Info Terbaru Biaya Konsultasi dan Biaya Berobat di Dokter Hewan

Memiliki hewan peliharaan kini menjadi salah satu hobi yang cukup menarik dan bahkan bisa sangat menghasilkan bila Anda termasuk orang yang terampil dan penyayang. Dengan mengembangbiakkan binatang-binatang lucu seperti kucing atau anjing, Anda bahkan bisa meraup uang hingga jutaan rupiah. Namun, sebelum berbicara keuntungan, Anda juga perlu memperhitungkan biaya perawatan hewan, termasuk berobat ke dokter hewan, yang ternyata cukup menguras kantong.

Ilustrasi: Prosedur Vaksin Kucing (credit: royalcanin)
Ilustrasi: Prosedur Vaksin Kucing (credit: royalcanin)

Manfaat Memelihara Hewan

Saat ini, semakin banyak masyarakat Indonesia yang memutuskan mengadopsi binatang peliharaan. Tidak hanya binatang seperti anjing, kucing, burung, atau ikan, tidak sedikit yang memelihara hewan semacam ular, buaya, hingga harimau. Bahkan, bisa dikatakan bahwa memelihara binatang sekarang bukan lagi sekadar hobi, melainkan sudah menjadi gaya hidup, terutama bagi masyarakat perkotaan.[1]

Bacaan Lainnya

Konon, memelihara binatang bukan cuma sebagai ekspresi kecintaan terhadap sesama makhluk hidup, melainkan juga dapat digunakan sebagai sarana relaksasi. Memiliki binatang peliharaan dikatakan dapat membuat kita menjadi lebih bahagia, berpenghasilan baik, dan lebih bugar. Bahkan, sebuah analisis mengatakan bahwa pemilik hewan biasanya akan lebih bahagia, lebih sering menghabiskan waktu bersama keluarga, dan cenderung menikmati pekerjaannya.[2]

Namun, layaknya manusia, segala hal yang berhubungan dengan keseharian binatang peliharaan, mulai dari makanan, kandang, grooming atau perawatan bulu, vitamin, hingga vaksinasi juga harus diperhatikan. Anda pun perlu menyisihkan anggaran khusus pengobatan hewan kesayangan Anda ke dokter hewan atau vet, sebab binatang peliharaan Anda tersebut bisa sewaktu-waktu mengalami sakit apalagi jika selama ini kurang dirawat.

Selain bermanfaat memberikan tindakan pengobatan atau perawatan khusus, berkunjung ke dokter hewan juga bisa sekaligus Anda manfaatkan untuk meminta saran terkait perawatan yang tepat bagi hewan peliharaan Anda. Jangan salah, kucing atau anjing jenis tertentu biasanya memiliki perawatan dan karakteristik yang berbeda antara satu dengan lainnya. Karena itu, kunjungan ke dokter hewan menjadi hal yang perlu dilakukan secara berkala.

Baca juga  Update Info Biaya Operasi Ganglion di Pergelangan Tangan

Mengenai tarif, dada dasarnya, tidak ada standar baku terkait tarif atau biaya berobat ke dokter hewan. Itulah alasannya, sebagian besar klinik hewan jarang memajang harga secara gamblang terkait segala layanan yang diberikan. Sebagai gambaran, berikut ini informasi biaya konsultasi dan berobat ke dokter hewan saat ini.

Ilustrasi: pemeriksaan dokter hewan
Ilustrasi: pemeriksaan dokter hewan

Tarif Berobat ke Dokter Hewan

Jenis Tindakan Kisaran Biaya
Rawat inap kucing Mulai dari Rp50 ribuan
Rawat inap anjing Rp60 ribuan – Rp100 ribuan, tergantung ukuran
Steril kucing Rp300 ribuan
Steril anjing Rp1,5 jutaan – Rp3,5 jutaan
Kebiri kucing Rp480 ribuan
Kateter kucing Rp900 ribuan, belum termasuk rawat inap
Melahirkan Rp540 ribuan
Vaksin kucing fello 3 (vaksin pertama) Rp190 ribuan
Vaksin kucing fello 4 (vaksin kedua) Rp170 ribuan
Suntik rabies kucing Rp120 ribuan
Suntik jamur kucing Rp120 ribuan
Grooming Rp80 ribuan sampai ratusan ribu rupiah
Konsultasi dokter Rp85 ribuan – Rp250 ribuan
Operasi caesar Rp3,4 juta (high class)
Operasi steril betina Rp3,1 juta (high class)
Suntik scabies Rp80 ribuan – Rp100 ribuan
Operasi hernia Rp800 ribuan
Visit dokter hewan (konsultasi & pemeriksaan) Rp140 ribuan per ekor
Ambulance (Vet Van) Rp20 ribuan per km
Pemeriksaan reproduksi (USG) Rp120 ribu/ekor
Diagnosa kebuntingan Rp75 ribu/ekor
Obat bius Rp50 ribu/ml
Bedah minor Rp350 ribu/ekor
Bedah mayor kucing Rp600 ribu/ekor
Bedah mayor anjing kecil Rp700 ribu/ekor
Bedah mayor anjing medium Rp1 juta/ekor
Bedah mayor anjing besar Rp1,5 juta/ekor

