Update Limit Transfer Antar Bank Mandiri dengan Kartu Debit GPN

Bagi Anda nasabah Bank Mandiri, pastinya sudah tidak asing dengan layanan transfer antar-bank yang tidak dipungut biaya administrasi. Meskipun begitu, Anda juga perlu mengetahui limit transfer antar Bank Mandiri, terutama jika Anda ingin mengirim uang dengan kartu debit GPN yang menawarkan sejumlah keuntungan bagi penggunanya.

Kartu debit Bank Mandiri GPN (sumber: beritagar.id)

Kartu debit Bank Mandiri GPN (sumber: beritagar.id)

Keuntungan Kartu Debit GPN

Bank Mandiri sebagai salah satu bank BUMN besar di Indonesia terus melakukan inovasi demi kenyamanan nasabah saat bertransaksi. Salah satunya mewajibkan para nasabahnya untuk mengganti kartu ATM mereka dengan kartu yang berlogo Garuda Merah dalam rangka menjalankan program GPN (Gerbang Pembayaran Nasional).

Dengan memakai kartu tersebut, nasabah akan mendapatkan keuntungan seperti biaya administrasi dipangkas sebesar Rp500 hingga Rp1.000. Bila dirinci, penurunan administrasi bulanan kartu debit Bank Mandiri adalah untuk kartu debit Platinum menjadi Rp7.500 atau turun Rp1.000, kartu debit Gold Rp4.500 atau turun Rp1.000, dan debit Silver Rp2.000 atau turun Rp500. Biaya ini masih sama dengan tarif administrasi kartu GPN pada tahun sebelumnya. 

Pihak bank menuturkan, dengan GPN yang digagas oleh Bank Indonesia (BI) ini, sinergi pembayaran akan lebih maksimal dan berdampak positif pada inklusi keuangan dan menciptakan gerakan non tunai alias cashless society di Indonesia. Selain itu, dengan menggunakan kartu berlogo GPN ini, besaran merchant discount rate (MDR) juga lebih rendah menjadi 1%. Berbeda dengan kartu debit keluaran prinsipal internasional yang berkisar antara 2% sampai 3%.

Meskipun tarif administrasi dan MDR telah turun bila menggunakan kartu debit GPN, biaya transfer dan tarik tunai masih dibebankan dengan tarif lama. Hanya saja, Bank Mandiri menjelaskan, nantinya besaran biaya tersebut akan dapat berkurang seiring besarnya transaksi menggunakan kartu jenis ini. Jika sudah banyak bank yang menggunakan kartu GPN, Bank Mandiri bisa menyesuaikan, untuk tarif dan juga tarik tunai.

Ilustrasi: Kartu ATM Bank Mandiri GPN (credit: CNN Indonesia)

Ilustrasi: Kartu ATM Bank Mandiri GPN (credit: CNN Indonesia)

Sementara itu, Bank Indonesia mengatakan, selain penurunan biaya administrasi dan MDR, kartu GPN juga dapat memberikan akses kepada nasabah untuk menggunakan alat bayar GPN antar bank lain alias lintas sarana dan prasarana milik perbankan. Belum lagi, segala tahapan transaksi pengalihan (routing) hingga penyelesaian (settlement) lewat kartu GPN dilakukan oleh perusahaan dalam negeri. Berbeda dengan kartu yang terkoneksi dengan prinsipal asing yang dilakukan di luar negeri.

Sebagai informasi, penerapan kartu berlogo GPN ini diatur dalam Peraturan Bank Indonesia No.19/8/PBI/2017 tentang Gerbang Pembayaran Nasional/National Payment Gateway. Salah satu poin mengungkapkan, Bank Indonesia menetapkan kebijakan branding nasional yang terdiri atas logo nasional, perluasan akseptasi (penerimaan) nasional, dan kewajiban pemrosesan domestik.

Nasabah bisa mendapatkan kartu ATM berlogo GPN dengan cara datang ke Bank Mandiri terdekat dan melakukan pembukaan rekening atau penggantian kartu Mandiri Debit. Kartu Mandiri Debit GPN Instant tersedia di beberapa cabang besar di Jakarta. Sementara, di luar cabang Jakarta, Kartu Mandiri Debit GPN bisa dipesan secara reguler (dengan nama). Kartu Mandiri Debit GPN regular dapat diambil di cabang H+14 setelah pembukaan rekening atau penggantian kartu.

