetoran/Saldo Awal : 500.000
Saldo Minimum per Bulan : 100.000
Saldo Minimum Ditahan : 50.000
Tahapan XpresiSetoran/Saldo Awal : 50.000
Saldo Minimum Ditahan : 10.000
Tahapan GoldSetoran/Saldo Awal : 10.000.000
Saldo Minimum Ditahan : 50.000
BCA TapresSetoran/Saldo Awal : 5.000.000
Saldo Minimum per Bulan : 5.000.000
Simpanan PelajarSetoran/Saldo Awal : 5.000
Saldo Minimum per Bulan : 5.000
TabunganKuSetoran/Saldo Awal : 20.000
Saldo Minimum per Bulan : 20.000
BCA DollarSetoran/Saldo Awal : 100 dolar AS/200 dolar Singapura
Deposito BerjangkaSetoran/Saldo Awal : 8.000.000

Daftar besaran setoran atau saldo awal pembukaan rekening tabungan di BCA tersebut kami rangkum dari situs resmi bank yang bersangkutan. Besaran saldo awal di atas tidak mengikat, dan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Besaran Saldo Awal Buka Rekening BCA (Semua Tabungan)"