Update Biaya Konsultasi dan Pengobatan di Dokter Hewan

Memiliki peliharaan kini menjadi salah satu hobi yang cukup menarik dan bahkan bisa sangat menghasilkan bila Anda termasuk orang yang terampil dan penyayang. Dari mengembangbiakkan binatang-binatang lucu seperti kucing atau anjing, Anda bahkan bisa meraup uang hingga jutaan rupiah. Sangat menarik, bukan? Namun, jangan dulu berbicara keuntungan, pasalnya perawatan peliharaan sendiri memang cukup menguras kantong.

Ilustrasi: pemeriksaan dokter hewan

Ilustrasi: pemeriksaan hewan

Seperti layaknya manusia, segala hal yang berhubungan dengan keseharian binatang peliharaan, mulai dari makanan, kandang, grooming atau perawatan bulu, vitamin, hingga vaksinasi juga harus diperhatikan. Anda juga perlu menyisihkan anggaran khusus untuk hewan kesayangan Anda ke dokter hewan atau vet, sebab binatang peliharaan Anda tersebut bisa sewaktu-waktu mengalami sakit apalagi jika selama ini kurang dirawat.

Selain bermanfaat untuk memberikan tindakan pengobatan atau perawatan khusus, berkunjung ke dokter hewan juga bisa sekaligus Anda manfaatkan untuk meminta saran terkait perawatan yang tepat bagi hewan peliharaan Anda. Jangan salah, kucing atau anjing tertentu biasanya memiliki perawatan dan karakteristik yang berbeda antara satu dengan lainnya. Karena itu, kunjungan ke dokter hewan menjadi hal yang perlu dilakukan secara berkala.

Pada dasarnya, tak ada standar baku terkait tarif atau biaya berobat ke dokter hewan. Itulah alasannya, sebagian besar hewan jarang memajang harga secara gamblang terkait segala layanan yang diberikan. Sebagai gambaran, berikut ini informasi biaya konsultasi dan berobat ke dokter hewan.

Tarif Berobat ke Dokter Hewan

Jenis TindakanKisaran Biaya
Rawat inap kucingMulai dari Rp50 ribuan
Rawat inap untuk anjingRp60 ribuan – Rp100 ribuan, tergantung ukuran
Steril kucingRp600 ribuan
Steril anjingRp1,5 jutaan – Rp3,5 jutaan
Kebiri kucingRp480 ribuan
Cateter kucingRp900 ribuan, belum termasuk rawat inap
MelahirkanRp540 ribuan
Vaksin kucing fello 3 (vaksin pertama)Rp190 ribuan
Vaksin kucing fello 4 (vaksin kedua)Rp170 ribuan
Suntik rabies kucingRp120 ribuan
Suntik jamur kucingRp120 ribuan
GroomingRp80 ribuan sampai ratusan ribu rupiah
Konsultasi dokterRp85 ribuan – Rp250 ribuan
Operasi caesarRp3,4 juta (high class)
Operasi steril untuk betinaRp3,1 juta (high class)
Suntik scabiesRp80 ribuan – Rp100 ribuan
Operasi herniaRp800 ribuan
Visit dokter hewan (konsultasi & pemeriksaan)Rp140 ribuan per ekor
Ambulance (Vet Van)Rp20 ribuan per km
Pemeriksaan reproduksi (USG)Rp120 ribu/ekor
Diagnosa kebuntinganRp75 ribu/ekor
biusRp50 ribu/ml
Bedah minorRp350 ribu/ekor
Bedah mayor kucingRp600 ribu/ekor
Bedah mayor anjing kecilRp700 ribu/ekor
Bedah mayor anjing mediumRp1 juta/ekor
Bedah mayor anjing besarRp1,5 juta/ekor
Ilustrasi: pemeriksaan dokter hewan

