Update Harga Cartridge Epson L120 Ink Tank (Black dan Warna)

Mayoritas masyarakat Indonesia memang menyukai printer dengan sistem ‘infus’. Printer infus dianggap lebih praktis dan mudah dalam pengisian ulang tintanya, sebab pengguna tak perlu membuka cover printer, kemudian melepaskan cartridge untuk menyuntikkan tinta. Karena itu, Epson pun meluncurkan inovasi printer yang konsepnya hampir sama seperti printer infus melalui seri Epson L120 Ink Tank Printer. Printer yang diluncurkan pada 2014 lalu dengan harga ini pun berhasil menjadi salah satu seri printer Epson yang sukses di pasaran.

Printer Epson L120 (sumber: lazada)
Printer Epson L120 (sumber: lazada)

Keunggulan Epson L120 Ink Tank

Printer merupakan alat yang berfungsi untuk mencetak data dari komputer ke media berupa kertas atau sejenisnya dengan hasil berupa teks, gambar, atau grafik.[1] Nah, salah satu printer yang cukup populer adalah Epson L120 Ink Tank Printer, yang hadir dengan sistem injeksi tinta khusus yang diklaim berbeda dari printer pada umumnya.

Bacaan Lainnya

Seri ini menggunakan sistem injeksi tinta yang memungkinkan Anda untuk langsung mengisi ulang tinta dari tempat yang telah disediakan di samping printer. Meski mengusung sistem mirip printer infus, konsep injeksi tinta Epson L120 Ink Tank Printer dikatakan telah dipatenkan dan lolos uji, sehingga dipastikan aman dan tidak merusak head printer.

Cara isi ulang tinta pada Epson L120 Ink Tank Printer pun sangat mudah. Pengguna cukup membuka tutup cartridge, kemudian menuangkan tinta sesuai keterangan warna yang ada pada sisi kanan printer. Proses ini terbilang mudah jika dibandingkan dengan printer konvensional. Meski demikian, proses pengisian tinta perlu Anda lakukan secara berhati-hati agar tidak berantakan apalagi sampai tercampur dengan warna lainnya.

Baca juga  Info Terbaru Biaya Pajak dan Denda Sepeda Motor

Jika Anda masih merasa kesulitan untuk menuang tinta ke dalam tank, Anda bisa memakai alat seperti corong. Beberapa orang juga memakai alat suntik khusus tinta yang berukuran besar. Namun, pada ujung spuit tidak dilengkapi jarum dan hanya berupa yang membentuk silinder kecil. Dengan alat seperti ini, tentunya dinilai aman dan tidak berisiko melukai tangan.

Supaya tidak menyebabkan tinta tumpah, Anda perlu memperkirakan jumlah tinta yang harus dimasukkan ke dalam tank. Untungnya, di bagian bawah tinta sudah terdapat keterangan mengenai kapasitas bak tinta, sehingga Anda tidak perlu repot saat memasukkan tinta.

Untuk keperluan mencetak, Epson L120 Ink Tank Printer bekerja menggunakan empat warna tinta, yakni cyan, yellow, magenta, dan black. Semua warna ini juga bisa tercampur dengan sendirinya saat Anda ingin mencetak gambar dengan warna lain, seperti maroon atau blue black.

Kualitas warna yang terlihat pada hasil cetakan juga tidak perlu diragukan lagi. Tinta akan cepat kering dan mampu meresap dengan baik di kertas berpori rapat. Anda tidak perlu menunggu tinta mengering saat ingin menjilid hasil print. Tinta yang cepat kering seperti ini juga tidak berisiko luntur setelah dicetak.

Baca juga  Update Harga Vinyl Lantai Taco (Box dan Satuan)

Kapasitas botol tinta bawaan atau original Epson L120 Ink Tank Printer adalah 40 ml. Namun, untuk aftermarket, ternyata juga tersedia kapasitas yang lebih besar, yaitu 70 ml dan diklaim dapat digunakan untuk mencetak 4.000 halaman dokumen hitam putih. Cukup hemat, bukan?

Dengan tank printer yang cukup besar, tentunya Anda tidak perlu terlalu sering membeli tinta. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir jika ingin mencetak gambar atau tulisan dalam jumlah cocok. Bisa dibilang, printer seperti ini pas untuk Anda yang sedang mengerjakan laporan kuliah atau untuk keperluan kantor. Lalu, berapa harga Epson L120 saat ini?

Ink tank printer Epson L120 (youtube: Matalinaw TV)
Ink tank printer Epson L120 (youtube: Matalinaw TV)

Harga Epson L120

Kondisi Epson L120 Harga
Epson L120 Baru Rp1.570.000 – Rp1.850.000
Epson L120 Bekas Rp500.000 – Rp1.200.000

Mengenai tinta, tidak sulit menemukan tinta isi ulang printer ini, karena banyak toko yang sudah menjual cartridge MCISS/CISS yang cocok untuk Epson L120 Ink Tank Printer dan segala jenis printer Epson L Series lainnya. Cartridge tersebut mendukung berbagai jenis tinta, mulai dari dye based, pigment, sublim, DTG, hingga bio eco solvent. Proses pemasangan cartridge pun cukup mudah, karena menerapkan sistem plug and play.

Cartridge Epson L120 ini juga diklaim dilengkapi dengan pegas anti-karat yang dilapisi dan filter berkualitas yang berfungsi untuk menjaga suplai aliran tinta dari cartridge ke head printer agar tetap seimbang dan bebas bocor. Hal ini penggunanya semakin yakin bahwa printer bisa dipakai dalam waktu yang cukup lama dan tidak perlu risau dengan gangguan printer akibat tinta kering.

Baca juga  Update Harga Cartridge Canon PIXMA iP2770 (Black dan Color)

Kemudian, karet cartridge diklaim memiliki kualitas elastisitas terbaik yang dirancang dengan ketebalan yang presisi pada saat terpasang ke nozzle head printer sehingga aliran tinta tetap terjaga. Hal ini hasil gambar atau tulisan yang dicetak memiliki warna yang sama, dengan kualitas gradasi yang diklaim baik. Cartridge Epson L120 bisa dibeli di berbagai toko komputer dan situs e-commerce yang ada di Indonesia.

Harga Cartridge Epson L120 Ink Tank

Varian Cartridge Epson L120 Harga
Cartridge Epson L120 Black Rp91.000
Cartridge Epson L120 Warna Rp185.000 – Rp224.000

Harga cartridge Epson L120 di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko komputer, dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, cartridge Epson L120 ditawarkan dengan harga Rp290 ribuan untuk yang warna. Anda bisa membeli komponen ini di berbagai toko komputer, toko perlengkapan komputer, atau situs jual beli online.

[Update: Panca]

[1] Kurniawan, Bobi & Buston Kholik. 2017. Rancang Bangun Perangkat Wireless untuk Printer Konvensional Berbasis Wi-Fi. Jurnal Telekontran, Vol. 5(2): 95-105.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.