Berapa Tarif Terbaru Layanan Video Call LINE?

No comment7373 views

Jika Anda merupakan pengguna dan rajin bergiat dengan media , pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi LINE. LINE merupakan sebuah aplikasi pengirim pesan instan gratis yang dapat digunakan pada berbagai platform seperti telepon cerdas, tablet, dan . LINE difungsikan dengan menggunakan jaringan sehingga pengguna LINE dapat melakukan aktivitas seperti mengirim pesan teks, mengirim gambar, video, pesan suara, dan lain-lain. LINE disebut sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlaris kurang lebih di 42 negara.

Ilustrasi: telepon video dengan aplikasi Line (sumber: bacancytechnology.com)

Ilustrasi: telepon video dengan aplikasi Line (sumber: bacancytechnology.com)

LINE dikembangkan oleh perusahaan asal Jepang bernama NHN Corporation. LINE pertama kali dirilis pada Juni 2011 dan mulanya hanya dapat digunakan pada sistem iOS dan Android. Setelah sukses pada kedua sistem tersebut, LINE masuk dalam sistem operasi besutan BlackBerry. Lalu, pada tahun 2012, LINE resmi meluncurkan aplikasi yang dapat digunakan pada perangkat Mac dan Windows. 

Kesuksesan LINE sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlihat dari pengguna yang mencapai 101 juta di 230 negara di dunia. LINE menduduki posisi pertama dalam kategori aplikasi gratis di 42 negara, di antaranya Jepang, Taiwan, Spanyol, Rusia, Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia, Macau, Swiss, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan lain-lain. 

Untuk bisa menggunakan LINE, Anda harus melewati beberapa tahapan sebagai berikut:

  • Download aplikasi dari situs resmi LINE atau melalui application store pada masing-masing platform seperti BlackBerry App World, Google Play, Apple Store, atau Windows Marketplace.
  • Instal aplikasi yang telah di-download.
  • Setelah instalasi, untuk kode aktivasi ID LINE Anda, akan dikirim melalui nomor ponsel Anda.
  • Selanjutnya, kode aktivasi dapat Anda masukkan ke dalam kolom yang tersedia untuk aktivasi LINE.
  • LINE segera aktif dan mendata kontak di phonebook Anda yang menggunakan aplikasi LINE dan sekaligus menjadi teman Anda.
  • Untuk memulai chat dengan teman Anda, klik pada nama di tab friends Anda.
  • Anda dapat melakukan pengaturan LINE tab, setting sesuai dengan keinginan Anda mulai dari notifikasi, ukuran font, hingga profil Anda. Pengaturan ini sendiri terdiri dari dua, yaitu Basic Setting dan Privacy Setting.
  • Anda dapat mencari teman dengan menggunakan QR code atau dengan menggunakan nama ID pengguna.

Untuk menjaring lebih banyak konsumen, LINE menghadirkan berbagai dan yang menari, salah satunya stiker dan emoticon. Dengan lebih dari 10 ribu stiker dan emoticon, pengguna dapat mengekspresikan suasana hati dan kejadian sehari-hari. Stiker dan emoticon ini bisa diperoleh dari toko stiker LINE. 

Di samping itu, LINE juga menyediakan fitur agar pengguna bisa berbincang-bincang dengan keluarga atau kerabat di lokasi yang jauh sambil melihat wajah orang yang diajak berbincang. Untuk bisa melakukan ini, Anda harus memiliki aplikasi LINE di smartphone Anda dan update ke versi terbaru. Kemudian, tambahkan teman Anda ke kontak LINE melalui id LINE atau nomor ponsel, dan buka akun teman LINE Anda. Setelah itu, pilih menu option pada tombol smartphone, maka akan muncul menu pilihan di atasnya, dan silakan pilih Video. Terakhir, tunggu teman Anda menerima panggilan video Anda. 

Video call grup (youtube: LINE Indonesia)

Video call grup (youtube: LINE Indonesia)

Lalu, berapa atau yang dikenakan untuk melakukan video call dengan LINE? video call dengan LINE adalah Rp 0 atau gratis antar-pengguna berbasis VoiP (Voice Internet Protocol). Untuk video call berdurasi sekitar 30 menit, pemakaian internet sekitar 10 MB. Namun, lancar atau tidaknya video yang muncul sangat tergantung dengan kestabilan sinyal penghubung dan penerima video call. Diperlukan sinyal minimal 3G atau HSDPA agar dapat melakukan video call dengan lancar. 

Walaupun gratis, tetapi melakukan panggilan video atau video call mungkin saja bisa menghabiskan data internet. Selain itu, fitur video call juga dinilai kerap bermasalah pada panggilan yang gagal (drop call) dan kualitas suara yang buruk.

Menanggapi hal tersebut, LINE Indonesia mengaku bahwa pihaknya menerapkan trik tersendiri agar pengguna tidak perlu khawatir kuota cepat habis dan kualitas suara serta video tetap bagus. 

Menurut Global Engineer LINE Indonesia, Matthew Tanudjaja pihaknya menggunakan topologi pengembangan komunikasi yang tidak menghabiskan kuota internet, namun memberikan kualitas suara dan video yang berkualitas.

Teknologi yang digunakan adalah Centralised Server Dedicated. Teknologi tersebut dinilai mampu mengatasi kendala kualitas suara akibat echo dan noise. Berbeda dengan dua tipologi lainnya yakni full mesh dan end-system mesh yang masih terkendala pada kualitas audio dan video yang belum stabil. Selain menawarkan audio dan video yang lebih baik, teknologi tersebut juga bisa menekan drop call karena transmisi data yang lebih kecil.

Teknologi Centralised Server Dedicated akan menghubungkan perangkat ke semua server, sehingga server yang akan bertanggung jawab mengantarkan data atau video ke masing-masing klien. Setelah melalui tiga tahapan dengan meredam echo, noise dan menstabilkan volume suara untuk menghasilkan suara berkualitas premium.

Sedangkan untuk mengatasi penggunaan data internet, Matthew menjelaskan bahwa pihaknya telah menggunakan pendekatan multi layer video stream. Pendekatan ini membuat kualitas video menyesuaikan dengan resolusi layar.

Meskipun mampu mengatasi permasalahan yang kerap dihadapi pengguna saat melakukan panggilan video, namun model ini juga memiliki kelemahan. Salah satunya adalah trafik data di server menjadi tinggi. 

Meski begitu, dua metode lainnya mengharuskan video yang dikirim pengguna ke server harus melalui proses pengecilan atau perbesar sehingga bisa memicu delay dan dianggap tidak efektif.

LINE menekankan adopsi teknologi tersebut bertujuan untuk memberikan pengalaman panggilan video call grup sehingga lebih hemat data. Hal itu mengingat server hanya cukup mengirim satu kali suara dan video hingga ke 199 anggota grup.

[Update: Galih Conainthata]

Baca juga  Update Terlengkap Harga Paket Internet simPATI
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Berapa Tarif Terbaru Layanan Video Call LINE?"