Terdiri Dari Berbagai Jenis, Daging Burung Puyuh Dijual Mulai Harga Rp 7.000

Beternak burung puyuh dianggap sebagai salah satu bagi mereka yang memiliki lahan seadanya atau hanya pekarangan rumah seperti di kota-kota besar. Hal ini dikarenakan membudidayakan burung puyuh tidak memerlukan lahan luas, dan juga baunya dianggap tidak mengganggu tetangga.

Dengan modal sekitar Rp 16juta, Anda bisa memiliki 1.000 ekor burung puyuh beserta lima kandang, tempat minum dan pakan selama satu bulan. Kandang yang dipakai juga tidak terlalu besar, sekitar 1 meter x 80cm, dengan tinggi 2 meter.

Satu kandang akan terbagi dalam lima rak, dan masing-masing berisi kurang lebih 40 ekor burung puyuh atau 200 ekor dalam satu kandang.

Daging Burung Puyuh - (Sumber: vemale.com)

Burung Puyuh - (Sumber: vemale.com)

Ada yang berpendapat bahwa burung puyuh petelur sama dengan puyuh pedaging. Di mana puyuh pedaging didapatkan dari puyuh petelur yang telah afkir. Puyuh afkir adalah burung puyuh yang sudah tidak mampu menghasilkan telur secara ekonomis.

Untuk daging burung puyuh bervariasi, Anda dapat melihat pada tabel berikut.

Daftar Jenis dan Harga Daging Burung Puyuh

Baca juga  Info Terbaru Harga Bunga Anggrek Bulan di Pasaran 2017
Jenis Daging Burung Puyuh Harga (Rp)/ekor
Puyuh Petelur 30 hari 25.000
Puyuh Pejantan 30 hari 15.000
Puyuh Potong Maton 25.000
Puyuh Potong Afkir 10.000

Bagi Anda yang berlokasi di , dapat membeli daging puyuh di daerah yang dikenal sebagai Agen Puyuh Malon yang berlokasi di daerah Cipinang Melayu, Makasar, Kota Timur.

Untuk penggemar daging puyuh pejantan muda, Anda dapat membelinya melalui pembelian online, dengan harga sekitar Rp 7.000 per 90 gram. 1 pack akan berisi 5 buah daging puyuh fresh order langsung dipotong/frozen.

Jenis puyuh pejantan, dapat menghasilkan omzet bagi peternakan puyuh pedaging. Seperti yang dilakukan oleh salah satu peternak di Sukabumi, Jawa Barat. Ia dapat mendapatkan omzet minimal Rp 90juta an.

Ia rutin memproduksi 20.000 puyuh pedaging setiap bulan. Slamet menjual karkas Courtunix japonica seharga Rp 9.000 per ekor. Dari perkiraan perhitungan, ia mendapatkan omzet sekitar Rp 180 juta.

Menurutnya, harga puyuh pejantan dapat berbeda di setiap daerah. Untuk harga DOQ (puyuh berumur sehari) yang ia dapatkan berkisar Rp 300/ekor karena memproduksi sendiri.

Selain membeli daging puyuh yang masih mentah, Anda dapat membeli daging puyuh goreng. Harganya berkisar antara harga Rp 17.000 dengan berat 350gram. Puyuh goreng dapat dijadikan menu yang lezat di beberapa restoran, apabila Anda ingin mencoba menu selain ayam goreng.

Baca juga  Berfungsi Merangsang Pertumbuhan dan Mencegah Stres Untuk Tanaman, Vitamin B1 Dijual Dengan Harga Rp 20.000

Menu tersebut dapat disajikan dengan sambal goreng rawit, sambal cabai hijau dan bawang segar, atau digoreng dengan tepung goreng yang renyah (crispy). Daging burung puyuh dinilai tidak asing lagi di kuliner Perancis, Malta, Portugis, dan India.

Daging puyuh dianggap mempunyai bagi kesehatan, di antaranya melawan penyakit yang menyerang sistem pencernaan, melawan gangguan pada sistem pernafasan, membantu menyembuhkan anemia, meningkatkan kekebalan tubuh, bahkan ada beberapa yang percaya bahwa daging puyuh dapat dikonsumsi orang yang sedang menjalani pengobatan diabetes.

loading...

Leave a reply "Terdiri Dari Berbagai Jenis, Daging Burung Puyuh Dijual Mulai Harga Rp 7.000"