Informasi biaya atau tarif berobat di dokter hewan tersebut kami rangkum dari berbagai sumber. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, biayanya tidak banyak berubah. Namun, memperoleh informasi lebih detail, Anda bisa datang langsung ke dokter hewan terdekat di sekitar domisili Anda karena biayanya bisa berbeda.

Baca juga  Info Jenis dan Update Harga Makanan Kucing Di Indomaret & Alfamart

Apabila Anda ingin lebih hemat, tidak ada salahnya berkunjung ke Puskeswan atau Pusat Kesehatan Hewan. Biasanya sudah tersedia di masing-masing kota, bahkan kecamatan, ini adalah unit pelayanan kesehatan hewan terpadu yang melayani diagnosis penyakit, pengobatan, hingga penanganan masalah reproduksi dan kesehatan. Lalu, berapa biaya berobat di Puskeswan?

Biaya Berobat di Dokter Hewan - www.aaha.org
Biaya Berobat di Dokter Hewan – www.aaha.org

Tarif Puskeswan Banten

Jenis Layanan Tarif
Jasa Medik Rp50.000 per tindakan
Konsultasi Kesehatan Hewan Rp50.000 per konsultasi
Tindakan Jahit Luka Rp50.000 per tindakan
Tindakan Kateter Rp100.000 per tindakan
Tindakan Operasi Saluran Reproduksi Rp300.000 per tindakan
Tindakan Ovariohisektomi Rp250.000 per tindakan
Tindakan Operasi Saluran Pencernaan Rp300.000 per tindakan
Tindakan Operasi Fraktur Sederhana Rp350.000 per tindakan
Tindakan Operasi Mata Rp350.000 per tindakan
Tindakan Infus Rp50.000 per tindakan
Antibiotik Rp10.000 per dosis per ekor
Vitamin Rp10.000 per dosis per ekor
Anti Ektoparasit Rp20.000 per dosis per ekor
Anti Cacing Rp20.000 per dosis per ekor
Antihistamin Rp10.000 per dosis per ekor
Anti Radang Rp10.000 per dosis per ekor
Anti Muntah Rp10.000 per dosis per ekor
Anti Jamur Rp10.000 per dosis per ekor
Anti Dare Rp10.000 per dosis per ekor
Analgetik/Antipiretik Rp10.000 per dosis per ekor
Cairan Infus Rp20.000 per dosis per ekor
Cairan Bius Total Rp100.000 per dosis per ekor
Cairan Bius Lokal Rp25.000 per dosis per ekor
Vaksin Rabies Rp50.000 per dosis per ekor
Vaksin Tricat Rp180.000 per dosis per ekor
Vaksin Forcat Rp200.000 per dosis per ekor
Vaksin Pentadog Rp200.000 per dosis per ekor
Vaksin Hexadog Rp250.000 per dosis per ekor
Rawat Inap Kucing Rp35.000 per hari per ekor
Rawat Inap Anjing Berat 0 – 5 kg Rp35.000 per hari per ekor
Rawat Inap Anjing Berat 6 – 10 kg Rp50.000 per hari per ekor
Rawat Inap Anjing Berat 11 -20 kg Rp60.000 per hari per ekor
Rawat Inap Anjing Berat > 20 kg Rp75.000 per hari per ekor
Tindakan USG Rp50.000 per hari per ekor
Tindakan Kastrasi Rp250.000 per tindakan
Baca juga  Indikasi dan Update Harga Captopril (Tablet, Box, Strip)

Jika berobat ke dokter hewan atau Puskeswan Anda rasa masih mahal, Anda tidak perlu risau. Pasalnya, ada beberapa tips agar perawatan hewan menjadi lebih hemat. Dibandingkan mengunjungi dokter hewan yang telah berpengalaman, Anda bisa mencoba berkonsultasi atau mengobati hewan peliharaan ke dokter hewan magang. Tak perlu khawatir, biasanya seluruh tindakan yang diambil oleh dokter hewan magang ini telah diawasi oleh dokter hewan yang telah berpengalaman.

