Info Terbaru Harga Susu SGM Soya (200gr, 400gr, 700gr)

No comment12079 views

Susu merupakan salah satu yang sering direkomendasikan untuk bayi guna tumbuh dan kembang mereka. Sayangnya, tidak semua bayi tahan terhadap laktosa atau protein susu sapi. Nah, sebagai solusi, saat ini sudah muncul susu yang, seperti namanya, terbuat dari kacang soya atau kedelai. Sudah ada banyak merk susu formula yang merilis susu ini, termasuk SGM. Tersedia dalam dua kemasan, yakni 400 dan 700 gram, harga SGM Eksplor Soya dapat dikatakan cukup terjangkau dibandingkan produk sejenis.

Pemberian Susu untuk Bayi - www.shutterstock.com

Pemberian Susu untuk Bayi - www.shutterstock.com

Sebenarnya, untuk bayi yang baru lahir sampai usia mereka menginjak dua tahun, ASI atau air susu ibu tetap menjadi prioritas utama untuk pertumbuhan mereka. Pasalnya, ASI adalah makanan yang sesuai dan zat gizinya serta aman bagi sistem tubuh bayi yang masih imatur.[1] Namun, karena beberapa hal, seperti penyakit menular, tidak semua ibu mampu memberikan ASI eksklusif pada bayi mereka, sehingga mereka menggantinya dengan susu formula.

Kebanyakan susu formula terbuat dari susu sapi. Walaupun menyehatkan, sayangnya ada sejumlah bayi yang didiagnosis mengalami intoleransi laktosa atau protein susu sapi. Jika dipaksakan, tentu saja akan membuat bayi mengalami gangguan pencernaan dan hal fatal lainnya. Nah, sebagai solusi, sekarang sudah hadir susu soya.

Dilansir dari Alodokter, seperti namanya, susu soya adalah susu yang terbuat dari kacang soya atau kedelai. Dalam secangkir susu soya tanpa pemanis (sekitar 250 ml), dikatakan terkandung 7 gram protein, 4 gram lemak, 4 gram karbohidrat, dan 80 sampai 100 kalori. Susu kedelai juga merupakan sumber protein, kalium, vitamin A, dan isoflavon. Karena terbuat dari tumbuhan, susu soya sama sekali tidak mengandung kolesterol dan rendah lemak jenuh.

Seperti diketahui, kedelai mengandung protein rata-rata 35 persen, dengan susunan asam amino lebih lengkap dan seimbang dibandingkan kacang-kacangan yang lain.[2] Dalam 100 gram kedelai, mengandung 16,7 gram lemak, 24,9 gram karbohidrat, 222 mg kalsium, 682 mg fosfor, 10 mg zat besi, 0,52 mg vitamin B, serta 31 mkg karoten.

Baca juga  Kandungan Nutrisi dan Update Harga Susu Lovamil untuk Ibu Hamil

Review SGM Soya

Saat ini, tidak sulit mendapatkan susu formula berbahan soya karena sudah ada banyak bran yang telah merilis varian ini, salah satunya SGM. Merupakan produk buatan PT Sarihusada, Tbk., SGM memang sudah mengkhususkan diri untuk memproduksi susu bayi sejak tahun 1965 silam. Seiring dengan waktu, Sarihusada terus mengembangkan lini produknya yang menghasilkan keragaman produk dengan kualitas yang tetap terjaga.

Untuk varian SGM Soya, dikutip dari situs resminya, produk ini dikatakan sudah mengandung IronC dan Isolat Protein Soya berkualitas, serta minyak ikan, Omega 3, dan Omega 6, yang diklaim dapat membantu penyerapan nutrisi penting secara maksimal untuk si kecil yang tidak cocok dengan susu sapi. Tidak cuma itu, SGM Soya juga diperkuat kalsium, zat besi, serta disebutkan kaya vitamin D.

Kandungan Susu SGM Soya

Ilustrasi: susu formula bubuk (sumber: crazybabies.in)

Ilustrasi: susu formula bubuk (sumber: crazybabies.in)

NutrisiDalam grDalam %
Lemak Total4 gr6%
Asam Linoleat (Omega 6)601 mg5%
Asam a-Linolenat (Omega 3)52 mg4%
Lemak Jenuh2 gr8%
Protein4 gr7%
Karbohidrat Total30 gr9%
Serat Pangan1 gr4%
Laktosa0 gr 
Sukrosa5 gr 
(Natrium)50 mg4%
Vitamin A 30%
Vitamin C 30%
Vitamin D3 20%
Vitamin E 15%
Vitamin K1 10%
Vitamin B1 (Tiamin) 10%
Vitamin B2 (Riboflavin) 8%
Vitamin B3 (Niasin) 10%
Vitamin B5 (Asam Pantotenat) 15%
Vitamin B6 (Pridoksin) 15%
Vitamin B9 (Asam Folat) 6%
Vitamin B12 (Kobalamin) 6%
Vitamin H (Biotin 20%
Kolin 2%
Kalium 2%
Kalsium 10%
Fosfor 15%
Magnesium 4%
Zat Besi 10%
Zinc 15%
 15%
Selenium 10%
Iodium 25%
DHA9 mg 
Isoleusin182 mg 
Leusin306 mg 
Baca juga  Kandungan Nutrisi dan Harga Susu Entrasol Terbaru

