Update Biaya Pembuatan & Pemasangan Crown Gigi

Saat ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki penampilan gigi yang rusak, salah satunya dengan crown gigi. Ini adalah prosedur pemasangan selubung gigi di atas gigi yang rusak, yang berguna untuk mengembalikan bentuk, ukuran, dan kekuatan gigi, serta melindungi gigi dari kerusakan. Bisa dilakukan di sejumlah klinik gigi, biaya pembuatan crown tersebut rata-rata jutaan rupiah di klinik gigi.

Crown gigi (sumber: tysonsmiles.com)
Crown gigi (sumber: tysonsmiles.com)

Selain untuk mengunyah makanan, keberadaan gigi bagi orang dewasa juga bisa menunjang penampilan. Apalagi jika gigi Anda putih, bersih, dan rapi. Namun bagaimana jadinya jika gigi Anda patah atau rusak? Terutama bila gigi yang bermasalah itu ada di deretan depan. Tentu hal ini bakal sangat mengganggu senyum Anda di hadapan umum dan otomatis bisa mengurangi rasa percaya diri Anda ketika hendak berbicara.

Bacaan Lainnya

Untung saja teknologi kedokteran gigi saat ini sudah sedemikian maju. Dengan adanya gigi palsu, Anda bisa memperbaiki kembali senyum Anda yang selama ini disembunyikan. Jangan Anda kira pemasangan gigi palsu akan membuat Anda terlihat seperti kakek-kakek atau nenek-nenek. Saat ini, sudah banyak metode canggih yang bisa membuat gigi palsu yang dipasang di gigi Anda jadi terlihat begitu alami.

Apa Itu Crown Gigi?

Nah, salah satu yang sekarang marak dipilih konsumen adalah crown gigi. Dikutip dari Dental Center Indonesia, crown gigi dikatakan sebagai teknik restorasi gigi, untuk memperbaiki gigi yang sudah sangat terpangkas. Teknik ini diklaim sangat efektif dalam memulihkan gigi dengan ukuran dan bentuk alaminya. Selain itu, prosedur ini juga sangat berguna dalam memberikan estetika yang bagus dan menguatkan gigi yang rusak.

Baca juga  Update Info Biaya Rontgen (CT Scan) Kepala

Sementara itu, menurut Dental Universe Indonesia, crown gigi adalah ‘penutup’ berbentuk gigi yang diletakkan di atas gigi. crown ditujukan untuk menutupi gigi dan mengembalikan bentuk dan ukuran, kekuatan, dan memperbaiki penampilannya. Ketika dilapisi bahan pada tempatnya, crown sepenuhnya membungkus seluruh bagian gigi yang terlihat yang terletak di dan di atas garis gusi.

Hampir senada, Hello Sehat mengatakan bahwa crown gigi atau dental crown adalah prosedur pemasangan selubung gigi di atas gigi yang rusak. Crown atau disebut juga mahkota tiruan gigi, berguna untuk mengembalikan bentuk, ukuran dan kekuatan, memperbaiki tampilan, serta melindungi gigi dari kerusakan. Mahkota gigi ini akan sepenuhnya membungkus semua bagian gigi muncul di atas tepi gusi.

Meski demikian, pembuatan crown tidak boleh sembarangan. Ketika ahli gigi membuat crown, harus mengacu pada tujuan pembuatan gigi tiruan, yakni mengembalikan fungsi-fungsi yang hilang, antara lain fungsi pengunyahan, fungsi bicara, fungsi estetika, dan mempertahankan kondisi rongga mulut agar tidak mengalami kerusakan lebih lanjut, dalam konteksnya sebagai suatu kesatuan sistem stomatognatik.[1]

Dalam merencanakan sebuah desain gigi tiruan cekat, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan, salah satunya keadaan gigi geligi maupun jaringan lunak di sekitar area kehilangan gigi. Sudah banyak studi yang menunjukkan bahwa gigi tiruan yang tidak didesain dengan benar, akan menyebabkan terjadinya kelainan pada organ mastikasi, yang akan berdampak pada sistem stomatognatik.[2]

Ilustrasi: Crown Gigi (sumber: reformdentistry.com)
Ilustrasi: Crown Gigi (sumber: reformdentistry.com)