Limit Transfer Antar Bank Mandiri

Ilustrasi: ATM Bank Mandiri (credit: Tribunnews)

Ilustrasi: ATM Bank Mandiri (credit: Tribunnews)

Jenis Kartu Mandiri Debit GPNLimit Minimal Transfer Antar Bank MandiriLimit Maksimal Transfer Antar Bank Mandiri
SilverRp50 ribuRp25 juta
GoldRp50 ribuRp50 juta
PlatinumRp50 ribuRp100 juta

Kartu Mandiri Debit GPN tersedia dalam jenis Silver, Gold, dan Platinum. Berbagai jenis kartu tersebut tentunya bisa digunakan untuk berbagai transaksi, salah satunya adalah transfer. Transfer antar Bank Mandiri dikenakan limit transaksi maksimal dan minimal, seperti pada data di atas. Dibandingkan tahun sebelumnya, besaran limit minimal dan maksimal transfer belum mengalami perubahan.

Jika Anda ingin melakukan transfer dari Bank Mandiri ke rekening bank lainnya menggunakan kartu debit GPN, sebaiknya Anda juga mengetahui limitnya. Sebagai referensi limit transfer ke rekening bank lain menggunakan kartu debit GPN Mandiri, Anda bisa melihat tabel berikut.

Limit Transfer dari Bank Mandiri ke Bank Lain

Jenis Kartu Mandiri Debit GPNLimit Maksimal Transfer dari Bank Mandiri
SilverRp5 juta
GoldRp10 juta
PlatinumRp25 juta

Kartu Mandiri Debit GPN hanya dapat digunakan untuk transaksi domestik atau di dalam negeri, baik untuk transaksi di ATM maupun di EDC (merchant). Setiap nasabah bank dapat memperoleh kartu GPN di kantor cabang bank terdekat dengan mengganti kartu lamanya dengan kartu berlogo nasional (GPN) atau membuka rekening baru untuk mendapat kartu berlogo nasional (GPN).

Seluruh kartu debit berlogo nasional (GPN) yang diterbitkan oleh bank penerbit domestik sudah dapat menggunakan EDC dari bank lain setiap bertransaksi di Indonesia, dikarenakan kartu debit tersebut telah memenuhi pengujian atas interkoneksi dan keamanannya. Meskipun dianjurkan, tetapi setiap nasabah boleh memilih untuk tidak menggunakan kartu GPN asalkan sudah mengisi pernyataan kepemilikan kartu debit berlogo nasional di bank.

Ilustrasi: Pria Menggunakan Mesin ATM (credit: ipleaders)

Ilustrasi: Pria Menggunakan Mesin ATM (credit: ipleaders)

Cara Transfer Sesama Bank Mandiri

  • Masukkan kartu ATM Mandiri Anda. Pastikan saldo Anda mencukupi untuk melakukan transfer.
  • Pilih bahasa yang akan Anda gunakan, selama memakai mesin ATM Mandiri. Ada 2 pilihan bahasa, yaitu Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris/English.
  • Setelah memilih bahasa, masukkan PIN kartu ATM Mandiri Anda.
  • Setelah memasukkan nomor PIN, anda akan masuk ke dalam menu utama. Silakan pilih Transaksi Lainnya.
  • Lalu, pilih menu Transfer.
  • Pilih ke Rek. Bank Mandiri.
  • Masukkan nomor rekening tujuan.
  • Masukkan nominal yang akan ditransfer.
  • Setelah itu, pada layar akan tampak layar konfirmasi yang berisi mengenai data penerima transfer beserta nominal. Apabila Anda telah memastikan bahwa data itu benar, pilih Benar.
  • Tunggu beberapa saat, proses transfer segera dilakukan.
  • Setelah transfer berhasil dilakukan, Anda bisa mengambil kartu ATM kembali.

Selesai melakukan transfer, pastikan kartu ATM sudah Anda ambil kembali, dan simpan di dalam dompet atau tempat yang aman. Apabila pada saat selesai transfer, dari mesin ATM tidak keluar kertas sebagai bukti transfer, maka kemungkinan pada saat itu kertas di dalam mesin sedang habis. Sebagai bukti transfer, Anda bisa mengeceknya melalui laporan mutasi, bisa minta ke bank atau mengeceknya melalui mobile banking.

[Update: Almas]

Baca juga  Biaya Transfer dan Administrasi BSI (Bank Syariah Indonesia)
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Update Limit Transfer Antar Bank Mandiri dengan Kartu Debit GPN"