Cara Penyajian Susu SGM Soya

Meskipun sudah banyak yang mengetahui cara membuat susu, tetapi Anda bisa membuat susu dengan cara merebus air minum sampai mendidih. Lalu, diamkan sampai hangat. Kemudian tuangkan sebanyak 180 ml ke dalam gelas, masukkan 4 sendok makan (40 gr) SGM Eksplor Soya ke dalam gelas berisi air hangat tersebut. Aduk sampai larut dan SGM Eksplor Soya untuk si kecil siap untuk dinikmati.

Harga Susu SGM Soya

Salah satu varian susu SGM Soya (youtube: Aku Anak SGM)

Salah satu varian susu SGM Soya (youtube: Aku Anak SGM)

Kemasan SGM SoyaHarga
SGM Ananda Soya 200 grRp32.787
SGM Ananda Soya 400 grRp60.000
SGM Ananda Soya 700 grRp88.000
SGM Eksplor Soya 400 gr MaduRp40.000 – Rp65.000
SGM Eksplor Soya 400 gr VanillaRp40.000 – Rp65.000
SGM Eksplor Soya 700 gr MaduRp80.000 – Rp100.000
SGM Eksplor Soya 700 gr VanillaRp80.000 – Rp100.000

Harga susu SGM Soya di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko perlengkapan bayi dan beberapa situs jual beli online. Perlu Anda ingat bahwa harga susu SGM Soya tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Tahun 2020 lalu misalnya, SGM Ananda Soya 200 gr dijual dengan harga Rp29.000 dan saat ini sedikit naik menjadi Rp32 ribuan. Sementara, harga produk SGM Soya lainnya relatif stabil.

Efek Samping Susu Soya

Menurut keterangan Alodokter, meski bernutrisi, susu soya bukanlah jenis susu yang dapat digunakan sebagai sumber nutrisi utama bayi. Susu soya untuk bayi umumnya baru direkomendasikan jika bayi memiliki alergi terhadap susu formula biasa yang berbahan dasar susu sapi. Susu soya juga tidak dianjurkan untuk diberikan pada bayi yang terlahir prematur atau bayi berusia kurang dari 6 bulan. Selain itu, susu formula soya sebaiknya tidak diberikan pada bayi yang sedang mengalami kolik dan berisiko tinggi memiliki alergi makanan.

Baca juga  Update Harga Susu Frisomum Gold untuk Ibu Hamil & Menyusui

Masih menurut referensi yang sama, ada sejumlah efek samping yang dapat terjadi jika bayi tidak tahan terhadap susu soya. Pemberian susu soya untuk bayi berusia di bawah 6 bulan dapat meningkatkan risiko terjadinya reaksi alergi kedelai pada tubuhnya. Gejala alergi ini dapat mencakup muntah, diare, muncul ruam, rewel, hingga pembengkakan di wajah, , dan lidah.

Kandungan bahan tambahan, seperti gula atau pemanis buatan, di dalam susu soya juga sering dikatakan tidak baik untuk bayi. Jika susu formula mengandung jenis gula laktosa, maka susu soya biasanya berisi glukosa. Kandungan glukosa ini dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi pada bayi dan anak-anak.

Susu soya yang diolah dari kacang kedelai mengandung senyawa alami fitoestrogen yang menyerupai hormon estrogen. Hal ini membuat pemberian susu soya secara berlebihan dikhawatirkan dapat memengaruhi perkembangan organ reproduksi bayi. Pemberian susu estrogen diduga dapat meningkatkan risiko bayi mengalami pubertas dini dan masalah tiroid. Meski demikian, klaim terkait efek samping susu soya terhadap bayi tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut.

[1] Sjarif, D. R., dan Tanjung C. 2011. Susu Formula Bayi dan Aturan Terkait (dalam Buku Ajar Nutrisi Pediatrik dan Penyakit Metabolik). Jakarta: Badan Penerbit IDAI, hlm. 98.

[2] Agung, I Gusti Ayu Ari, dkk. 2016. Kedelai Lokal Bali, Bahan Baku Tempe Tinggi Nutrisi, Antioksidan dan Organoleptik serta Berkhasiat Obat. Agrimeta: Jurnal Pertanian Berbasis Keseimbangan Ekosistem, Vol. 6(120: 87-92.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Susu SGM Soya (200gr, 400gr, 700gr)"