Update Merek & Harga Susu Formula Hypoallergenic

Istilah formula hypoallergenic atau biasa disingkat HA merupakan yang dihidrolisis secara parsial, dapat merangsang toleransi susu karena masih mengandung sedikit partikel susu . Pemberian susu HA dapat menjadi pencegahan primer terjadinya alergi susu , karena diberikan sebelum terpapar dengan susu .

Harga Susu Formula - blog.adayroi.com

Susu Formula - blog.adayroi.com

Pemberian susu HA dapat disebabkan karena si kecil kemungkinan menderita alergi susu sapi. Susu sapi seringkali merupakan alergen pertama sebagai penyebab sensitisasi pada .  Ketika ASI belum siap segera setelah lahir, susu sapi juga yang pertama kali diberikan. Maka, bisa dimaklumi bahwa susu sapi adalah alergen pertama yang didapat oleh . Setelah terjadi sensitisasi alergi susu sapi, proses kaskade inflamasi alergi tidak berhenti, tetapi berlanjut dengan sensitisasi yang lain, dan alergen hirupan.

Diagnosis alergi ditegakkan dengan anamnesis, pemeriksaan fisis dan eliminasi-provokasi. Seringkali infeksi virus menyerupai gejala alergi misalnya bronkiolitis. Untuk memastikan alergi susu sapi tidak mudah karena dalam keadaan tertentu tes alergi seperti tes kulit atau tes darah tidak bisa memastikannya.

Secara laboratoris seringkali sulit untuk memastikan bayi menderita alergi susu sapi. Hal itu dikarenakan, dalam keadaan tertentu tes alergi khususnya tes kulit dan tes darah masih belum bisa memastikan adanya alergi susu sapi atau tidak. Penyebabnya karena partikel makanan yang menuju organ sasaran bukan seperti ekstrak tes alergi, tetapi hasil pencernaan enzimatis usus.

Kemudian, uji kulit positif belum tentu alergi, sebaliknya uji kulit negatif belum tentu tidak alergi. Tidak mudah untuk menentukan pemilihan susu yang terbaik untuk  bayi alergi. Seringkali sulit memastikan apakah seseorang alergi susu sapi atau intoleransi atau bereaksi terhadap kandungan tertentu dari kandungan yang ada di dalam formula. Formula yang paling tepat adalah yang tidak menimbulkan gangguan. Bila timbul gejala pada salah satu formula tersebut, Anda harus memilih formula satu tingkat lebih aman di atasnya.

Bagi anak yang menderita hypoallergenic, sebaiknya diberikan susu pengganti. Tetapi, mungkin banyak yang meragukan gizinya. Salah satu susu yang bisa dijadikan pengganti adalah susu soya. Keraguan terhadap susu tersebut misalnya soya tidak menggemukkan, tidak membuat anak pintar karena tidak mengandung DHA, dan lain sebagainya.

Susu soya sendiri merupakan susu berbahan dasar protein kedelai yang setara dengan protein pada susu sapi. Pemberian soya dan susu yang terhidrolisis sempurna dapat menjadi suatu tindakan pencegahan secara sekunder terjadinya alergi susu sapi karena diberikan pada anak atau bayi yang sudah terpapar dengan protein susu sapi namun belum timbul gejala alergi. Namun, soya seringkali dijadikan pilihan  dibanding susu terhidrolisis sempurna lainnya karena harganya yang relatif lebih murah dengan rasa yang lebih familiar.

Secara umum, semua susu formula yang beredar secara resmi, kandungan gizinya sama. Hal itu terjadi karena mengikuti standard RDA (Recommendation Dietary Allowance) dalam jumlah kalori, vitamin dan mineral harus sesuai dengan kebutuhan bayi dalam mencapai tumbuh kembang yang optimal. Keraguan bahwa susu formula tertentu tidak menggemukkan, dianggap tidak beralasan karena kandungan kalori, vitamin dan mineral tidak berbeda.

Penggunaan apapun merk susu formula yang sesuai kondisi dan usia anak selama tidak menimbulkan gangguan pertumbuhan adalah susu yang terbaik untuk anak tersebut. Bila ketidakcocokan susu sapi terus dipaksakan pemberiannya, akan mengganggu fungsi terutama saluran cerna sehingga membuat gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Ilustrasi: tumbuh kembang bayi & balita

Ilustrasi: tumbuh kembang bayi & balita

Di , telah beredar beberapa produk susu hypoallergenic atau susu HA. Untuk harga, memang rata-rata terbilang cukup mahal. Mereknya pun beragam. Untuk informasi mengenai beberapa merek beserta harga susu formula hypoallergenic, akan disajikan dalam tabel berikut ini.

