Update Biaya Transfer Bank Mandiri ke BCA (via Internet, SMS, Mobile, ATM)

Masyarakat sudah bisa melakukan transfer, baik dari internet, SMS, maupun mobile banking. Salah satu bank yang melayani kegiatan tersebut adalah Bank Mandiri. Bank milik pemerintah ini menyediakan layanan transfer uang antar-bank melalui Mandiri Internet, Mandiri SMS, Mandiri Mobile, dan juga ATM. Layanan ini berlaku ke semua bank, termasuk ke Bank Central Asia atau BCA dengan biaya relatif terjangkau.

Ilustrasi: Pelayanan di Bank Mandiri (credit: finansial.bisnis)
Ilustrasi: Pelayanan di Bank Mandiri (credit: finansial.bisnis)

Untuk melakukan transfer dari satu bank ke bank lain, bagi nasabah, akan dikenakan biaya administrasi. Berikut ini akan disajikan informasi mengenai besarnya biaya atau tarif transfer dari Bank Mandiri ke BCA (dan juga ke bank lainnya).

Bacaan Lainnya

Biaya Transfer Bank Mandiri ke BCA via Mandiri Internet

Fitur Tarif (Rp)
Transfer via kliring 5.000
Transfer online 6.500
Transfer via RTGS 25.000
Transfer Online (high value transaction)* 15.500

Biaya Transfer Bank Mandiri ke BCA via Mandiri SMS & Mobile

Fitur Tarif (Rp)
Transfer online 2.500
Transfer online via BI FAST 2.500
Transfer online via Livin’ by Mandiri Regular 6.500
Transfer antar bank via kliring 6.500
Transfer antar bank via RTGS 25.000
Transfer Online (high value transaction)* 15.500

Ilustrasi: ATM Bank Mandiri (credit: Ayosurabaya)

Biaya Transfer Bank Mandiri ke BCA via ATM

Fitur Tarif (Rp)
Transfer antar bank via Jaringan ATM Merah Putih 4.000
Transfer antar bank via kliring (SKN) 6.500
Transfer antar bank via Jaringan LINK/ATM Bersama/Prima 6.500
Transfer antar bank via RTGS 25.000
Transfer Online (high value transaction)* 15.500

Biaya administrasi yang ditarik oleh Bank Mandiri untuk transaksi transfer dana ke rekening bank lain, baik via ATM, SMS, mobile, dan internet banking pada tahun 2021 masih belum mengalami perubahan dari ketentuan yang berlaku pada tahun 2018, 2019, dan 2020.

Namun, tahun 2022, untuk biaya transfer Bank Mandiri ke BCA via Jaringan LINK/ATM Bersama/Prima mengalami kenaikan dari Rp5.000 di tahun 2021, menjadi Rp6.500 tahun 2022. Selain itu, tahun 2022, Anda bisa menggunakan layanan transfer online melalui BI FAST yang tersedia di aplikasi Livin’ by Mandiri dengan biaya Rp2.500.

Cara Transfer Bank Mandiri via ATM

Transfer Via Mobile Banking – (Sumber: aldencu.com)
  • Masukkan kartu ATM Mandiri Anda ke dalam mesin ATM terlebih dahulu.
  • Pada layar mesin akan tertera pilihan yang bisa digunakan, apakah akan menggunakan Bahasa Inggris atau Indonesia. Misalkan saja, Anda memilih Bahasa Indonesia.
  • Setelah memilih bahasa, Anda akan diminta untuk memasukkan PIN yang terdiri dari 6 (enam) angka.
  • Pada layar akan terlihat beberapa pilihan nominal (jika akan mengambil secara tunai). Di sini, Anda memilih ‘Transaksi Lainnya’. Lalu, pilih ‘Transfer’.
  • Di layar akan tertera lagi pilihan-pilihan transaksi, lalu pilih ‘Antar Bank Online’.
  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor rekening tujuan transfer (3 digit bank lain, dilanjutkan dengan nomor rekening bank tujuan).
  • Jika Anda sudah mengetahui bank lain (BCA), maka Anda bisa langsung mengetiknya melalui keyboard yang ada pada mesin ATM. Jika Anda belum mengetahui kode bank, dapat memilih ‘Daftar Kode Bank’. Kode bank untuk BCA adalah 014.
  • Lalu, masukkan seperti perintah pada layar. Misalnya, 014 12345678910. Pastikan angka-angka tersebut merupakan data yang benar. Lalu, pilih ‘Benar’.
  • Setelah itu, masukkan jumlah (nominal) yang akan ditransfer. Lalu, pilih ‘Benar’
  • Anda bisa melihat pada layar, akan ditampilkan data penerima, yang terdiri dari no. rekening, ke bank (BCA), nama penerima, no. ref, dan jumlah (nominal yang akan ditransfer). Apabila Anda merasa data tersebut sudah benar, pilih ‘Benar’.
  • Transaksi Anda telah selesai, dan bisa mengambil bukti transfer yang nanti akan tercetak dari dalam mesin ATM. Pilih ‘Keluar’, dan Anda pun bisa mengambil kartu ATM kembali.