Ilustrasi: pemeriksaan dokter hewan

Biaya Vaksin Kucing

UmurNama VaksinHarga
8 – 10 mingguTricat untuk Feline PanleucopeniaRp100 ribuan – Rp250 ribuan (merek murah)
Tricat untuk Feline RhinotracheitisRp200 ribuan (merk yang lebih mahal)
Tetracat untuk Feline PanleucopeniaRp170 ribuan – Rp200 ribuan
12 – 14 mingguTricat untuk Feline PanleucopeniaRp80 ribuan – Rp150 ribuan (merek murah)
Tricat untuk Feline RhinotracheitisRp200 ribuan (merk yang lebih mahal)
Tetracat untuk Feline PanleucopeniaRp170 ribuan – Rp200 ribuan
6 bulan (yang belum pernah divaksin)Tricat untuk Feline PanleucopeniaRp80 ribuan – Rp150 ribuan (merek murah)
Tricat untuk Feline RhinotracheitisRp200 ribuan (merk yang lebih mahal)
Tetracat untuk Feline PanleucopeniaRp170 ribuan – Rp200 ribuan

Biaya Vaksin Anjing

Jenis VaksinBiaya
Vaksin DP untuk Distemper dan ParvovirusRp200 ribuan
Vaksin PiBr untuk Parainfluenza dan BordetellaRp150 ribuan
Vaksin DHLPI untuk Distemper, Hepatitis, Leptospirosis, Parvovirus, dan Rabies 2Rp225 ribuan
Vaksin DHLPII + R untuk Distemper, Hepatitis, Leptospirosis, Parvovirus, dan RabiesRp250 ribuan
Vaksin rabiesRp100 ribuan
Biaya Konsultasi ke Dokter Hewan - rugbyvet.com

Biaya Konsultasi ke Dokter Hewan - rugbyvet.com

Perlu diperhatikan bahwa tarif berkonsultasi ke dokter hewan beserta segala tindakan, obat-obatan, maupun vaksin untuk binatang kesayangan Anda bisa berbeda-beda di setiap , tergantung di klinik atau dokter hewan mana Anda memeriksakan peliharaan Anda. Namun, jangan berkecil hati, jika Anda termasuk seseorang yang anggarannya kecil, Anda masih bisa menemukan beberapa dokter hewan yang tidak menarik biaya konsultasi sama sekali, alias gratis.

Selain itu, ada beberapa tips dan trik agar perawatan binatang peliharaan Anda bisa lebih hemat. Dibandingkan mengunjungi dokter hewan yang telah berpengalaman, Anda bisa mencoba berkonsultasi atau mengobati hewan peliharaan ke dokter hewan magang. Seperti yang sudah banyak diketahui, dokter hewan magang biasanya harus menyelesaikan jam praktik tertentu agar memperoleh gelar sebagai praktisi. Tak perlu khawatir, biasanya seluruh tindakan yang diambil oleh dokter hewan magang ini telah diawasi oleh dokter hewan yang telah berpengalaman.

Cara kedua adalah dengan memperluas hubungan Anda dengan komunitas pencinta hewan tertentu. Jika Anda benar-benar tak memiliki biaya, tak ada salahnya untuk meminta bantuan dari komunitas atau organisasi peduli hewan yang ada di sekitar Anda. Jika binatang yang Anda pelihara ternyata terserang akut seperti kanker, jantung, ginjal, atau sejenisnya, biasanya mereka bersedia mengadakan penggalangan dana untuk mengobati peliharaan Anda.

Yang terakhir, dibandingkan mengobati, tentu saja lebih baik melakukan pencegahan. Sebelum hewan Anda terserang penyakit yang aneh-aneh, tak ada salahnya jika Anda memberikan perawatan yang ekstra, mulai dari asupan nutrisi hariannya, menyempatkan untuk berinteraksi dan mengajak hewan peliharaan untuk bermain, serta lakukanlah tindakan preventif seperti pemberian vaksinasi secara berkala, dan jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan alias check up ke dokter hewan, paling tidak satu tahun sekali. Melakukan steril pada hewan peliharaan kabarnya juga bisa mengurangi risiko terjangkitnya penyakit.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Harga Symbicort 60, 80, 120 dan Cara Penyajiannya
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.
  1. author

