Berapa Harga Monyet Terkecil di Dunia (Pygmy Marmoset)?

No comment 4667 views

Monyet, siapa yang tidak kenal dengan binatang ini? Monyet merupakan istilah untuk semua anggota primata yang bukan prosimia (“pra-kera”, seperti lemur dan tarsius) atau kera, baik yang tinggal di Lama maupun Baru. Hingga saat ini, dikenal 264 monyet yang hidup di . Tidak seperti kera, monyet biasanya berekor dan berukuran lebih kecil. Monyet diketahui dapat belajar dan menggunakan alat untuk membantunya dalam mendapatkan .

Pygmy Marmoset - ourbeautifulworldanduniverse.com

Pygmy Marmoset - ourbeautifulworldanduniverse.com

Beberapa monyet telah dimanfaatkan manusia sebagai timangan atau untuk membantu pekerjaan sehari-hari. Monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) adalah yang paling biasa berinteraksi dengan manusia dan sering dipelihara sebagai timangan, sirkus, atau percobaan laboratorium. Ia juga primata pertama yang pernah ke angkasa luar. Sementara, Beruk dipelihara di beberapa tempat di Sumatera dan Malaya untuk dilatih sebagai pemetik kelapa.

Selain berukuran normal, ada juga monyet yang disebut memiliki ukuran tubuh kecil, bahkan menjadi monyet terkecil di dunia. Pygmy Marmoset, demikian nama monyet yang diklaim sebagai yang terkecil di muka bumi. Dikatakan terkecil karena primata ini hanya memiliki tinggi 15 cm dan berat sekitar 100 gram. Karena ukurannya yang kecil itu, Pygmy Marmoset sering juga disebut sebagai monyet jempol atau monyet saku.

Baca juga  Update Harga Ukulele Cak dan Cuk untuk Instrumen Musik Keroncong

Pygmy Marmoset memiliki cakar yang tajam yang membuat monyet mini ini sangat baik dalam memanjat dan ekornya yang panjang memberinya keseimbangan yang fantastis ketika melompat antara cabang-cabang .

Beratnya yang kecil memungkinkan Pygmy Marmoset untuk mencapai puncak dan kanopi pohon, tempat yang tidak bisa dicapai oleh banyak spesies monyet yang lebih besar. Mereka juga mampu memutar kepalanya 180 derajat, sebuah adaptasi yang memungkinkan mereka untuk memindai lingkungan dari predator saat mereka menempel di pohon secara vertikal.

Apabila umumnya monyet menyukai pisang, akan tetapi tidak untuk spesies yang satu ini. Makanan Pygmy Marmoset berupa getah, serangga, dan buah-buahan. Pygmy Marmoset bertahan hidup dengan makanan khusus getah pohon.

Monyet ini menggerogoti lubang di kulit pohon dan tanaman dengan gigi khusus untuk memperoleh getah yang tepat. Ketika getah menggenangi lubang, monyet inipun menjilati dengan lidahnya. Monyet ini juga berbaring menunggu serangga, terutama kupu-kupu, yang tertarik dengan lubang getah. Suplemen dietnya adalah nektar dan buah.

Hewan yang dinobatkan sebagai jenis monyet terkecil ini disebut-sebut suka berkumpul dalam kelompok kecil, anggotanya tidak lebih dari 10 ekor. Pygmy sangat dekat dengan anggota kelompoknya, sehingga mereka menghabiskan sebagian besar waktunya bersama kelompok.

Pygmy Marmoset - (Sumber: animals.sandiegozoo.org)

Pygmy Marmoset - (Sumber: animals.sandiegozoo.org)

 

Jika salah satu anggotanya mati, maka anggota lainnya akan terlihat sangat sedih. Selain itu mereka tak segan berkelahi dengan kelompok lain jika salah satu anggotanya dicelakai. Popularitas monyet mini ini meningkat pesat sebagai salah satu jenis monyet peliharaan, walaupun harganya sangat mahal.

Pygmy Marmouset juga memiliki norma bicara seperti manusia. Anak Marmouset sudah diajari untuk tidak menginterupsi pembicaraan monyet lain yang sedang bicara. Mereka harus menunggu giliran untuk menunggu dan saling bergantian saat berbicara. Fakta tersebut ditemukan oleh para peneliti dari Universitas Princeton.

Karena keunikan tersebut, banyak orang yang kemudian berminat untuk memelihara spesies ini. Namun, memelihara Pygmy Marmoset ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena memiliki tubuh yang sangat kecil, monyet ini disebut-sebut perlu mendapatkan ekstra. Selain itu, mengambil bayi Pygmy Marmouset untuk dipelihara akan rawan mati karena dipisahkan dari sang induk.

Bayi pygmy marmoset juga perlu makan setiap dua jam untuk dua minggu pertama mereka di dunia. Pygmy marmoset peliharaan dapat sangat tidak suka terhadap pemiliknya dan beberapa suka menggigit pemiliknya dan melemparkan kotoran, sebagai bentuk serangan.

Meski begitu, hal itu tidak membuat niat beberapa orang untuk memelihara monyet ini menjadi pupus. Di , meski ilegal, Pygmy Marmoset sudah banyak dijual dengan harga mulai 30.000 yuan atau setara Rp61,5 jutaan. Sementara, harga rata-rata monyet ini berkisar US$ 1.500 atau sekitar Rp20,2 jutaan. Nominal tersebut belum termasuk transportasi, perizinan, dan lain-lain.

Sejak tahun lalu Marmoset yang berukuran hanya sebesar jari jempol ini tengah menjadi tren di kalangan orang berduit di Tiongkok, pasalnya Marmoset yang dilindungi ini dijadikan sebagai hewan peliharaan yang dianggap akan membawa keberuntungan. Bukan hanya itu saja, walaupun harga jualnya sangat mahal, akan tetapi banyak sekali orang yang rela berbondong-bondong untuk sekadar membeli monyet kecil tersebut.

Indukan Pygmy Marmoset dan Anaknya - (Sumber: abc.net.au)

Indukan Pygmy Marmoset dan Anaknya - (Sumber: abc.net.au)

Walaupun begitu, pemerintah Tiongkok sendiri telah memberikan peringatan jika jual beli Marmoset adalah perbuatan melanggar hukum karena ilegal. Tetapi, pasar gelap Tiongkok dengan cara penyeludupan Marmoset tak bisa terpantau. Sampai saat ini, permintaan untuk ‘monyet jempol’ ini kian meningkat dan tak terkendali.

Baca juga  Info Terbaru Harga Meja Pingpong (Tenis Meja) di Pasaran

Menurut Dinas Perlindungan hewan Tiongkok terkait Marmoset, monyet terkecil di dunia yang statusnya dipelihara orang kaya Tiongkok, mereka dalam waktu dekat ini akan berusaha menertibkan dan akan lakukan pengawasan ketat. Bukan hanya itu saja, terkait bagaimana langkah terbaik dalam mengakhiri soal perdagangan hewan langka tersebut menjadi prioritas utama.[Galih Conainthata]

 

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Berapa Harga Monyet Terkecil di Dunia (Pygmy Marmoset)?"