Seperti yang telah disebutkan di atas, selain ATM, transfer juga bisa dilakukan melalui online, yang tergolong dalam Mandiri Online. Layanan ini merupakan integrasi dari Mandiri Internet dan Mandiri Mobile yang tampil dengan wajah baru untuk menghadirkan kenyamanan serta kemudahan lebih, dalam memperoleh informasi dan melakukan aktivitas transaksi finansial.

Nasabah mendaftarkan diri dan mengaktifkan layanan transaksi finansial mandiri online di kantor cabang terdekat dengan membawa identitas diri, buku dan kartu debit mandiri. Setelah melakukan pendaftaran, nasabah melakukan aktivasi online pada aplikasi mandiri online melalui smartphone nasabah.

Perbedaan Mobile & Internet Banking Mandiri

Aplikasi Bank Mandiri (www.infobrand.id)

Mandiri Online dapat dilakukan melalui Mobile Banking dan Internet Banking. Apa perbedaan kedua layanan tersebut dengan versi yang lama? Mandiri Online hadir dalam 2 bentuk layanan, yaitu Mandiri Online Web dan Mandiri Online Apps. Perbedaan keduanya antara lain Mandiri Online Web diakses melalui web browser, sedangkan Mandiri Online App diakses melalui aplikasi smartphone. Lalu, otentikasi Mandiri Online Web menggunakan Otentikasi via Token atau Otentikasi via App, sedangkan otentikasi Mandiri Online Apps menggunakan MPIN.

Nasabah tidak perlu lagi mendaftarkan rekening untuk dapat dijadikan sumber dana transaksi, karena otomatis rekening yang dapat dijadikan sumber dana bisa digunakan untuk bertransaksi. Metode otentikasi baru memberikan keamanan lebih. Transfer, Pembayaran, Pembelian dan transaksi lainnya menjadi lebih aman untuk nasabah.

Akses Mandiri Online dapat dilakukan melalui semua smartphone yang dimiliki oleh nasabah. Mengenai aksesnya, Mandiri Online dapat diakses melalui website di alamat www.bankmandiri.co.id, lalu pilih tombol log in Mandiri Online. Bisa juga melalui aplikasi mobile Mandiri Online yang dapat diunduh di atau Apple App Store.

Di sini akan diberi contoh mengenai transfer melalui SMS Banking. Anda dapat melakukannya melalui beberapa cara, seperti ketik SMS, STK Menu Telkomsel, STK Menu XL, dan STK Menu Indosat. Misalnya, Anda akan melakukan transfer dari STK Menu XL. Cara menggunakan layanan SMS Banking untuk transfer antar-bank sebagai berikut.

Cara Transfer via SMS Banking Mandiri

  • menu ‘Layanan Data’.
  • Pilih m-B_Mandiri.
  • Pilih Transfer.
  • Pilih Antar Bank.
  • Pilih Bank Tujuan.
  • Pilih dari rek: rek 1, rek 2, rek 3, lainnya.
  • Pada field Jumlah, masukkan nilai nominal yang akan ditransfer dan tekan YES.
  • Pada field ke Rek, masukkan nomor rekening tujuan, contoh: 7890, tekan YES.
  • Pada field Nama Penerima, masukkan nama penerima transfer (contoh: Amir), dan tekan YES.
  • Pilih Mode Transfer, kliring (next day) atau RTGS (same day).
  • Pilih Status penduduk, pilih apakah Anda penduduk atau non penduduk.
  • Pada field Masukkan PIN, masukkan 6 digit PIN SMS Banking Mandiri dan tekan YES.
  • Periksa sekali lagi kebenaran Transfer, jika pada layar muncul konfirmasi SMS sebagai berikut: “Masukkan PIN untuk konfirmasi. Transfer dari 1020003078265 ke BCA rek.7890/Amir Rp3.500.000,78”. Tekan YES apabila benar.
  • Pada field Masukkan PIN (konfirmasi), masukkan kembali 6 digit PIN SMS Banking Mandiri dan tekan YES.
  • Konfirmasi berhasil.

Anda dapat menggunakan berbagai pilihan untuk melakukan transfer, apakah akan menggunakan ATM, atau menggunakan layanan online. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mendatangi kantor Bank Mandiri terdekat.

 

[Update: Almas]

Pos terkait