    Ahmad Robani4 tahun ago

    Kedokteran hewan ada karena kepedulian atas sesama makhluk dan upaya pelestarian dan pengelolalaan keseimbangan ekosistem dan kehidupan,akan tetapi manakala tidak diperhatikan mengenai tarif yang bersahabat bagi para pecinta hewan,maka upaya penting tersebut tidak menjadi efektif untuk berkembang.
    Saya yakin di bumi ini masih banyak manusia mengagumi kecantikan makhluk selain manusia,dan kaitannya dengan ekosistem menyeluruh,
    Untuk itulah saya menghimbau kepada semua praktisi kedokteran hewan untuk bisa mengupayakan jangkauan harga yang bisa terjangkau bagi masyarakat pecinta hewan yang kurang mampu,sehingga persahabatan antar makhluk bisa bersama mengelola bumi ini dengan keseimbangannya,dan bukan sebuah target peluang bisnis semata.
    Saya angkat topi bagi para pemerduli hewan lengkap dengan para ahli kesehatannya.
    Semoga saya pun bisa menikmati keindahan ini sekalipun harus mengeluarkan budget yang minimum untuk turut serta dalam pelestarian kehidupan.Jelas ketika pengendalian ekosistem dunia tidak terwakili oleh manusia,maka dunia ini akan dipenuhi oleh binatang.
    Salam sejahtera.

    Reply
  2. author

    Ming ming4 tahun ago

    Kok mahal? Gimana kalo kucingnya kucing kampung dan yg peliharanya jg orang miskin? Cuma bisa pasrah liat kucingnya sakit. Walau cuma flu doang 🙁

    Reply
    • author

      clover4 tahun ago

      mbak/mas ming ming, kalau memang peduli pasti ada jalannya, kucing kampung maupun kucing ras sama saja, sama-sama berharga 🙂 kalau memang tidak mampu untuk vaksin karena biayanya terlalu mahal, tidak apa asal kucingnya disayang. tapi ada jalan lain yaitu dengan mencari vaksinasi gratis/murah. bisa di search di google atau rajin-rajin cek komunitas pecinta satwa, biasanya suka ada yang kasih vaksinasi gratis atau lebih murah 🙂 saya dulu juga steril 3 kucing jantan saya lewat baksos yg diadain salah satu komunitas pecinta kucing dan harganya jauh lebih murah daripada di rs/klinik hewan. satu kucing jantan kampung dikenakan biaya 125rb dan mix/ras biayanya (seingat saya) 175rb, padahal kalau di drh bisa 300/400 ribu lebih per kucing (jantan). semoga bisa dapat vaksinasi ya kucingnya 🙂

    • author

      Nurul3 tahun ago

      Iya nih, seiring dengan yang sedang kupikirkan. Dirumah ada kucing tp bukan piaraan, sikucing sudah dua bulan lebih menderita, seperti ada sesuatu yang menyangkut dalam tenggorokannya. tiap saat dia seperti batuk, seakan ingin mengeluarkan sesuatu dari tenggorokannya. badannya sekarang lebih kurus dari waktu sehatnya. lama lama aku tidak tega melihatnya, terbersit ingin memeriksakan ke drh. tp aku juga mikir, dari mana biayanya? Sedangkan gajiku sbg guru swasta hanya 300rb/bln. karena sakit itu kondisinya smakin melemah, sehingga dia selalu diserang oleh kucing yg lain, sehingga banyak luka di tubuhnya. Adakah yang sudi membantu? Andai aku berkelebihan harta……

    • author

      Agvia3 tahun ago

      Asslmkm….sudah satu minggu saya mempunyai kucing persia himalaya d kasih temen,saya aneh kenapa kucing itu kurang lincah dan makannya kurang dia juga selalu bolak balik k tempat pup entah itu utk buang air ato pup….saya aneh kenapa tingkah laku kucingnya berbeda seperti layaknya kucing normal….pas saya periksa ternyata d bagian pnggir kucing ada benjolan kecil seukuran biji salak …duuh saya bingung itu apa,apa dia sakit ato apa.utk konsultasi k klinik hewan saya blm ada biaya karna harganya mahal, infonya ya teman kl ada yg pernah mengalami hal yg sama,apa yg harus saya lakuin…makasih

    • author

      redaktur3 tahun ago

      Mungkin ada yang bisa bantu jawab….

  3. author

    Ayu Krisna3 tahun ago

    Waktu berteduh di parkiran supermarket saya menemukan kucing yang masih kecil mungkin umurnya sekitar 2bulan kurang, kucing itu kehujanan, kedinginan & kedua kaki belakangnya lumpuh, telinga kiri masih ada bekas luka, kedua kaki depannya memiliki bekas luka & dibagian perutnya juga ada luka, bayi kucing tersebut saat mengeong tidak mengeluarkan suara.
    Saya ingin membawanya ke Dokter hewan, tapi saat saya browsing ternyata harganya cukup tinggi lebih lagi jika dilihat dari kondisi kucing saya yang parah. Lebih lagi saya masih pelajar SMK & orang tua saya yang hanya memiliki pemasukan rendah.

