Update Tarif Taksi dari Bandara Adisucipto ke Magelang

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Bandara Adisucipto. Ini adalah salah satu bandara di Jogja yang selalu ramai pengunjung karena biasa digunakan untuk transit. Kebanyakan wisatawan menggunakan bandara tersebut untuk melanjutkan perjalanan ke berbagai spot populer, termasuk ke Candi Borobudur di Magelang. Untuk menuju Magelang dari Bandara Adisucipto, Anda bisa menumpang dengan lumayan terjangkau.

harga, tarif, biaya, taksi, dari, airport, bandara, adisutjipto, adisucipto, adi sucipto, sutjipto, ke, magelang, rajawali, online, grab, gojek, gocar, 2018, solo, transportasi, malioboro, wisata, 2017, jarak, ugm, stasiun, yogyakarta, jogja

Area pengantaran penumpang di Bandara Adisucipto (sumber: netz.co.id)

Fasilitas Taksi di Bandara Adisucipto

Bandara di Kota Gudeg tersebut selalu dijadikan tempat transit, bagi pengunjung yang ingin melanjutkan perjalanan selain ke Kota Yogyakarta, termasuk ke Magelang untuk berwisata ke Candi Borobudur. Di Kota Magelang, Anda tidak hanya akan menemui wisata seperti Candi Borobudur, tetapi juga tempat wisata lain yang populer seperti Punthuk Setumbu, Gereja Ayam, Rumah Kamera, Ketep Pass, Taman Kyai Langgeng, dan lainnya.

Dikarenakan menjadi salah satu sarana umum, Bandara Adisucipto sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung. Hal tersebut ditujukan untuk memberikan kenyamanan pengunjung yang lalu-lalang di bandara. Sarana pendukung tersebut berupa toilet bersih, tempat beribadah, tempat mengisi baterai (charging), tempat beribadah, tempat menunggu, rumah makan atau restoran, dan tentu saja sarana transportasi.

Alat transportasi paling umum dan mudah dijumpai di sekitar bandara adalah taksi. Untuk taksi ‘resmi’ Bandara Adisucipto adalah Taksi Rajawali, yang dikelola oleh Koperasi Angkatan Udara. Taksi ini beroperasi mengikuti operasional bandara, antara pukul 06.00 WIB s/d penerbangan selesai. Untuk menempuh perjalanan ke Magelang menggunakan taksi tidaklah sulit. Anda bisa langsung menemui sejumlah petugas berseragam di bagian pintu keluar Bandara Adisucipto. Petugas tersebut juga berjaga dari tempat pengambilan bagasi hingga pintu keluar di terminal kedatangan. Penumpang yang mencari taksi akan diarahkan petugas ke loket tiket taksi yang tersedia di sejumlah lokasi.

Melangkah masuk ke dalam mobil taksi, Anda akan disambut hangat oleh driver taksi. Mereka juga tidak segan membantu Anda membawa barang bawaan ke dalam bagasi sebelum berangkat. Taksi Rajawali memiliki fasilitas lengkap dan standar keamanan yang tinggi. Setiap mobil sudah dilengkapi dengan AC, pengharum mobil, tisu, radio, dan kursi yang nyaman serta empuk. Untuk keamanan, Anda bisa menggunakan seat belt yang telah disediakan. Setelah sampai di tempat tujuan, tak lupa driver akan membantu Anda menurunkan barang bawaan dari bagasi. Sehingga, Anda tidak perlu lelah atau kerepotan.

Selain itu, pihak taksi di Bandara Adi Sucipto juga menyediakan sarana pembersih seperti handsanitizer yang bisa Anda pakai dengan gratis.Produk seperti ini dipakai untuk membersihkan tangan Anda yang baru saja dari perjalanan jauh, sehingga Anda tetap bersih selama berkendara.