Cara kedua adalah dengan memperluas hubungan Anda dengan komunitas pencinta hewan tertentu. Jika Anda benar-benar tak memiliki biaya, tak ada salahnya meminta bantuan dari komunitas atau organisasi peduli hewan yang ada di sekitar Anda. Jika binatang yang Anda pelihara ternyata terserang penyakit akut seperti kanker, jantung, ginjal, atau sejenisnya, biasanya mereka bersedia mengadakan penggalangan dana untuk mengobati peliharaan Anda.

Yang terakhir, dibandingkan mengobati, tentu saja lebih baik melakukan pencegahan. Sebelum hewan Anda terserang penyakit yang aneh-aneh, tak ada salahnya jika Anda memberikan perawatan yang ekstra, mulai dari asupan nutrisi hariannya, menyempatkan berinteraksi dan mengajak hewan peliharaan untuk bermain, serta lakukanlah tindakan preventif seperti pemberian vaksinasi secara berkala, dan jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan alias check-up ke dokter hewan, paling tidak satu tahun sekali.

(Panca)

[1] Fitriani, Nurhamida. 2018. Program Aplikasi Penitipan Hewan Peliharaan Berbasis Web (Tugas Akhir). Program Studi Manajemen Informatika AMIK BSI Tasikmalaya.

[2] Saputra, Charistia Firenze Louis. 2016. Implementasi Konsep Wild into Coziness pada Perancangan Interior Dog Daycare Center di Surabaya. Jurnal Intra, Vol. 4(2): 423-434.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan ke Ayu Krisna Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

21 Komentar

  1. Kedokteran hewan ada karena kepedulian atas sesama makhluk dan upaya pelestarian dan pengelolalaan keseimbangan ekosistem dan kehidupan,akan tetapi manakala tidak diperhatikan mengenai tarif yang bersahabat bagi para pecinta hewan,maka upaya penting tersebut tidak menjadi efektif untuk berkembang.
    Saya yakin di bumi ini masih banyak manusia mengagumi kecantikan makhluk selain manusia,dan kaitannya dengan ekosistem menyeluruh,
    Untuk itulah saya menghimbau kepada semua praktisi kedokteran hewan untuk bisa mengupayakan jangkauan harga yang bisa terjangkau bagi masyarakat pecinta hewan yang kurang mampu,sehingga persahabatan antar makhluk bisa bersama mengelola bumi ini dengan keseimbangannya,dan bukan sebuah target peluang bisnis semata.
    Saya angkat topi bagi para pemerduli hewan lengkap dengan para ahli kesehatannya.
    Semoga saya pun bisa menikmati keindahan ini sekalipun harus mengeluarkan budget yang minimum untuk turut serta dalam pelestarian kehidupan.Jelas ketika pengendalian ekosistem dunia tidak terwakili oleh manusia,maka dunia ini akan dipenuhi oleh binatang.
    Salam sejahtera.

  2. Kok mahal? Gimana kalo kucingnya kucing kampung dan yg peliharanya jg orang miskin? Cuma bisa pasrah liat kucingnya sakit. Walau cuma flu doang 🙁

    1. mbak/mas ming ming, kalau memang peduli pasti ada jalannya, kucing kampung maupun kucing ras sama saja, sama-sama berharga 🙂 kalau memang tidak mampu untuk vaksin karena biayanya terlalu mahal, tidak apa asal kucingnya disayang. tapi ada jalan lain yaitu dengan mencari vaksinasi gratis/murah. bisa di search di google atau rajin-rajin cek komunitas pecinta satwa, biasanya suka ada yang kasih vaksinasi gratis atau lebih murah 🙂 saya dulu juga steril 3 kucing jantan saya lewat baksos yg diadain salah satu komunitas pecinta kucing dan harganya jauh lebih murah daripada di rs/klinik hewan. satu kucing jantan kampung dikenakan biaya 125rb dan mix/ras biayanya (seingat saya) 175rb, padahal kalau di drh bisa 300/400 ribu lebih per kucing (jantan). semoga bisa dapat vaksinasi ya kucingnya 🙂

