Update Beberapa Pilihan Cara Belanja di Website Amazon Tanpa Menggunakan Kartu Kredit

Membeli barang atau berbelanja di atau toko online menjadi kebiasaan sebagian , khususnya di . Mereka dapat memilih barang yang diinginkan melalui foto yang dipajang di suatu website.

Ilustrasi: belanja online di Amazon

Ilustrasi: online di Amazon

Tetapi, bagi sebagian orang mungkin saja berbelanja online itu sesuatu yang susah, karena ada beberapa prosedur yang harus dijalankan, terutama ketika mereka sudah selesai membeli, dan memasuki halaman khusus pembayaran.

Tidak terkecuali dengan toko online besar seperti Amazon. Bagi sebagian orang, berbelanja di website tersebut mungkin merupakan hal yang rumit. Amazon merupakan salah satu perusahaan eceran online terbesar di dunia yang didirikan tahun 1994 oleh Jeff Bezos. Perusahaan ini berkantor pusat di Seattle, Washington.

Ketika Anda mengunjungi Amazon.com, di situ akan terpampang berbagai macam barang. Toko online tersebut melayani pengiriman ke luar negeri, seperti ke Indonesia. Hal pertama yang dilakukan setelah mencari barang yang diinginkan pada laman Amazon adalah login untuk memudahkan proses check out. Apabila Anda belum memiliki akun, dapat mendaftar terlebih dahulu. Proses registrasi terbilang cukup mudah, dan Anda juga akan diberikan panduan apabila ada yang belum dimengerti.

Selanjutnya, pembeli akan diminta untuk mengisi alamat pengiriman dan menentukan proses pengiriman. Terdapat beberapa pilihan cara pengiriman berdasarkan perkiraan waktu penerimaan barang, yaitu Standard International Shipping (no tracking, rata-rata 18-32 hari), AmazonGlobal Expedited Shipping (rata-rata 5-10 hari), dan Amazon Global Priority Shipping (rata-rata 2-4 hari).

Berdasarkan pengalaman beberapa pembeli, ada yang menggunakan 2 pilihan pengiriman. Untuk standard shipping, perkiraan barang sampai ke tempat Anda bisa lebih lama dari yang tertera, dikarenakan memakai dari Indonesia. Meskipun demikian, barang pasti akan sampai ke pembeli.

Sedangkan, untuk yang priority shipping, barang dapat dilacak keberadaannya sedetail mungkin, dan juga estimasi barang sampai hampir sesuai dengan perkiraan pada pilihan pengiriman tersebut. Pilihan pengiriman akan menentukan biaya pengiriman. Semakin cepat, semakin mahal pula biaya pengirimannya.

Setelah menentukan cara pengiriman, pembeli akan diarahkan pada halaman metode pembayaran. Terdapat beberapa metode pembayaran yang dapat dipilih, yaitu menggunakan credit card (CC), gift card and promotional code, amazon.com store card, dan bank account khusus untuk yang memiliki akun bank Amerika Serikat. Untuk sebagian orang di Indonesia yang melakukan pembelian di Amazon, mungkin tidak semua memiliki kartu kredit.

Aplikasi e-commerce Amazon (sumber: digitaltrends.com)

Aplikasi e-commerce Amazon (sumber: digitaltrends.com)

Bagi mereka yang menggunakan kartu kredit, tidak perlu khawatir akan fraud atau kecurangan. Pembelian menggunakan kartu kredit di Amazon aman selama pengguna melakukan log out setelah selesai , dan tidak memberitahukan informasi mengenai kartu kredit miliknya kepada siapapun.

Tetapi, bagi Anda yang tidak memiliki kartu kredit, juga tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara belanja di Amazon tanpa menggunakan kartu kredit, salah satunya dengan memakai Virtual Credit Card (VCC) untuk melakukan pembayaran. VCC ini memungkinkan pengguna dapat melakukan transaksi online seperti menggunakan kartu kredit. Selain dinilai aman, VCC bisa diisi dari debit bank lokal.

Selain itu, ada cara lain belanja di Amazon tanpa adanya kartu kredit, yaitu menggunakan kartu hadiah (gift card). Anda dapat membeli kartu hadiah Amazon dengan mencari di grup Facebook atau forum-forum besar, seperti Kaskus. Anda bisa membeli dengan uang tunai atau bank.

Setelah itu, Anda masuk ke website Amazon. Setelah login, buka halaman akun Anda dengan klik ‘Your Account’. Klik tautan ‘Apply a Gift Card to Your Account’. Isikan kode di belakang kartu hadiah. Kode terdiri dari 14 atau 15 karakter, termasuk huruf dan nomor. Anda mungkin harus menggesek kode ini terlebih dahulu. Jika Anda menerima kartu hadiah secara digital, kode ini tercantum pada surel yang Anda terima. Klik tombol ‘Check’ untuk memeriksa kode yang Anda masukkan serta melihat saldo kartu.

Kemudian, klik ‘Apply to Your Balance’. Nilai kartu hadiah akan ditambahkan ke saldo akun Amazon Anda sehingga menjadi cara pembayaran standar saat membeli barang. Setelah saldo kartu hadiah berpindah ke saldo akun, dapat berbelanja barang yang Anda mau. Biaya pengiriman juga dapat dibayar dengan kartu hadiah selama saldo Anda cukup.

Pada ‘Select a shipping address’, masukkan alamat tujuan pengiriman barang sebelum melanjutkan ke halaman pembayaran. Langkah ini mungkin tidak diperlukan jika Anda membeli barang digital.

Belanja di Website Amazon - www.pusatpreorder.com

Belanja di Website Amazon - www.pusatpreorder.com

Ketika di layar terpampang pilihan untuk pembayaran, Anda dapat memilih ‘Gift Cards and Promotional Codes’. Pastikan saldo kartu hadiah Anda terpilih sebagai cara pembayaran. Anda juga dapat memasukkan kode tambahan untuk menambahkan saldo kartu ke saldo akun Anda. Jika Anda diminta untuk memasukkan alamat penagihan kartu hadiah, samakan dengan alamat pengiriman barang.

Selesaikan pembelian Anda dan tunggulah sampai diproses. Selama saldo pada kartu hadiah Amazon Anda cukup untuk membayar harga barang sekaligus biaya , pembelian akan diproses dan dikirim tanpa masalah.

Sebagaimana barang impor lainnya, untuk setiap paket yang dikirim dari Amazon, akan melewati proses pemeriksaan di Bea dan Cukai. Paket tersebut akan dibuka, dicek apakah di dalamnya termasuk barang yang terkena larangan atau pembatasan impor atau tidak, serta dilihat nilainya dalam rupiah untuk menentukan apakah barang tersebut terkena pajak impor atau tidak.

Berbelanja di Amazon dianggap memiliki keuntungan, salah satunya barang yang dibeli dapat ditukarkan selama diberikan alasan yang pasti. Selain itu, pelayanan customer service pada website tersebut dianggap membantu selama berbelanja online.

[Update: Galih]

Baca juga  Info Terbaru Biaya & Prosedur Pembuatan Visa Korea Selatan
loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Update Beberapa Pilihan Cara Belanja di Website Amazon Tanpa Menggunakan Kartu Kredit"