Update Harga Resin per Liter dan per Kg di Pasaran

Resin merupakan zat kimia yang bersifat agak kental, cenderung transparan, tidak larut dalam air, mudah terbakar, dan akan mengeras dengan cepat dan ada juga yang lambat. Menurut beberapa sumber, resin sudah dipakai sejak lama, dan kebanyakan sebagai pelapis pernis atau perekat. Contohnya adalah getah resin damar, resin gumpalan dupa sebagai bahan pembuatan patung dan sesajian. Seiring dengan berkembangnya zaman dan kemungkinan resin organik lebih susah diproduksi, manusia mulai membuat sintetis dari bahan-bahan kimia. Dewasa ini resin diproduksi bermacam-macam dan cara sesuai dengan kegunaannya seperti akrilik, epoxy, , dan lain-lain.

Menuang cairan resin (sumber: resin-expert.com)

Menuang cairan resin (sumber: resin-expert.com)

Salah satu kegunaan resin adalah digunakan untuk membuat kerajinan. Mendapatkan bahan untuk membuat kerajinan resin tidaklah sulit. Anda bisa menemukannya di toko bahan kimia. Bahan pelengkap lain juga bisa ditemukan di sana. Keunggulan resin adalah sangat mudah dibentuk. Berbeda dari kerajinan kayu atau batu yang membutuhkan pahatan, jenis kerajinan dari resin membutuhkan cetakan. Dengan begitu, hasilnya bisa identik antara satu sama lain. 

Resin sendiri merupakan eksudat getah yang keluar dari berbagai jenis tumbuhan, termasuk salah satunya pohon runjung atau konifer. Sifat dari bahan ini adalah membeku dalam periode tertentu. Namun, untuk mempercepat prosesnya, dibutuhkan juga katalis. Sama seperti resin, katalis pun berbentuk cair. Penambahan katalis harus dilakukan secara tepat agar hasil kerajinan sesuai dengan keinginan. Perbandingan yang sering dipakai adalah 10:1, yakni 10 takar resin untuk 1 takar katalis. Jika takaran katalis terlalu banyak, maka hasil kerajinan akan cepat mengeras. Sehingga, Anda tidak punya waktu untuk menghiasnya.

Baca juga  Update Harga Ulekan Kayu dan Batu Berbagai Ukuran

Kelebihan Resin Polyester (UPR)

Resin polyester, fiberglass resin atau resin kapal banyak dipasarkan di dunia, khususnya Indonesia, dengan warna yang berbeda-beda seperti merah, putih kekuning-kuningan, dan hijau yang akan terlihat sedikit transparan apabila diaplikasikan dalam lapisan yang relatif tipis. Penggunaan jenis polyester resin diperkirakan sekitar 70% dalam seluruh penggunaan seluruh jenis resin di seluruh dunia. 

Proses pengerasan resin ini akan dimulai setelah dicampur rata dengan katalis yang biasanya dijual sepaket dengan resin polyester. Kekurangan resin ini adalah tidak akan kuat apabila hanya digunakan untuk lapisan tipis, tetapi memerlukan bahan lain seperti talc (mirip bedak bayi) dan serat kaca (mat fiberglass) karena tanpa bahan tambahan ini, lapisan resin polyester hanya akan mudah retak atau terkelupas.

Sifat lain resin polyester adalah akhir yang tetap lengket di udara terbuka karena memang dirancang khusus demikian untuk memperkuat rekatan dengan lapisan-lapisan selanjutnya. Namun, polyester resin ini tidak cocok untuk lapisan akhir (finishing) untuk aplikasi pada permukaan benda-benda tertentu, terutama kayu yang menonjolkan corak artistik kayu tersebut. Karena dengan resin polyester ini, kita akan membutuhkan waktu dan tenaga lebih banyak lagi untuk menghilangkan sifat lengket dan bekas jari apabila disentuh.

Untuk finishing, tentunya Anda menginginkan tampilan yang menarik dan elegan, yaitu mengkilap (glossy) dan memang ini bisa diakali dengan cara mengamplas habis lapisan yang lengket tersebut dan memoles lagi dengan alat pemoles dan pasta/krim khusus waxing atau melapisinya lagi dengan cat transparan (clear). Opsi paling mudah adalah dengan melapisi permukaan yang lengket langsung dengan resin sejenis atau resin epoxy.

