Info Terkini Aturan Pemberian Susu SGM Soya Beserta Harga Produk

yang terbuat dari kacang soya (soybean) atau kacang kedelai mungkin tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Biasanya orang dewasa minum tersebut. Namun, apakah bayi bisa minum soya?

Dalam satu cangkir susu soya (240 ml) tanpa pemanis, biasanya terkandung 7 gram protein, 4 gram lemak, 4 gram karbohidrat, dan 80-100 kalori. Susu soya sendiri merupakan sumber protein, kalium, vitamin A, dan isoflavon. Dikarenakan terbuat dari tanaman, susu soya bebas kolesterol dan rendah lemak jenuh.

Susu SGM Soya - www.olx.co.id

Susu SGM Soya - www.olx.co.id

Bolehkah Susu Soya Untuk Bayi?

Meskipun mengandung beberapa nutrisi baik, susu soya tidak disarankan bagi bayi, terutama yang lahir prematur atau kurang dari enam bulan. Apa alasannya? Hal itu karena bayi berumur 1-6 bulan, nutrisi paling baik adalah ASI/Air Susu . ASI memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan si kecil.

Selain itu, susu soya sering dikaitkan dengan risiko terjadinya reaksi alergi kedelai di dalam tubuh bayi. Belum lagi jika ada kandungan bahan tambahan yang mungkin tidak baik bagi bayi, seperti gula. Jika susu formula biasa mengandung jenis gula laktosa, maka susu soya biasanya berisi glukosa. Glukosa ini jika dikonsumsi berlebihan bisa merusak gigi bayi dan anak kecil.

Selain itu, ada pula kekhawatiran mengenai susu soya yang bisa memengaruhi perkembangan organ reproduksi si kecil. Kedelai mengandung senyawa alami bernama fitoestrogen. Struktur kimia fitoestrogen itu mirip dengan hormon yaitu estrogen. Pemberian susu soya dikhawatirkan menyebabkan pubertas dini dan masalah tiroid. Di samping itu, konsumsi fitoestrogen dalam jumlah banyak diduga bisa membuat si kecil cenderung rendah.

Aturan Pemberian Susu Soya Kepada Anak

Meskipun ada beberapa kekhawatiran, susu soya boleh diberikan kepada si kecil sebagai alternatif apabila bayi memiliki alergi terhadap laktosa atau susu formula yang terbuat dari susu . Pemberian susu soya sebaiknya dilakukan setelah konsultasi dengan dokter.

Apabila ingin membeli susu soya untuk bayi, sebaiknya pilih yang terbuat dari kedelai utuh (whole), bukan yang rendah lemak (low fat) atau tanpa lemak (non-fat). Untuk anak di bawah usia 2 tahun, lemak penting untuk perkembangan otaknya. Pastikan Anda memberikan susu soya dengan kandungan vitamin A, D, dan kalsium.

Jika Anda memberikan susu soya, disarankan untuk meningkatkan asupan kalsiumnya. Susu soya mengandung zat alami phytate yang bisa mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium dan mineral lainnya. Selain itu, pastikan pula asupan vitamin B12nya terpenuhi. Susu soya terbuat dari tanaman, sedangkan vitamin B12 terdapat pada hewani, termasuk susu sapi.

Aturan Pemberian Susu - www.bebamaisleite.com.br

Aturan Pemberian Susu - www.bebamaisleite.com.br

Anda masih bingung mencari susu soya? Salah satu merek yang bisa dijadikan pilihan adalah Susu SGM Eksplor Soya. ini diklaim mengandung formula yang menggunakan isolat protein kedelai sebagai sumber protein sehingga bisa diberikan kepada anak yang memiliki alergi terhadap protein susu sapi dan anak yang menderita galaktosemia.

Susu SGM Eksplor Soya tersedia dalam dua yaitu honey dan vanila (400gr). Produk ini bisa Anda beli di beberapa toko, sebut saja Indomaret dan Alfamart. Perbedaan di antara kedua tempat tersebut juga tidak jauh berbeda. Misalnya SGM Soya Ananda 0-6 bulan, di Indomaret dijual seharga Rp 28.000, sementara di Alfamart harganya Rp 28.200. Untuk informasi selanjutnya bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Harga Susu SGM Eksplor Soya

Nama ProdukHarga (Rp)
SGM Soya 1 200 gram/SGM Soya Ananda 0-6 200 gram29.000
SGM Soya Eksplor Soya Vanila 400 gram59.000
SGM Soya 3 Madu 400 gram/SGM Soya Madu 400 gram57.200
SGM Soya 2 400 gram/SGM Soya Ananda 400 gram58.500
SGM Ananda Soya Presinutri 6-12 700 gram92.000
SGM Eksplor Soya Madu Box 700 gram100.000
SGM Eksplor Soya Vanila 700 gram105.000

Harga susu SGM Soya di atas berasal dari berbagai situs online. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, harga susu SGM Eksplor Soya rata-rata mengalami kenaikan harga. Misalnya, SGM Soya Eksplor Soya Vanila 400 gram yang sebelumnya dijual seharga Rp57 ribuan menjadi Rp59 ribuan, SGM Ananda Soya Presinutri 6-12 700 gram yang awalnya Rp90 ribuan menjadi Rp92 ribuan, dan beberapa varian lainnya. Anda juga dapat membeli produk secara langsung ke Indomaret atau Alfamart terdekat, tentu dengan harga yang berbeda-beda.

Pemberian Susu untuk Bayi - www.shutterstock.com

Pemberian Susu untuk Bayi - www.shutterstock.com

Cara Penanganan Susu SGM Soya

Agar susu SGM Soya tetap terjaga produknya (tidak rusak), maka setelah produknya dibuka, segera tutup dengan cara melipat kantong sachet beberapa kali dan simpan dalam wadah kering, bersih, dan tertutup rapat tidak lebih dari 1 bulan.

Cara Penggunaan Susu SGM Soya

Meskipun sudah banyak yang mengetahui cara membuat susu, tetapi Anda bisa membuat susu dengan cara merebus air minum sampai mendidih. Lalu, diamkan sampai hangat. Kemudian tuangkan sebanyak 180 ml ke dalam gelas, masukkan 4 sendok makan (40gr) SGM eksplor soya kedalam gelas berisi air hangat tersebut. Aduk sampai larut dan SGM eksplor soya untuk si kecil siap untuk dinikmati.

Susu SGM Soya

Untuk mengetahui komposisi dari produk SGM Soya, dapat diambil contoh yaitu SGM Eksplor Soya dengan Presinutri+ untuk anak usia 1-5 tahun. Di dalamnya mengandung beberapa nutrisi seperti asam linoleat omega 6 (560 mg/saji), protein (4 g), vitamin D3 (60%), kalsium (25%).

SGM Eksplor Soya juga mengandung vitamin D membantu penyerapan kalsium. Selain itu, terkandung pula vitamin A (40%). Susu tersebut juga ada kandungan zinc (30%) dan vitamin C (50%), dan zat besi (40%).

[Ditta]

Baca juga  Update Harga Susu Entrasol Peninggi Badan (All Varian)
loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Info Terkini Aturan Pemberian Susu SGM Soya Beserta Harga Produk"