Daftar Aplikasi Kasir Android Offline Gratis dan Update Harga Mesin Kasir Android

Diakui atau tidak, platform Android telah menguasai pasar global. Lebih dari setengah persen pengguna ponsel cerdas atau smartphone telah akrab dengan sistem operasi tersebut. Pasalnya, banyak program yang dapat dijalankan oleh Android, termasuk aplikasi kasir. Selain aplikasi kasir yang berbayar, ternyata masih ada beberapa yang gratis dan dapat digunakan secara offline.

Aplikasi kasir android (sumber: ventopay.com)
Aplikasi kasir android (sumber: ventopay.com)

Mengenal Sistem Operasi Android

Bagi para pengguna HP pintar tentunya sudah sangat familiar dengan sistem operasi Android. Android adalah OS berbasis kernel Linux, yang dirancang terutama untuk perangkat mobile touchscreen seperti ponsel cerdas dan komputer tablet.[1] Mulanya dikembangkan oleh Android Inc., kemudian sistem ini dibeli oleh sejak tahun 2005.

Bacaan Lainnya

Mengulas sedikit sejarah Android, platform ini dirilis pada Oktober 2003 silam. Di bawah perusahaan bernama Android Inc., Android diperkenalkan oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White di Palo Alto, California. Selanjutnya, pada 2005, Android diakuisisi oleh agar mampu berkembang sebagai sistem operasi yang lebih canggih bagi kinerja dari sebuah kamera digital.[2]

Keberadaan pasar global mengubah arus Andy dan kawan-kawan untuk membawa Android Inc. beralih fungsi sebagai perusahaan yang bergerak pada pengembangan sistem operasi smartphone. Keputusan tersebut ternyata benar-benar membuahkan hasil. Terbukti, Android mampu menyaingi pendahulunya yakni Symbian dan Windows Mobile dalam menguasai platform smartphone berskala global.

Setelah diakuisisi Google, tanggal 5 November 2007 adalah kali pertama Android meluncurkan versi beta. Seminggu kemudian atau 12 November 2007, perusahaan merilis Software Development Kit atau SDK. Software ini memungkinkan pengguna mengembangkan aplikasi Android-nya. Versi demi versi diluncurkan Android dengan berbagai fitur menarik yang membuatnya merajai platform ponsel pintar masa kini.

Android ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan homescreens mereka dengan cara pintas ke aplikasi dan widget, yang memungkinkan untuk menampilkan konten langsung, seperti email dan informasi cuaca.[3] Aplikasi ini dapat mengirimkan pemberitahuan lebih lanjut kepada pengguna untuk memberitahu mereka tentang informasi yang relevan, seperti email baru dan pesan teks.

Kelebihan Aplikasi Kasir Android

Seiring kemajuan teknologi yang kian pesat, sistem operasi Android sekarang tidak hanya diaplikasikan pada perangkat ponsel atau tablet. Ia juga dapat diterapkan pada POS atau point of sale dalam suatu usaha dagang. POS sendiri merupakan sebuah sistem yang memungkinkan untuk bertransaksi, dan termasuk di dalamnya adalah mesin kasir.[4] Sistem POS ini melakukan lebih dari sekadar transaksi jual beli, karena juga bisa terintegrasi dengan perhitungan akuntansi, manajemen barang dan stok, modul penggajian karyawan, perhitungan utang dan piutang, serta berbagai fungsi lainnya.[5]

Dibandingkan mesin kasir manual, mesin kasir yang memakai sistem operasi Android diklaim menawarkan lebih banyak keunggulan. Mesin ini dapat dipakai sebagai alat untuk marketing atau branding karena bisa membantu pemasaran dengan lebih cepat. tentunya akan menguntungkan pelanggan, terutama ketika melakukan pembayaran atau penghitungan biaya belanja.

Selain itu, pengusaha akan mendapatkan laporan yang lebih terperinci jika memakai mesin kasir berbasis Android. Laporan yang dimaksud antara lain laporan laba rugi, laporan penjualan, laporan ketersediaan stok, serta laporan lainnya. Laporan akan lebih detail karena setiap penjualan dan pembelian akan dimasukkan dalam program.

Mesin kasir berbasis Android juga dapat memberikan kemudahan pembayaran, sehingga konsumen tidak perlu lama-lama mengantre. Selain mempersingkat waktu transaksi, konsumen akan dipuaskan dengan adanya nota pembelian, termasuk jumlah item yang dibeli beserta harganya. Jika ada perhitungan yang meleset, konsumen pun bisa segera melakukan klaim.

Bagi pengusaha, mesin ini pun dapat menunjukkan apakah barang yang tersedia di toko masih cukup banyak atau sebaliknya. Hal ini dapat diketahui karena setiap barang masuk dan keluar telah terdata dalam database mesin. Bandingkan dengan metode manual, yang tentunya akan lebih sulit mengecek ketersediaan barang karena setiap produk yang masuk dan keluar tidak tersimpan datanya.

Aplikasi kasir android, iReap POS Lite (sumber: detik.com)

Nah, apabila Anda juga tertarik menggunakan mesin kasir Android, tidak sulit mendapatkan alat tersebut. Pasalnya, piranti ini sudah dijual bebas di pasaran. Anda bisa membelinya di sejumlah toko peralatan hingga berbagai e-commerce lokal. Sebagai referensi, berikut kami sajikan informasi terkini kisaran harga mesin kasir Android.

