Update Terkini Biaya Training & Sertifikasi CCNA

No comment18309 views

Cisco Certified Network Associate (CCNA) merupakan suatu sistem sertifikasi yang populer dalam kompetensi IT dan jaringan yang dikembangkan oleh Cisco Systems, perusahaan IT terbesar di dunia. Bukti sertifikasi dari Cisco ini nantinya dapat digunakan sebagai bukti atau pengakuan atas kompetensi dan kualitas seorang network administrator, khususnya dalam mengoperasikan produk Cisco. Nah, lantas berapa terbaru untuk sertifikasi CCNA ini?

Ilustrasi: teknisi IT

Ilustrasi: teknisi IT

Sertifikasi CCNA sendiri bisa diperoleh dengan melalui ujian berdurasi 90 menit. Dalam ujian ini, peserta  akan diuji pengetahuan dan keterampilannya pada beberapa topik ujian, di antaranya:

  • LAN dan desain WAN (termasuk model OSI)
  • IP addressing
  • Protokol router dan routing (termasuk OSPF, EIGRP dan RIP)
  • VLAN (virtual LAN) dan WLAN (LAN nirkabel)

Dibandingkan dengan sertifikasi lain di level associate, sertifikasi CCNA terbukti lebih banyak dicari di negara-negara berkembang seperti halnya Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari masih banyaknya infrastruktur jaringan yang harus diperbaiki, hingga orang-orang CAN lebih banyak dibutuhkan. Untuk mendapatkan sebuah CCNA, peserta bisa memilih dari 2 jalur yang tersedia, yaitu:

  1. Ujian CCNA R&S (200-125) dengan biaya sebesar $325 (setara dengan Rp4,8 jutaan). Anda harus mendapatkan nilai 825 dari maksimal nilai 1000 untuk lulus sertifikasi CCNA ini. 
  2. Ujian JNCIA dengan biaya sebesar $200 (setara dengan Rp2,9 jutaan)

Biaya ujian CCNA tahun 2020 ini masih relatif sama seperti tahun lalu, namun jika dikonversikan ke rupiah biayanya naik dari Rp4,6 jutaan menjadi Rp4,8 jutaan. Sedangkan untuk training CCNA di masa pandemi Covid-19 tidak lagi dilaksanakan secara tatap muka (offline), melainkan secara dengan biaya mulai Rp2.000.000 untuk umum atau Rp1.500.000 untuk grup minimal 3 orang.

Ilustrasi: Training CCNA Routing and Switching (credit: Medium)

Ilustrasi: Training CCNA Routing and Switching (credit: Medium)

Peserta ujian CCNA yang telah lulus dianggap sudah cukup mengetahui tentang fundamental networking, dasar-dasar keamanan jaringan, TCP/IP, VLSM, CIDR, RIP, EIGRP, OSPF, NAT, ACL, VLAN, dan koneksi WLAN.

Sertifikat CCNA yang telah didapat berlaku selama kurang lebih 3 tahun, terhitung sejak dinyatakan lulus tes. Terpisah dari sertifikasi CCNA ini, Cisco juga menyediakan beberapa ujian sertifikasi lainnya, seperti CCNA Security, CCNA Voice, dan CCNA Wireless. Bagi para jaringan di luar CCNA, Cisco juga menawarkan sertifikasi yang bersifat advanced, diantaranya CCNP (Cisco Certified Network Professional) dan CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert).

Cisco sebenarnya memiliki 5 tingkatan sertifikasi, yakni dimulai dari tingkatan entry (CCENT), associate (CCNA), professional (CCNP), expert CCIE dan arsitek (CCAr). Masing-masing tingkatan sertifikasi tersebut dibagi menjadi beberapa spesifikasi seperti network security, service provider, routing and switching, serta storage.

[Update: Dian]

Baca juga  Info Manfaat dan Update Harga Fruitamin Soap Asli
loading...
author

Leave a reply "Update Terkini Biaya Training & Sertifikasi CCNA"