Info Terbaru Biaya Operasi Gigi Geraham Bungsu Pakai BPJS

Kemunculan gigi geraham bungsu sering menimbulkan keluhan untuk beberapa orang. Hal ini disebabkan pertumbuhannya yang bermasalah. Salah satu penyebabnya adalah sempitnya ruangan tempat gigi untuk tumbuh. Sebagian dokter gigi biasanya akan menyarankan gigi bungsu Anda untuk dicabut. Namun, pada kasus-kasus yang parah, ada juga yang gigi geraham bungsunya terpaksa dibedah. Operasi pencabutan gigi geraham bungsu ini bisa dilakukan pakai BPJS dengan biaya relatif terjangkau.

Ilustrasi: operasi gigi
Ilustrasi: operasi gigi

Untuk kondisi pertumbuhan yang bermasalah, bisa jadi akan dilakukan tindakan pencabutan gigi geraham bungsu. Tujuannya adalah menghindari risiko kesehatan yang mungkin terjadi. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa gigi geraham bungsu perlu dicabut.

Bacaan Lainnya

Kenapa Gigi Bungsu Dicabut?

  • Kebersihan gigi sulit dijaga sehingga akan mudah sekali terjadi karies atau lubang gigi dan infeksi. Hal ini disebabkan gigi tersebut terletak jauh di belakang dan ruang tempat gigi tersebut sempit sehingga terkadang tidak terjangkau oleh sikat gigi, terlebih jika menggunakan dengan ujung kepala yang besar.
  • Membahayakan kesehatan gigi geraham sebelahnya, yaitu gigi molar dua, karena biasanya posisi gigi geraham bungsu ini mendorong gigi molar dua. Terkadang, posisi yang tidak benar dari gigi geraham bungsu yang menghimpit gigi molar dua akan menyebabkan terjebaknya sisa makan yang sulit dibersihkan sehingga menimbulkan risiko gigi molar dua yang berlubang.
  • Gigi geraham bungsu yang mengalami gangguan pertumbuhan rentan untuk mengalami penyakit gusi karena bakteri. Bakteri ini dapat membahayakan kesehatan rongga mulut dan kesehatan tubuh.
  • Gangguan pertumbuhan pada gigi geraham bungsu dapat disertai kista atau tumor yang dapat merusak tulang rahang dan saraf.
  • Dapat mengganggu dalam proses perawatan ortodontik atau gigi.

Bagi Anda yang sedang mengalami keluhan pada gigi geraham bagian belakang, bisa mendatangi dokter gigi. Jika ternyata Anda harus menjalani operasi, tidak perlu khawatir. Anda akan ditangani oleh dokter gigi atau spesialis mulut. Bagi pemegang kartu BPJS, ada beberapa tata cara sebelum tindakan dilakukan.

Ilustrasi Operasi Geraham (sumber: çocukdişdoktoruistanbul.com)

Prosedur Operasi Gigi Geraham Bungsu Pakai BPJS

Jika Anda pakai kartu BPJS, disarankan untuk tidak sungkan bertanya dan juga jangan langsung ke rumah sakit karena pasien BPJS harus membawa surat rujukan dari faskes (fasilitas kesehatan) pertama terlebih dahulu, seperti puskesmas atau klinik. Untuk mendapatkan surat rujukan, sebaiknya datang ke faskes tempat Anda terdaftar sepagi mungkin, mengingat poli gigi biasanya membatasi pasien per harinya. Hal ini karena beberapa tindakan pada pasien bisa memakan waktu lama. Oleh karena itu, agar mendapatkan antrean, sebaiknya Anda datang sepagi mungkin.

Sebelum mendapatkan surat rujukan, pastinya Anda harus diperiksa oleh dokter gigi di faskes pertama, seperti puskesmas atau klinik. Jika memang diharuskan operasi, maka diberi surat rujukan ke rumah sakit. Setelah memiliki surat rujukan, lalu fotokopi sebanyak 4 lembar, dilengkapi fotokopi KTP 4 lembar dan fotokopi kartu BPJS 4 lembar.

Berbekal surat rujukan, Anda bisa pergi ke rumah sakit yang ditunjuk. Sesampai di tempat, bisa langsung daftar untuk pasien baru dan menyerahkan dokumen pengantar yang sudah disiapkan. Sampai pada tahap itu, mungkin Anda tidak akan dikenakan biaya. Kemudian, menunggu untuk diperiksa lagi oleh dokter. Usahakan untuk datang ke rumah sakit rujukan sepagi mungkin, karena bisa jadi antrean BPJS dibatasi jamnya.

