Update Biaya Rontgen Gigi di Laboratorium Klinik Prodia

Rontgen gigi atau dental radiograf merupakan salah satu prosedur yang dilakukan sebagai gambaran gigi, tulang, dan jaringan lunak di sekitarnya yang membantu mendeteksi masalah pada gigi. Saat ini, sudah banyak rumah sakit dan klinik kesehatan yang menyediakan layanan ini, dengan biaya yang bisa dibilang relatif terjangkau. Sayangnya, untuk Klinik Prodia, hingga artikel ini tayang, layanan rontgen gigi yang disediakan cukup terbatas dengan biaya lumayan terjangkau.

Ilustrasi: hasil foto rontgen gigi
Ilustrasi: hasil foto rontgen gigi

Rontgen gigi adalah gambar gigi, tulang, dan jaringan halus pembentuk gigi untuk membantu dokter menemukan masalah pada gigi, mulut, dan rahang Anda. Hasil rontgen dapat menunjukkan lubang pada gigi, struktur gigi yang tersembunyi (seperti gigi bungsu), dan pengeroposan tulang yang tidak terlihat saat pemeriksaan visual. Rontgen gigi juga dapat dilakukan sebagai tindak lanjut setelah pemeriksaan gigi rutin.

Bacaan Lainnya

Fungsi Rontgen Gigi

  • Mencari masalah di dalam mulut, seperti pembusukan gigi, kerusakan tulang, dan cedera gigi lainnya.
  • Mencari gigi yang tidak berdiri di tempat yang seharusnya.
  • Menemukan kista, tumor, atau abses.
  • Memeriksa gigi permanen yang tumbuh dalam rahang pada anak-anak yang masih memiliki gigi susu.
  • Menjadwalkan terapi untuk gigi berlubang parah, bedah akar gigi, implan gigi, dan operasi cabut gig
  • Merencanakan terapi untuk memperbaiki susunan gigi yang tidak rapi.
Baca juga  Update Harga Salep Kortikosteroid dan Efek Sampingnya

Beberapa kasus yang bisa dideteksi menggunakan radiografi dental, meliputi kehilangan gigi, gigi supernumerary, gigi impaksi, karies gigi, penyakit periodontal, lesi periapikal, kista, dan tumor. Pemeriksaan radiografi di awal dapat digunakan sebagai dasar untuk perencanaan perawatan, sedangkan pemeriksaan lanjutan dapat dilakukan untuk mendeteksi dan mengevaluasi hasil perawatan, trauma, atau penyakit lain.[1]

Tipe Rontgen Gigi

  • Bitewing X-ray, yaitu pemeriksaan yang akan menunjukkan gigi belakang di rahang bawah dan atas, dan bagaimana gigi terlihat ketika anda mengatupkan rahang dan bersentuhan satu sama lain. Rontgen tipe ini digunakan untuk memeriksa adanya pembusukan di antara gigi tersebut dan menunjukkan seberapa baik antara gigi atas dan gigi bawah berbaris. Hasil pemindaian juga akan memperlihatkan pengeroposan tulang ketika terdeteksi adanya penyakit gusi parah atau infeksi gigi.
  • Panoramic Cephalometric, adalah salah satu modalitas radiologi dengan tujuan untuk mendapatkan gambar gigi secara keseluruhan dari berbagai sudut dengan radiasi yang sangat kecil. Kelebihan rontgen jenis ini adalah kemampuan untuk mengambil gambar sudut gigi yang dikehendaki dengan baik dan memiliki efek radiasi yang sangat kecil sehingga relatif aman dan tidak membahayakan pasien.
  • Periapical X-ray, akan menunjukkan keseluruhan gigi, mulai dari mahkota gigi yang terlihat sampai pada akar dan tulang yang menyokong gigi tersebut. X-ray jenis ini digunakan untuk mencari masalah gigi di bawah permukaan gusi atau di dalam rahang, seperti gigi bertabrakan, abses, kista, tumor, dan perubahan tulang yang diakibatkan penyakit tertentu.
  • Occlusal X-ray, akan menunjukkan langit-langit dan dasar mulut dan digunakan untuk mencari gigi tambahan, gigi yang belum tumbuh keluar gusi, pecah rahang, retak pada langit-langit mulut (cleft palate), kista, abses, atau pertumbuhan lainnya. Rontgen ini juga dapat digunakan untuk mendeteksi adanya benda-benda asing dalam mulut.
Baca juga  Info Cara & Biaya Kirim Uang Lewat Alfamart dan Indomaret

Saat ini, sudah banyak klinik atau rumah sakit yang menyediakan layanan rontgen gigi. Namun, bagaimana dengan Prodia? Berdasarkan data terbaru yang kami rangkum dari akun Twitter resminya, Prodia saat ini sudah menyediakan pelayanan rontgen gigi. Namun, klinik yang telah berdiri sejak tahun 1973 silam tersebut menyediakan jasa rontgen gigi sebatas rontgen panoramic. Sebagai referensi, berikut biaya rontgen di Prodia.

Biaya Rontgen Gigi di Laboratorium - kaizendental.com
Biaya Rontgen Gigi di Laboratorium – kaizendental.com

Biaya Rontgen di Prodia

Jenis Perawatan Biaya Rontgen
Panoramic Rp170.000
Telapak kaki Rp250.000 per sisi
Lutut Rp250.000 per sisi (kanan atau kiri)
Dada (thorax) Rp277.000 – Rp305.000
Punggung (tulang leher sampai tulang pinggul) Rp323.000

Jika dibandingkan ketentuan sebelumnya, tarif rontgen di Prodia saat ini cenderung turun. Misalnya, untuk rontgen thorax yang semula dikenakan tarif Rp400 ribu, sekarang turun menjadi Rp277 ribu hingga Rp305 ribu. Begitu pula dengan rontgen punggung yang semula dikenai tarif Rp400 ribu menjadi Rp323 ribu.

Daftar harga atau biaya rontgen di atas kami rangkum dari pembicaraan pasien di akun Twitter dan Facebook resmi Prodia. Biaya rontgen di Prodia tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke klinik Prodia terdekat di domisili Anda.

Baca juga  Harga Ikan Glofish dan Jenis-Jenisnya

[Ditta]

[1] Amalia, Rosa. 2021. KARIES GIGI: Perspektif Terkini Aspek Biologis, Klinis, dan Komunitas. Yogyakarta: UGM PRESS, hlm. 37

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.