Resin polyester diklaim lebih banyak 70% digunakan di seluruh dunia daripada jenis resin lain. Resin polyester ini sangat baik dalam fiberglass seperti pembuatan kapal, fairing motor, kotak atau kontainer penampungan air, dan tentu masih banyak lagi yang tidak membutuhkan tampilan glossy dan transparan dan tahan untuk jangka waktu lebih dari 15 tahun.

Kelebihan Resin Epoxy

Harga, resin, per, liter, kg, membuat, kerajinan, toko, murah, katalis, action, figure, keruh, pekat, warna, silicone, rubber, polyester, epoxy, UPR, karakteristik, kegunaan, jenis, cara, aman, praktis, bahan, kimia, konifer, sifat, cetakan, finishing, pelapis, pernis, perekat, melamin, populer, kalung, batu, cincin, tiruan, lapisan, fiberglass,

Pencampuran adonan resin epoxy (sumber: totalboat.com)

Resin epoxy tidak bisa dikatakan sebagai pilihan yang baik dari segi ekonomis karena harga yang relatif mahal dibanding harga resin polyester, tetapi sangat mudah dalam hal penggunaan dan sangat tahan dalam hal kekuatan. Karena itu, harga barang berbahan epoxy lebih mahal dibanding barang berbahan polyester resin.

Resin epoxy yang banyak berwarna bening kekuningan merekat dengan baik dan kuat pada permukaan kayu dan tidak akan memerlukan lapisan akhir (finishing), tidak seperti resin polyester. Tidak hanya pada kayu, resin epoxy ini juga merekat kuat hampir di semua permukaan, termasuk permukaan resin polyester sehingga cocok untuk bahan finishing. 

Sifat tahan banting dan elastisitas resin epoxy yang melebihi resin-resin lain ini membuatnya populer dalam bidang pertahanan seperti pembuatan kevlar bahkan kaca-kaca anti peluru dan lebih populer lagi dalam industri-industri perkapalan. Banyak forum-forum yang membahas penggunaan resin epoxy sebagai hal yang paling utama dalam perkapalan, meskipun masih ada juga yang memilih menggunakan resin polyester. Namun, ada baiknya menggunakan resin epoxy karena lebih aman dan praktis tentunya dengan biaya yang tidak sedikit.

Karakteristik lain dari resin epoxy adalah tidak berbau tajam seperti resin polyester, membuatnya lebih aman dan nyaman digunakan dalam ruangan. Sudah tentu barang-barang interior yang dihasilkan dari bahan resin epoxy ini lebih baik dari pada resin polyester seperti lapisan kayu meja makan, meja tamu, countertop di dapur, dan hiasan-hiasan lainnya. Resin epoxy bening ini juga sangat banyak dipasarkan untuk kerajinan-kerajinan perhiasan seperti bingkai elegan, gantungan kunci, mata kalung, bahkan batu cincin tiruan yang begitu populer di Indonesia beberapa waktu lalu.

Harga Resin per Liter

Tidak sulit mendapatkan resin, karena Anda bisa membeli cairan ini di berbagai toko bahan kimia, toko bahan bangunan, atau situs jual beli online. Saat ini, resin per liter dijual dengan harga Rp25 ribu sampai Rp30 ribuan, tetapi tidak sedikit yang menawarkan dengan harga Rp50 ribu, Rp80 ribu, hingga Rp100 ribuan. Biasanya, produk tersebut ditawarkan satu paket dengan katalis (15 ml, 35 ml, atau 50 ml). Sebagai perbandingan, tahun sebelumnya, 1 liter resin rata-rata dijual dengan harga Rp45 ribu sampai Rp75 ribuan.

[Update: Panca]

Baca juga  Info Terbaru Harga Kandang Kucing dari Kayu (Berbagai Ukuran)
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!
  1. author

    Anang7 bulan ago

    Info supplier resin polyester yg curah dong gan, kebutuhan sangat banyak untuk keb produksi industri.

    Reply
  2. author

    Anang7 bulan ago

    Perusahaan saya area jogja-jateng

    Reply

Leave a reply "Update Harga Resin per Liter dan per Kg di Pasaran"