    2. Iya nih, seiring dengan yang sedang kupikirkan. Dirumah ada kucing tp bukan piaraan, sikucing sudah dua bulan lebih menderita, seperti ada sesuatu yang menyangkut dalam tenggorokannya. tiap saat dia seperti batuk, seakan ingin mengeluarkan sesuatu dari tenggorokannya. badannya sekarang lebih kurus dari waktu sehatnya. lama lama aku tidak tega melihatnya, terbersit ingin memeriksakan ke drh. tp aku juga mikir, dari mana biayanya? Sedangkan gajiku sbg guru swasta hanya 300rb/bln. karena sakit itu kondisinya smakin melemah, sehingga dia selalu diserang oleh kucing yg lain, sehingga banyak luka di tubuhnya. Adakah yang sudi membantu? Andai aku berkelebihan harta……

    3. Asslmkm….sudah satu minggu saya mempunyai kucing persia himalaya d kasih temen,saya aneh kenapa kucing itu kurang lincah dan makannya kurang dia juga selalu bolak balik k tempat pup entah itu utk buang air ato pup….saya aneh kenapa tingkah laku kucingnya berbeda seperti layaknya kucing normal….pas saya periksa ternyata d bagian pnggir kucing ada benjolan kecil seukuran biji salak …duuh saya bingung itu apa,apa dia sakit ato apa.utk konsultasi k klinik hewan saya blm ada biaya karna harganya mahal, infonya ya teman kl ada yg pernah mengalami hal yg sama,apa yg harus saya lakuin…makasih

    4. Betul banget Ming Ming… g semua penyayang binatang yg peduli dgn kesehatan peliharannya itu orang2 berkantong tebal atau penjual binatang.
      Sy punya kucing persia pemberian seorang kawan saat ini sedang sakit. Bibirnya bengkak, kata drh kena virus. Tindakan dokter di suntik dan si beri resep sirup dan vet gel untuk di oles. Krn mahal vel gelbtidak sy tebus.
      Biaya periksa 70rb, suntik 30rb, antibiotik sirup 55rb. Mau g mau harus saya bayar. Ternyt sirup antibiotik anak yg harga aslinya hanya 24rb.
      Yg sy heran kenapa drh itu g ngasih sy pilihan untuk nebut obat di apotik saya ya? Atau semua dokter hewan mmg begitu?

  3. Waktu berteduh di parkiran supermarket saya menemukan kucing yang masih kecil mungkin umurnya sekitar 2bulan kurang, kucing itu kehujanan, kedinginan & kedua kaki belakangnya lumpuh, telinga kiri masih ada bekas luka, kedua kaki depannya memiliki bekas luka & dibagian perutnya juga ada luka, bayi kucing tersebut saat mengeong tidak mengeluarkan suara.
    Saya ingin membawanya ke Dokter hewan, tapi saat saya browsing ternyata harganya cukup tinggi lebih lagi jika dilihat dari kondisi kucing saya yang parah. Lebih lagi saya masih pelajar SMK & orang tua saya yang hanya memiliki pemasukan rendah.

    Jika ada yang memiliki solusi penyembuhan. Silahkan..

    1. Coba di-share ke komunitas² penyayang kucing di FB, Mbak…sertakan foto yg jelas dan kisah si kucing serta perkiraan biaya yg lengkap (klo udah sempat konsultasi dgn dokter). Klo memang rezeki, inshaaAllah ada aja para pecinta kucing yg sedang memiliki rezeki lebih mau membantu…yg penting amanah dan berikan update kondisi si kucing sesudah diperiksa/diobati. Mudah²an terketuk hati yg melihat, dan bagi Mbak dan orang² yg ikhlas menyayangi binatang akan selalu mendapat ganjaran pahala dan rezeki jg dr Yang Di Atas…semangat ya, Mbak…jgn putus asa…

  4. Assalamualaikum. Wr. Wb.. Sy mempunyai kucing kampung yg sedang sakit keras, rencananya esox sy ingin membawa ke klinik dokter hewan terdekat, tp melihat Harga nya sangat mahal gimana itu.. Sedangkan penghasilan sy past2 an, maklum tukang ojek.. Bagi dokter hewan yg sayang pd hewan terutama kucing kampung.. Harap dibantu kucing sy yg sedang sakit keras

