Tarif Pengiriman KALOG (Kereta Api Logistik)

No comment 2240 views

Kondisi Indonesia yang terdiri dari banyak pulau memang membuat pengiriman barang dari suatu tempat ke tempat lain menjadi agak menyulitkan. Karena itu, untuk memudahkan masyarakat yang ingin berkirim barang, dokumentasi, atau lainnya, kini marak bermunculan yang menawarkan kurir logistik, salah satunya PT Kereta Api Logistik atau biasa disingkat dengan KALOG.

Pengiriman KALOG (Kereta Api Logistik) - banjarmasin.tribunnews.com

Pengiriman KALOG (Kereta Api Logistik) - banjarmasin.tribunnews.com

KALOG, sesuai namanya, merupakan anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI), yang bergerak di bidang angkutan barang berbasis kereta api. Fokus perusahaan ini adalah mewujudkan pengangkutan barang ke seluruh Indonesia dan pasar ekspor melalui kereta api, serta mengintegrasikan layanannya dengan angkutan antar-mode (pra dan lanjutan).

KALOG sendiri terus melakukan ekspansi angkutan barang di tahun 2017. Perusahaan menargetkan bisa mengoperasikan 14 kereta api barang. Untuk sementara ini, KALOG telah mengoperasikan  9 kereta api yang digunakan untuk angkutan barang, dengan kereta api terbaru melayani rute Sei Mangke-Pelabuhan Belawan yang resmi dioperasikan pada bulan Desember 2016.

Layaknya perusahaan ekspedisi lainnya, PT KALOG juga menyediakan beragam dan layanan pengiriman kepada konsumen. Di antaranya layanan kurir dan kargo yang melayani pengiriman barang dan untuk kota-kota yang dilalui oleh jaringan rel kereta api di Pulau Jawa, angkutan kontainer yang menjadi andalan PT KALOG dengan skema distribusi door-to-station, depo kontainer yang menyediakan terminal barang di sejumlah kota untuk memudahkan pelayanan kepada , hingga bongkar muat, pergudangan, serta forwarding.

Meski terus melakukan ekspansi bisnis, namun tantangan bisnis angkutan kereta api barang memang masih berat. Pasalnya, pengguna angkutan peti kemas kereta barang dikenakan pajak pertambahan nilai atau PPN sebesar 10 persen, sedangkan angkutan barang lewat truk bebas pajak. Hal inilah yang membuat KALOG masih lebih mahal dibandingkan dengan pengiriman truk sehingga masyarakat masih belum banyak yang meliriknya.

Baca juga  Info Terbaru Tarif Layanan Pengiriman Dokumen & Barang Via JNE 2017

Untuk tarifnya sendiri, PT KALOG menetapkan besaran tarif sesuai dengan jenis barang serta bobot barang yang dikirimkan. Untuk pengiriman jenis moped dan skuter otomatis dari ke wilayah Bekasi misalnya, dipatok mulai Rp260 ribu, ke Bandung dan Tasikmalaya Rp300 ribu, serta Rp400 ribu hingga Rp500 ribu ke Jawa Tengah dan Rp500 ribu hingga Rp600 ke Jawa Timur. Sementara, pengiriman motor bebek dari Klaten ke dikenakan tarif Rp340 ribu. Tarif tersebut belum termasuk biaya packing sebesar Rp50 ribu.

Jika konsumen ingin mengirimkan motor sport (motor laki), biaya pengirimannya dikenakan mulai Rp530 ribu plus biaya packing sebesar Rp50 ribu hingga Rp75 ribu. Sementara, jika konsumen ingin mengirim barang-barang umum, seperti barang elektronik atau lainnya, tarif untuk 10 kg pertama dikenakan Rp50.000, dan per satu kilogram selanjutnya dikenakan tarif tambahan mulai Rp3.500. Biaya ini juga tergantung dengan jarak pengiriman.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Tarif Pengiriman KALOG (Kereta Api Logistik)"