Harga Mesin Kasir Android

Merk/Tipe Mesin Kasir Android Harga
SUNMI V1S Non NFC Rp2.650.000
Unicorn AP318 Rp2.791.800
SUNMI P1 3G Edition Rp3.600.000
ONION POS Gold Package Rp3.990.000
ONION POS Platinum Package Rp4.950.000
XA-921 Android POS Rp5.250.000
SUNMI T2 Mini Android Rp5.345.000
SUNMI T1 Mini Android Rp5.400.000
KASSEN CV-890 Rp9.450.000
QUORION QTOUH 8 Cash Rp16.095.000
Casio VR 100 Rp23.100.000

Informasi harga mesin kasir Android telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga mesin kasir Android saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, mesin kasir Unicorn AP318 yang semula dijual seharga Rp2,5 juta, kini naik menjadi Rp2,79 jutaan per unit. Berbeda dengan harga mesin kasir ONION POS Platinum Package yang sedikit turun dari Rp4,99 juta menjadi Rp4,95 juta per unit.

Aplikasi kasir Pawoon (sumber: baca.co.id)

Sementara itu, jika budget yang Anda siapkan tidak cukup, tak ada salahnya membeli mesin kasir Android bekas. Sebagai contoh, mesin kasir Casio 130 CR second kini ditawarkan seharga Rp1,1 juta per unit. Bahkan, apabila harga produk bekas masih terlalu mahal, Anda tak perlu risau karena bisa mengunduh sejumlah aplikasi kasir Android gratis. Aplikasi tersebut juga dapat digunakan secara offline, sehingga Anda tidak membutuhkan kuota internet. Lalu, apa saja kasir Android gratis dan offline?

Aplikasi Kasir Android Gratis Offline

  • iReap POS Lite, aplikasi terbaik dari PT Sterling Tulus Cemerlang ini bersifat offline, sehingga tidak memerlukan koneksi internet kecuali saat Anda melakukan backup serta pengiriman laporan melalui email. Sementara untuk keperluan lain, seperti transaksi penjualan dan input produk, semuanya dapat dilakukan secara offline, bahkan tanpa iklan sekalipun.
  • POS Odoo, didasarkan pada tampilan cerdas yang dapat digunakan setiap perusahaan ritel dengan mudah. Sementara sambungan internet diperlukan untuk memulai sistem kasir, kasir akan beroperasi bahkan setelah koneksi terputus sepenuhnya. Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis di tablet, laptop, komputer desktop, atau mesin industrial.
  • Olsera POS, adalah aplikasi kasir Android yang sudah didukung berbagai fitur seperti pembayaran angsuran, barcode scanning mode, dan lainnya. Berbasis Cloud untuk menyimpan semua transaksi yang Anda atau karyawan masukkan, Anda dapat memakainya dalam mode offline sebab Olsera akan otomatis memperbarui data saat Anda terhubung kembali dengan internet.
  • Kasir Pintar Free, merupakan aplikasi kasir digital yang cocok untuk semua bisnis Anda. Produk ini diklaim sebagai aplikasi kasir pertama penyedia menu PPOB (Pulsa, Bayar Listrik, Paket Data, E-Wallet, dan lainnya). Karena sudah menggunakan sistem berbasis Cloud, Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara online maupun offline.
  • Kasirku, merupakan aplikasi kasir Android yang dirancang secara khusus untuk pemilik toko kelontong maupun warung. Kasirku hadir tanpa biaya berlangganan, tanpa pembatasan fitur, serta dapat digunakan secara offline. Menariknya lagi, aplikasi tersebut dapat digunakan secara gratis selamanya.
  • SirKul, ditujukan untuk usaha restoran dan kuliner lainnya, aplikasi ini dilatarbelakangi untuk pencatatan bisnis kuliner yang sederhana dan cepat, yang dilengkapi dengan pencetakan struk. Dilansir dari keterangan pihak pengembang, untuk bisa memakai SirKul, pengguna tidak perlu melakukan alias langsung bisa dipakai. Selain itu, tidak membutuhkan koneksi internet karena data akan tersimpan di ponsel Anda.
  • e-Kasir, dilansir dari keterangan resminya, merupakan software program kasir sederhana gratis full version berbasis Android yang bisa digunakan offline tanpa harus ada koneksi internet. Bisa print struk dengan printer Bluetooth yang paling murah. Kasir pintar portable ini juga dapat digunakan sales, karena bisa dibawa ke mana-mana dengan tambahan printer Bluetooth kecil untuk mencetak struk transaksi.

Seperti disampaikan di atas, Anda dapat menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut setelah sebelumnya men-download di Play Store. Ada beberapa aplikasi yang mengharuskan Anda melakukan registrasi, tetapi ada juga yang tidak. Jika ingin mendapatkan fitur lebih komplet, sejumlah aplikasi menawarkan mode berbayar.

[Update: Ditta]

[1] Adiputra, Christian, Andreas Handojo, Ibnu Gunawan. 2015. Pembuatan Aplikasi Penjualan untuk Toko Furniture Berbasis Android. Jurnal Infra, Vol. 3(1).

[2] Firly, Nadia. 2018. Create Your Own Android Application. Jakarta: Elex Media Komputindo, hlm 2.

[3] Adiputra, Christian, Andreas Handojo, Ibnu Gunawan. Op cit.

[4] Pamungkas, Gilang dan Herman Yuliansyah. 2017. Rancang Bangun Aplikasi Kasir Portable Android POS (Point of Sale) yang Terintegrasi dengan Printer di Kafe Kantin S15 Yogyakarta. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, Vol. 05(3): 30-39.

[5] Wong, Hendry. 2010. Membangun Aplikasi Point of Sale dengan VB 6.0, MySQL, dan PHP. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Pos terkait