Update Kisaran Biaya Menjalani Tes Alergi

No comment14340 views

Apakah Anda memiliki tertentu? Entah itu dengan , udara, atau jenis zat-zat tertentu? Berbahagialah jika Anda terlahir ke dunia ini tanpa memiliki terhadap zat apapun. Namun orang dengan pun ada yang dengan mudah menyadari jenis yang dimilikinya, dan ada pula yang membutuhkan waktu bertahun-tahun baru bisa menemukan jenis yang dimiliki.

Ilustrasi: wanita mengalami alergi

Ilustrasi: mengalami alergi

Daripada berisiko menghabiskan waktu berlama-lama untuk mengetahui alergi yang kemungkinan Anda miliki, tak ada salahnya untuk melakukan alergi. Pasalnya tidak mudah menentukan apakah Anda mempunyai alergi terhadap suatu jenis makanan atau alergen tertentu. Oleh sebab itu peran alergi sangat dibutuhkan. atau tes darah jika dipadukan dengan pemeriksaan dokter dan riwayat kesehatan bisa membantu Anda untuk menentukan apakah Anda benar-benar alergi terhadap sesuatu yang dihirup, disentuh, atau dimakan.

Beberapa cara mengetes alergi dapat dilakukan, antara lain:

  • Anamnesis (tanya jawab dokter-pasien). Dokter akan melakukan wawancara riwayat kesehatan pasien, riwayat alergi pada orang tua.
  • Skin Prick Test, dimana alergen (zat pencetus alergi) diteteskan atau disuntikkan ke kulit, kemudian dievaluasi reaksi yang muncul. Jika terdapat ruam, maka hasil dinyatakan positif.
  • Tes Darah, sampel darah pasien diambil, kemudian dianalisis sistem kekebalan tubuhnya dalam menghadapi alergen.
  • Uji tempel kulit.

Tidak usah kebingungan untuk mencari tempat yang memiliki layanan tes alergi. Sebab Anda bisa melakukan tes alergi di sejumlah , klinik, ataupun laboratorium. melakukan tes alergi pun sangat bervariasi, tergantung dari tipe tes alergi apa yang hendak Anda ambil.

Misalnya, untuk anamnesis, pasien hanya perlu membayar biaya konsultasi dokter, di mana besaran biayanya bervariasi. Mulai dari dokter umum, sampai dokter spesialis dalam konsultan alergi imunologi, mulai dari Rp 20.000 hingga sekitar Rp 300.000.

Ilustrasi: tes alergi (sumber: aactmd.com)

Ilustrasi: tes alergi (sumber: aactmd.com)

Untuk pemeriksaan skin prick test, uji tempel kulit, biaya juga bervariasi namun kemungkinan besar tidak sampai Rp 1.000.000, sementara tes darah alergi, biaya yang dibutuhkan lebih besar lagi, dapat lebih dari Rp 1.000.000 tergantung reagen yang digunakan serta seberapa banyak alergen yang diperiksa.

Sebagai informasi, berikut ini kami rangkum biaya beberapa tes alergi di Lab Prodia dan BioE Jakarta:

Biaya Tes Alergi

Nama KlinikJenis Tes Alergi & Biaya
Laboratorium Klinik ProdiaPanel Uji Saring Alergi, dengan pemeriksaan: IgE Total, Eosinofil (jumlah), dan Faeces Rutin dengan kisaran total kurang lebih Rp850.000,-
BioE Harapan IndahTes Alergi 60 Alergen Dasar (Basic): Rp400.000,-

Jika ingin melakukan tes alergi, sebaiknya jangan melakukan secara acak seperti di toko obat atau supermarket, apalagi sampai melakukan sendiri di rumah dengan sebuah alat yang masih belum jelas akurasinya. Pasalnya screening kasus alergi terhadap makanan biasanya memerlukan tes darah untuk mengetahui secara komprehensif tingkat alergi yang Anda miliki.

[Update: Galih Conainthata]

Baca juga  Jenis dan Harga Crown Gigi Geraham di Pasaran

 

 

 

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Kisaran Biaya Menjalani Tes Alergi"