  5. Saya adalah dokter hewan, membaca komen2 disini serasa miris… kebanyakan msh menggunakan istilah kucing “kampung”… kalau memang sayang n peduli gak akan ada istilah “kampung” atau “kucing kampung diobati kok mahal”
    sebagai informasi, obat2an, peralatan itu ada rupiah bahkan dolar yang harus dibayar oleh dokternya, ada ilmu dan kemampuan juga yg harus anda hargai. kami berupaya mendiagnosa dan memberikan terapi seoptimal mungkin demi keselamatan hewan kesayangan anda.
    untuk dokter hewan, pasiennya gak cuma 1, gak cuma hewannya tp juga ownernya bahkan keluarganya… secara psikologis mereka juga kami jaga. (hanya orang2 yg bener2 sayang hewan yg tau maksud kalimat ini).
    kalau soal biaya, jangan langsung putus asa bahkan “biarin aja deh samapai hewannya mati sendiri”… hello gimana kalo dibalik, anda sakit dan orang lain anggap anda orang “kampung” gak usah diobati, mahal… nanti juga mati sendiri… Naudzubilah… kita gak mau kan seperti itu. ingat hewan juga ada perasaan.
    soal biaya tadi, saya ada saran. jika memang anda kesulitan atau kekurangan atau alasan lain yg masuk akal… anda sampaikan diawal ketika konsultasi dg dokter hewan, sampaikan kesulitan anda. dokter akan membantu memberikan solusi, apakan bisa dengan pengurangan/diskon atau juga bisa dg dicicil.
    dokter hewan juga punya perasaan kok.
    kami belajar mati2an utk bisa berdiri tegak sebagai seorang dokter hewan, kami juga diasah perasaannya utk lebih sensitif.
    kalimat terakhir saya..
    TOLONG HARGAI PROFESI DOKTER HEWAN DAN LAYANAN MEDIS KAMI.
    kami sama seperti dokter manusia dan dokter gigi.
    pasien kami terdiri dari ratusan bahkan ribuan spesies dengan berbagai keragamannya.

    jika ada yg mau bertanya lebih lanjut silahkan hub saya via email.
    Insya Allah akan saya jawab

    1. Dok saya baru adopsi kucing persia medium usia 8minggu.
      Kucinya belekan,mencret trus muntah2 itu kenapa ya dok? Cara pengobatannya gimana ya dok?
      Terimakasih atas jawabannya

    2. Pqgi bu dokter,

      Membaca ulasan dokter, saya tertarik untuk coba diskusi dengan dokter.

      Boleh minta emailnya, dok..?
      Terima kasih

    3. Assalamualaikum dokter Dian. Boleh sy minta emailnya? Sy ingin konsultasikan kondisi kucing sy usia 3bln, kemarin habis ditabrak mobil tulang pahanya patah dan 2 tulangnya geser. Mohon pertolongannya dok 😭

  6. Kalau biaya pengobatan kucing kampung, yang abis kecelakaan gt… Berapa ya.. Kena bagian badan belakang, sampe ga mau makan kucing nya…

  7. Buat siapapun yg melihara binatang, mau seberat apapun biayanya untuk berobat yakin aja insyaallah bakal Allah permudah rezeki kita buat ngobatin mereka:) btw sedikit cerita kucing aku baru dilindes mobil kakinya, lalu kaki kucing ku patah tulang, dan aku udh ronsen dia kedokter dan udh keluar biaya 500.000. itu cuma sekedar ronsen gak ada dikasi obat apa², dan aku lagi usahain nyari pinjaman sana sini buat operasi dia, karna operasi dia makan biaya sampai 2juta lebih, dan harus rawat inap setelah operasi dan bakal makan biaya lagi:( sekarang kucingku masih aku rawat dirumah karna belum tau harus bayar gimana buat operasinya:( aku gak tau harus gimana, tapi aku cuma bisa ikhtiar dan berusaha sana sini minjam pinjaman buat nyembuhin kucing ku, karna aku bakal yakin Allah insyaallah bakal perlancar usahaku buat mengobati kucingku lagi, mohon doanya shbt² pecinta kucing:((((( semoga aku secepatnya bisa obatin dia untuk operasi dan dia bisa sembuh kembali, terimakasih:(((

  8. Kucing kampung yg saya pelihara sakit gigi, dan pas diliat gusinya bernanah dan ada darah. Mau cek dan berobat lihat biayanya mahal banget. Saya dan keluarga blm punya biaya, ga tega lihatnya gamau makan😢

  9. Saya mau tanya donk buat kucink kampung gmn y mata kucing ku keluar ga tau knp 3mggu sakit awalny sy kira hanya kena semut teryata pas diobatn mke obat tetes mata tambah paragh sy browsing banyak yg blngbitu katarak hrs di oprasi n pasti matany ilang sebelah sedih liatny di ksh mkn jg g mau

  10. Mengapa di dunia Hewan yg dibahas hanya anjing dan kucing ya padahal kelinci sdh byk diminati dan docter yg menangani kelinci sgt minim. Kasihan kita yg melihata kelinci dan tdk bisa ditanganin seprof utk aniing dan kucing. Jadi Pleaae saya harap ada Docter Hewa. Yg beraedia mempelajari Dunia kelinci