Jenis Crown Gigi

  • Stainless steel, adalah mahkota rakitan yang digunakan pada gigi permanen sebagai tindakan sementara. Crown ini melindungi gigi atau tambalan, sedangkan mahkota permanen dibuat dari bahan lain. Untuk anak-anak, crown berbahan stainless steel biasanya dipilih untuk menyesuaikan dengan gigi sulung yang telah disiapkan.
  • Logam, adalah suatu paduan logam dental (alloy) yang dapat digunakan untuk bahan tambal sementara maupun tetap berbentuk anatomi gigi dan mudah dibentuk untuk diadaptasikan pada gigi yang mengalami kerusakan. Sayangnya, crown logam ini punya efek yang kurang menguntungkan karena proses korosi.
  • Porselen dan logam, bahan ini, yang disatukan dengan bahan logam, dikatakan dapat dicocokkan dengan warna gigi yang berdekatan (tidak seperti crown logam). Restorasi mahkota penuh porselen fusi adalah salah satu pilihan yang optimal untuk merestorasi kasus fraktur gigi anterior. Alasan digunakannya restorasi jenis ini adalah untuk memperoleh gabungan antara kekuatan dari sub-struktur logam dengan kualitas estetik porselen.
  • Resin, merupakan jenis crown gigi yang dikatakan lebih murah dibandingkan crown dari bahan lainnya. Namun, mahkota tiruan gigi ini semakin lama semakin rusak dan lebih rentan patah daripada jenis mahkota porselen campur logam.
  • Keramik atau porselen, merupakan bahan yang dapat dipakai ketika estetika gigi lebih penting. Crown jenis ini juga menghasilkan warna yang lebih alami (mirip seperti gigi asli). Selain itu, mahkota tiruan gigi dari porselen sangat cocok untuk mereka yang alergi terhadap bahan logam.

Prosedur Pemasangan Crown Gigi

Sebelum pemasangan crown gigi, dokter akan memeriksa kondisi gigi yang akan ditutupi mahkota. Sebelumnya, Anda akan diminta melakukan pemeriksaan rontgen untuk melihat kondisi akar atau tulang di sekitar gigi yang akan dipasang mahkota gigi. Jika pada gigi tersebut terdapat pembusukan dan berisiko infeksi atau luka pada pulpa gigi, perlu dilakukan akar gigi terlebih dahulu.

Baca juga  Update Biaya Telepon Telkomsel SLI Indonesia ke Arab Saudi

Pemasangan crown gigi dilakukan dengan mencetak gigi sesuai dengan kondisi Anda. Dari cetakan ini, crown gigi akan selesai 2-3 minggu. Sementara itu, dokter akan memberikan mahkota sementara untuk melindungi gigi. Mahkota sementara akan dilepas dan diganti dengan mahkota permanen. Sebelumnya, dokter akan memastikan apakah mahkota cocok dengan gigi Anda. Jika ya, dokter akan memberikan bius lokal dan memasang crown gigi.

Ilustrasi: dokter memeriksa kondisi gigi
Ilustrasi: dokter memeriksa kondisi gigi

Biaya Pemasangan Crown Gigi

Nama Klinik Gigi Biaya
Klinik Viva Medika Cikarang Mulai Rp1.400.000 per gigi
Klinik Sola Gracia Jakarta Mulai Rp1.500.000 per gigi
Klinik Gigi Dewi, Kramat Jati Crown Porcelain : Rp1.700.000 per gigi
Airis Dental Clinic Tebet Crown Porcelain : Rp2.000.000 per gigi
PT Senyum Digital Indonesia (Dokter Gigi Kita), Tangerang Crown Porcelain : Rp2.000.000 per gigi
Crown All Porcelain : Rp3.500.000 per gigi
Crown Zirconia : Rp4.500.000 per gigi
Audy Dental Crown Porcelain : Rp2.500.000 per gigi
Crown All Porcelain : Rp3.500.000 per gigi
Crown Zirconia : Rp4.500.000 per gigi
Bridge (3 Crown Porcelain ) : Rp7.500.000
Bridge (3 Crown All Porcelain/Zirconia) : Rp10.500.000
Orthopoint Dental Clinic, Tangerang Mulai Rp3.500.000 per gigi
Baca juga  Komponen dan Kisaran Biaya Wisata ke Jepang

Informasi biaya pembuatan dan pemasangan crown gigi di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk keterangan resmi pihak klinik gigi. Perlu Anda ingat bahwa biaya crown gigi tidak mengikat, bisa berubah sewaktu-waktu dan dapat berbeda di masing-masing tempat.

Sebagai perbandingan, tahun 2020 biaya pasang crown gigi di kawasan Depok mulai Rp2,275 juta untuk crown metal porcelain. Sementara itu, biaya biaya pembuatan dan pemasangan crown gigi tahun 2021 hingga 2022 tidak berubah.

[Update: Almas]

[1] Abiyoso, Andhi Kartini Ambas dan Ratna Sari Dewi. 2012. Pengembangan dan Modifikasi Estetik dalam Pembuatan Crown dan Bridge. Widya, Vol. 29(321): 29-36.

[2] Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. Sebenarnya biaya tersebut relatif tergantung lokasi dan biaya lab. Ada yang lebih murah dan ada yang lebih mahal.

    Terima kasih