Info Lengkap Biaya Pembuatan, Perpanjangan, dan Administrasi SIM B

atau Surat Izin Mengemudi adalah salah satu penting yang wajib dimiliki jika Anda ingin mengemudikan kendaraan bermotor di Indonesia. diberikan oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, jasmani dan rohani, memahami aturan lalu lintas, dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor.

Biaya SIM B - samsattuban.info

SIM B - samsattuban.info

Di Indonesia, ada dua Surat Izin Mengemudi, yaitu SIM Kendaraan Bermotor Perseorangan dan SIM Kendaraan Bermotor Umum. Untuk SIM Kendaraan Bermotor Perseorangan, dibagi menjadi 5 golongan, yaitu SIM A, SIM B1, SIM B2, SIM C, dan SIM D.

SIM A ditujukan untuk mengemudikan penumpang dan barang dengan jumlah yang diperbolehkan tidak melebihi 3.500 kg. Sementara, SIM B1 untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kg. Adapun SIM B2, untuk mengemudikan kendaraan berat, kendaraan penarik, atau kendaraan bermotor dengan menarik kereta tempelan atau gandengan perseorangan dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1.000 kg.

Baca juga  Info Seputar Dumbell Serta Harga Di Gramedia Dan Ace

Untuk SIM C, ini adalah SIM untuk mengemudikan kendaraan bermotor roda dua yang dirancang dengan kecepatan lebih dari 40 km per jam. Dan, SIM D untuk mengemudikan kendaraan khusus bagi penyandang disabilitas atau memiliki kebutuhan khusus.

Sementara, SIM Umum dibagi menjadi 3 golongan, yaitu:

  • SIM A Umum, untuk mengemudikan mobil umum dan barang dengan jumlah berat yang diperbolehkan tidak melebihi 3.500 kg.
  • SIM B1 Umum, untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang umum dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kg.
  • SIM B2 Umum, untuk mengemudikan kendaraan penarik atau kendaraan bermotor dengan menarik kereta tempelan atau gandengan dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1.000 kg.

Untuk bisa mendapatkan SIM, seseorang harus memenuhi berbagai persyaratan, seperti usia minimal 17 tahun, memiliki KTP, mengisi formulir permohonan, sehat jasmani dan rohani, serta lulus ujian teori, praktik, dan/atau ujian keterampilan melalui simulator. Khusus untuk pembuatan SIM B1 dan B2, ada beberapa syarat tambahan, yaitu:

Baca juga  Budidaya Ikan Mas dan Harga 1 Kg di Pasaran
  • Untuk membuat SIM B1, harus memiliki SIM A sekurang-kurangnya 12 bulan.
  • Untuk membuat SIM B2, harus memiliki SIM B1 sekurang-kurangnya 12 bulan.
  • Membayar biaya pembuatan SIM baru.

Lalu, berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat SIM B baru? Berikut informasi terkini biaya pembuatan dan perpanjangan SIM B.

Jenis SIM BBiaya Pembuatan BaruBiaya Perpanjangan
SIM B1Rp120.000Rp80.000
SIM B2Rp120.000Rp80.000

Selain itu, ada biaya tambahan yang berupa biaya asuransi sebesar Rp30.000. Sementara, biaya untuk Surat Keterangan Uji Klinik Pengemudi (SKUKP) untuk SIM B1 dan SIM B2 (dan juga SIM Umum) sebesar Rp50.000.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Lengkap Biaya Pembuatan, Perpanjangan, dan Administrasi SIM B"