    Jika ada yang memiliki solusi penyembuhan. Silahkan..

    Reply
    • author

      Lydia3 tahun ago

      Coba di-share ke komunitas² penyayang kucing di FB, Mbak…sertakan foto yg jelas dan kisah si kucing serta perkiraan biaya yg lengkap (klo udah sempat konsultasi dgn dokter). Klo memang rezeki, inshaaAllah ada aja para pecinta kucing yg sedang memiliki rezeki lebih mau membantu…yg penting amanah dan berikan update kondisi si kucing sesudah diperiksa/diobati. Mudah²an terketuk hati yg melihat, dan bagi Mbak dan orang² yg ikhlas menyayangi binatang akan selalu mendapat ganjaran pahala dan rezeki jg dr Yang Di Atas…semangat ya, Mbak…jgn putus asa…

  4. author

    Dede aradea2 tahun ago

    Assalamualaikum. Wr. Wb.. Sy mempunyai kucing kampung yg sedang sakit keras, rencananya esox sy ingin membawa ke klinik dokter hewan terdekat, tp melihat Harga nya sangat mahal gimana itu.. Sedangkan penghasilan sy past2 an, maklum tukang ojek.. Bagi dokter hewan yg sayang pd hewan terutama kucing kampung.. Harap dibantu kucing sy yg sedang sakit keras

    Reply
  5. author

    drh Dian Ayu Kartika Sari,M.Vet3 minggu ago

    Saya adalah dokter hewan, membaca komen2 disini serasa miris… kebanyakan msh menggunakan istilah kucing “kampung”… kalau memang sayang n peduli gak akan ada istilah “kampung” atau “kucing kampung diobati kok mahal”
    sebagai informasi, obat2an, peralatan itu ada rupiah bahkan dolar yang harus dibayar oleh dokternya, ada ilmu dan kemampuan juga yg harus anda hargai. kami berupaya mendiagnosa dan memberikan terapi seoptimal mungkin demi keselamatan hewan kesayangan anda.
    untuk dokter hewan, pasiennya gak cuma 1, gak cuma hewannya tp juga ownernya bahkan keluarganya… secara psikologis mereka juga kami jaga. (hanya orang2 yg bener2 sayang hewan yg tau maksud kalimat ini).
    kalau soal biaya, jangan langsung putus asa bahkan “biarin aja deh samapai hewannya mati sendiri”… hello gimana kalo dibalik, anda sakit dan orang lain anggap anda orang “kampung” gak usah diobati, mahal… nanti juga mati sendiri… Naudzubilah… kita gak mau kan seperti itu. ingat hewan juga ada perasaan.
    soal biaya tadi, saya ada saran. jika memang anda kesulitan atau kekurangan atau alasan lain yg masuk akal… anda sampaikan diawal ketika konsultasi dg dokter hewan, sampaikan kesulitan anda. dokter akan membantu memberikan solusi, apakan bisa dengan pengurangan/diskon atau juga bisa dg dicicil.
    dokter hewan juga punya perasaan kok.
    kami belajar mati2an utk bisa berdiri tegak sebagai seorang dokter hewan, kami juga diasah perasaannya utk lebih sensitif.
    kalimat terakhir saya..
    TOLONG HARGAI PROFESI DOKTER HEWAN DAN LAYANAN MEDIS KAMI.
    kami sama seperti dokter manusia dan dokter gigi.
    pasien kami terdiri dari ratusan bahkan ribuan spesies dengan berbagai keragamannya.

    jika ada yg mau bertanya lebih lanjut silahkan hub saya via email.
    Insya Allah akan saya jawab

    Reply
    • author

      Azka almahbubi5 hari ago

      Dok saya baru adopsi kucing persia medium usia 8minggu.
      Kucinya belekan,mencret trus muntah2 itu kenapa ya dok? Cara pengobatannya gimana ya dok?
      Terimakasih atas jawabannya

Leave a reply "Update Biaya Konsultasi dan Pengobatan di Dokter Hewan"