Ilustrasi: taksi bandara (sumber: asatu.id)

Ilustrasi: taksi bandara (sumber: asatu.id)

Kisaran Tarif Taksi dari Bandara Adisucipto ke Magelang

Berdasarkan informasi saat ini, Taksi Rajawali tidak menerapkan tarif berdasarkan argo. Setiap penumpang akan ditanya tujuan dan petugas menentukan tarif taksi sesuai negosiasi. Untuk tujuan dalam Kota Magelang dari Bandara Adisucipto, driver biasanya menarik tarif berkisar antara Rp145 ribu hingga Rp200 ribuan. Sementara, untuk tujuan luar kota lainnya, tarif bisa dipatok antara Rp96 ribu hingga Rp4,5 juta, atau lebih. Besarnya tarif tersebut juga bergantung dengan negosiasi antara penumpang dan petugas.

Selain Taksi Rajawali, Anda juga bisa memesan taksi online. Hanya saja, untuk memesan taksi online, Anda hanya diperbolehkan dijemput di area tertentu, atau dengan kata lain driver taksi online tidak boleh melanggar adanya batasan atau daerah berzona merah yang telah ditetapkan. Zona merah dan lokasi penjemputannya ada di depan Kantor Imigrasi.

Mengenai tarif, Dinas Perhubungan DIY telah membuat tarif batas bawah dan atas taksi online dan tarif taksi regular. Besaran tarif batas bawah dan batas atas taksi online dan regular, yaitu Rp9.000 dan Rp12.000 per kilometer. Tarif atas dan bawah di Jogja berbeda dengan di Magelang. Di Magelang yang termasuk wilayah Jawa non Jabodetabek ini, dikenakan tarif batas bawah Rp1.850 per kilometer dan batas atas Rp2.300 per kilometer, dengan tarif minimal per empat kilometer pertama Rp7.000 hingga Rp10.000.

Meskipun tarif batas bawah dan atas sama, di lapangan, harga tarif taksi online bisa saja tetap lebih rendah dibandingkan taksi reguler. Hal tersebut disebabkan adanya tiga komponen perhitungan tarif taksi regular yang tidak termasuk dalam hitungan tarif taksi online, yaitu tarif buka tutup pintu, tarif tunggu/berhenti, dan tarif minimum untuk jarak dekat. Misalnya, untuk menempuh perjalan pendek sepanjang Jalan Malioboro, jika taksi regular punya tarif dasar untuk jarak pendek Rp45 ribu, maka taksi online bisa di bawah tarif dasar. Hal tersebut dikarenakan taksi online tidak memasukkan tarif minimum jarak pendek.

Ilustrasi: armada taksi (sumber: hurriyet.com.tr)

Ilustrasi: armada taksi (sumber: hurriyet.com.tr)

Sementara itu, pada taksi regular, selain tarif batas bawah dan atas, dikenakan pula tarif tunggu yang hitungannya Rp500 per 30 detik. Taksi regular juga memiliki hitungan tarif per kilometer (km) sekitar Rp5.000. Jika dibandingkan dengan harga perjalanan taksi reguler per kilometer pada tahun sebelumnya, ongkos taksi per kilometer saat ini masih sama. Meskipun begitu, ada tambahan biaya untuk tarif buka pintu sebesar Rp6.650.

Jika dilihat dari tarif taksi per kilometernya (km), Anda dapat menghitung ongkos naik taksi apabila hendak pergi menuju Magelang dari Bandara Adisutjipto, Yogyakarta. Jadi, perkiraan ongkosnya sekitar Rp200.000. Perkiraan ini didapatkan dari perhitungan tarif per kilometer dikalikan jarak dari bandara ke Kota Magelang (4.000 x 48,2 km).

Alternatif transportasi selain menggunakan taksi, telah disediakan bus Damri yang siap mengantar Anda ke Borobudur, Magelang, Secang, Temanggung, Purworejo, Kebumen, dan Wonosari. Bus tersebut berlokasi di STH-009, dengan jam operasional 06.00 WIB-21.00 WIB. Anda bisa meneleponnya di 0274-375839, atau menghubungi melalui email di [email protected]@gmail.com. Untuk keterangan lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi website resminya di alamat www.damri.co.id. Sementara, untuk Anda yang mungkin lebih menyukai melanjutkan perjalanan ke Magelang dengan transportasi seperti mengendarai kendaraan pribadi, dapat menyewa mobil pribadi (rental car).

[Update: Almas]

Baca juga  Update Tarif Taksi Citra Malang (Reguler & Premium) 
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Update Tarif Taksi dari Bandara Adisucipto ke Magelang"