Daftar Harga Susu Formula Hypoallergenic

Nama ProdukHarga (Rp)
Nutribaby Hypo-Allergenic144.000
Nutricia Nutribaby Acti Duobio+ Allerpre 1 400gr (0-6 bulan)160.000
Nan pH Pro 3 800gr268.500
Nan pH Pro 1 800 gr317.000
Pregestimil 400 g (0-12 bulan)332.000
Nutramigen LGG 400 gr332.000
Neocate Gold (LCP) 400gr340.000
Nan HA 1 800 gram385.000
Neocate Advance 1000 gr780.000

Jika dibandingkan tahun lalu, terjadi perubahan harga beberapa produk susu formula hypoallergenic. Misalnya, merk Nutricia Nutribaby Acti Duobio+ Allerpre 1 400gr untuk usia 0-6 bulan sebelumnya dijual seharga Rp128 ribu, kini naik menjadi Rp160 ribu. Varian lainnya seperti Pregestimil 400 g (0-12 bulan) juga naik dari harga Rp323.300 menjadi Rp332.000. Merek Nan pH Pro 3 800gr juga ikut naik, sebelumnya ditawarkan seharga Rp265.200 sekarang menjadi Rp268.500.

Susu formula (sumber: theconversation.com)

Susu formula (sumber: theconversation.com)

Dalam memilih susu formula terbaik khusus alergi bagi bayi, ada strategi atau langkah yang sebaiknya dilakukan. Langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan apakah anak mempunyai alergi atau intoleransi susu sapi. Risiko alergi terjadi bila ada salah satu atau kedua orangtua pernah mengalami alergi, asma atau ketidakcocokan terhadap susu sapi.

Langkah kedua adalah orangtua harus cermat dalam mengamati kondisi dan gangguan yang terjadi pada anak sejak lahir. Gejala yang harus diamati adalah gejala gangguan saluran cerna, gangguan perilaku dan gangguan organ tubuh lainnya sejak bayi lahir. Bila terdapat risiko alergi dan gejala lain, orang tua juga harus lebih cermat dalam melakukan pemilihan susu. Jika perlu lakukan konsultasi lebih jauh kepada dokter spesialis alergi anak, gastroenterologi anak atau metabolik dan endokrinologi anak.

Gejala alergi susu bisa dicermati dari adanya gangguan organ tubuh yang terjadi terus menerus dan terjadi jangka panjang seperti sering batuk, sesak, diare (buang air besar lebih dari 2 kali per hari), sulit buang air besar. Bila terjadi hal seperti itu, sebaiknya harus lebih dicermati apakah gangguan ini berkaitan dengan ketidakcocokan susu formula.

Tetapi, sebaiknya Anda jangan terlalu cepat mendiagnosis alergi susu sapi pada bayi. Reaksi alergi yang timbul bukan saja terjadi karena susu formula. Dalam pemberian ASI, diet yang dikonsumsi juga dapat mengakibatkan gangguan alergi.

Penggantian susu formula tidak harus selalu dengan susu soya atau susu hipoalergenik. Bila gangguannya ringan, dengan penggantian susu sapi formula yang sejenis gangguan tersebut dapat berkurang. Misalnya, penggantian susu yang tidak mengandung DHA akan menyebabkan gangguan kulit bisa menghilang. Jika buang air besar yang sulit, bisa diatasi dengan penggantian susu sapi tertentu yang tidak mengandung kelapa sawit, maka gangguannya membaik.

Secara umum semua susu formula yang beredar di Indonesia dan di dunia kandungan gizinya sama. Penggunaan apapun merek susu sapi formula yang sesuai kondisi dan usia anak selama tidak menimbulkan gangguan fungsi tubuh adalah susu yang terbaik untuk anak tersebut.

[Update: Ditta]

Baca juga  Update Harga Susu SGM 0-6 Bulan Dalam Berbagai Kemasan
loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Update Merek & Harga Susu Formula Hypoallergenic"