Update Biaya (Tarif) Tambah Daya Listrik PLN Tahun 2016

1 comment 114493 views

Kebutuhan saat ini sudah menjadi hal yang pokok yang harus dimiliki oleh , sekolah, maupun perusahaan. Bisa dibayangkan jika atau Anda tidak memiliki jaringan listrik untuk memenuhi kebutuhan energi tiap hari.

tambah daya listrik pln - finance.detik.com

tambah daya listrik - finance.detik.com

Di Indonesia sendiri, pasokan listrik dikendalikan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN). Sementara, warga atau masyarakat yang menggunakan energi listrik dari PLN diwajibkan membayar rekening listrik sesuai dengan kapasitas pemakaian masing-masing bangunan.

Untuk pemasangan baru, tarifnya tentu saja bervariasi tergantung kondisi jaringan yang ada di lokasi. yang bervariasi ini juga terkait apakah PLN harus membuat jaringan baru. Jika sudah ada jaringan, apakah komponen-komponennya telah mendukung atau tidak. Misalnya, lokasi rumah calon pelanggan jauh dari trafo terdekat, tentunya PLN akan menambahkan trafo.

Karena itu, untuk estimasi biaya, calon pelanggan bisa menghubungi PLN di Call Center 123 untuk melakukan registrasi. Nantinya, akan ada petugas yang melakukan pengecekan kondisi jaringan di lokasi. Dari pengecekan itu, biaya akan disesuaikan dengan kebutuhan jaringan dan calon pelanggan.

Baca juga  Harga Popok Merek Sweety di Pasaran

Untuk biaya penyambungan sendiri, PLN menerapkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI Nomor 33 tahun 2014 tentang tingkat mutu pelayanan dan biaya yang terkait dengan penyaluran tenaga listrik oleh PT PLN (Persero). Berikut biaya yang dibutuhkan untuk pemasangan listrik baru (di luar biaya pembelian stroom perdana, biaya materai, dan SLO).

  • Daya tersambung sampai dengan 450 VA: Rp421.000.
  • Daya tersambung sampai dengan 900 VA: Rp843.000.
  • Daya tersambung 1.300 VA: Rp1.218.000.
  • Daya tersambung 2.200 VA: Rp2.062.000.

Namun, dengan makin meningkatnya kebutuhan manusia, terutama kebutuhan sekunder, maka pasokan listrik yang dibutuhkan pun lebih banyak. Karena itu, tak heran jika banyak masyarakat yang mengajukan peningkatan daya listrik untuk kebutuhan rumah tangga mereka.

Untuk menambah daya listrik, penambahan daya listrik dari 450 VA ke 1.300 VA saat ini dikenakan biaya atau sebesar Rp797.000, ditambah biaya materai sebesar Rp6.000. Adapun jika ingin menambah daya dari 900 VA ke 1.300 VA, dikenakan biaya sebesar Rp375.000 plus materi sebesar Rp6.000.

Baca juga  Daftar Harga Lengkap Susu Formula Nutrilon untuk Bayi Berbagai Usia

Untuk mengetahui biaya tambah daya listrik itu sendiri, bisa langsung berkunjung ke simulasi tarif perubahan tambah daya di website resmi PLN. Misalnya, jika Anda berniat menambah daya listrik dari 450 VA ke 900 VA, maka simulasi biaya tambah listrik yang tercantum adalah:

Tegangan Tegangan Rendah
Daya Saat Ini 450 VA
Daya Baru 900 VA
Biaya Total Rp750/VA * 450 VA
Rp337.500

Berdasarkan dari call center PLN 123, ada beberapa persyaratan untuk bisa mengajukan penambahan daya, yaitu fotokopi identitas yang masih berlaku sebanyak 2 lembar, materai Rp6.000 sebanyak 2 lembar, nomor ID pelanggan atau rekening listrik, surat kuasa bila dikuasakan, dan bukti rekening terakhir. Proses tambah daya listrik ini paling cepat 5 hari dan paling lama 500 hari.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.
  1. author

    Dedi1 bulan ago

    Proses tambah daya listrik ini paling cepat 5 hari dan paling lama 500 hari.??? Maksudnya ada kemungkinan konsumen harus menunggu 500 hari???(setahun 365 hari) jadi lebih dari 1 tahun gitu ya???

    Reply

Leave a reply "Update Biaya (Tarif) Tambah Daya Listrik PLN Tahun 2016"