Setelah mendapatkan antrean dan menyerahkan dokumen pendaftaran, akan memanggil nama Anda untuk ke ruangan dokter. Setelah diperiksa, mungkin Anda akan diminta untuk foto rontgen dulu. Bisa rontgen untuk gigi yang bermasalah saja, bisa juga foto rontgen seluruh gigi.

Selesai foto rontgen, lalu membawa pengantar dokter gigi untuk rontgen ke kasir, dan gratis/tidak dikenakan biaya. Selesai foto rontgen, tunggu hasil cetak dan bawa lagi ke ruangan dokter gigi. Ketika hasil foto rontgen dilihat oleh dokter, nanti akan dilakukan tindakan. Jika masalah gigi Anda bisa ditangani, maka akan dilakukan tindakan selanjutnya. Jika tidak, maka Anda akan dirujuk ke rumah sakit lain.

Ketika masalah gigi Anda bisa diatasi, maka akan dijadwalkan untuk operasi. Jadwal operasi menyesuaikan dengan jadwal dokter, atau sesuai dengan kesepakatan. Pada beberapa orang, setelah diperiksa dan dijadwalkan tanggal operasinya, dokter memberikan resep obat yang harus dikonsumsi sebelum operasi. Bagi pemakai kartu BPJS, Anda tinggal memberikan resep ke bagian farmasi tanpa membayar.

Setelah menunggu beberapa hari, pada saat hari H untuk dilakukan operasi, sebelumnya Anda akan diukur tensi darahnya dan mengisi formulir persetujuan untuk dilakukan operasi. Kemudian, Anda akan diminta untuk ke ruangan gigi. Di dalam ruangan, pastinya sudah disediakan berbagai macam alat yang dibutuhkan. Anda akan diberikan suntikan anestesi. Anda sebaiknya tidak terlalu takut atau tegang. Jika tidak, mungkin Anda akan merasakan pusing atau gemetar sebelum operasi dimulai.

Mengenai apa saja yang dilakukan dokter saat operasi, mungkin tidak bisa dijelaskan secara detail. Secara garis besar, gigi Anda akan dibor supaya bisa diangkat. Kemudian, tempat gigi yang diangkat tadi akan dijahit. Anda tidak perlu khawatir, karena proses ini dilakukan seseorang yang profesional, yang pastinya mengerti tentang operasi mulut.

Menurut pengalaman pasien, untuk mempercepat penyembuhan pasca-operasi, disarankan untuk tidak makan yang panas-panas dan menghindari berkumur. Namun, hal-hal yang harus dihindari atau dilakukan bisa saja berbeda, tergantung rekomendasi dari dokter yang menangani operasi.

Ilustrasi: Kartu BPJS Kesehatan (credit: theconversation)

Biaya Operasi Gigi Geraham Bungsu Pakai BPJS

Dilansir dari KODE BPJS, biaya operasi gigi geraham bungsu yang dilakukan secara mandiri tanpa menggunakan bantuan BPJS bisa mencapai Rp1,5 juta hingga Rp4 juta tahun 2021, tergantung dari seberapa sulit gigi geraham bungsu diangkat. Biaya ini naik menjadi Rp1,7 juta hingga Rp6 juta di tahun 2022.

Semakin sulit prosedur operasi yang dilakukan untuk mencabut gigi geraham bungsu, maka semakin besar pula biaya yang dibutuhkan. Perlu diketahui, Anda tetap perlu mempersiapkan 20-30% dari biaya perkiraan untuk biaya tak terduga. Biasanya biaya yang dikeluarkan juga tergantung dari kondisi pasien.

Lalu berapa biaya yang harus dikeluarkan, khususnya bagi Anda pengguna BPJS? Masih dari sumber yang sama, jika Anda menggunakan kartu BPJS, biaya operasi gigi geraham bungsu akan ditanggung sepenuhnya oleh pihak BPJS. Artinya, biaya operasi gigi geraham bungsu pakai BPJS tanpa dipungut biaya alias gratis dengan ketentuan di atas. Biaya operasi gigi bungsu dengan BPJS tahun 2022 ini masih sama seperti tahun 2020 hingga 2021.

Selain itu, menurut pengalaman beberapa orang, terdapat beberapa jenis perawatan gigi yang biayanya ditanggung BPJS, antara lain scaling gigi (pembersihan karang gigi) boleh dilakukan 1 tahun 1 kali selama scaling tersebut tidak dilakukan untuk estetika, kegawatdaruratan ortodonti, pencabutan gigi sulung (topikal, infiltrasi), dan pencabutan gigi permanen tanpa penyulit. Tak hanya itu, pemeriksaan, pengobatan, konsultasi medis, dan premedikasi terkait gigi dan mulut juga gratis jika Anda menggunakan BPJS.

[Update: Almas]

Pos terkait