Info Terbaru Tarif Fax/Faksimile Telkom (Lokal, SLJJ, dan Internasional)

Sebelum email mulai tumbuh pesat, selain ponsel cerdas yang terus menjamur, dahulu kala komunikasi untuk jarak jauh dilakukan melalui pesawat telepon dan juga mesin fax atau faksimile. Dengan menggunakan mesin faksimile ini, seseorang lebih mudah untuk saling berkirim dokumen lewat jaringan telepon dan menghasilkan dokumen yang sama dengan dokumen asli yang dimiliki oleh sang pengirim. Karena fungsinya yang legendaris tersebut, mesin fax kerap disebut sebagai telecopy.

Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis Faksimile

Ilustrasi: mesin fax

Ilustrasi: mesin fax

Dilansir dari halaman Wikipedia, faksimile atau biasa dikenal dengan faks/fax, berasal dari kata “fac simile” (make similar) dalam bahasa Latin, yang artinya membuat salinan yang sama dengan aslinya. Dalam yang lain, mesin faks juga dapat disebut telecopy. Mesin faks adalah peralatan komunikasi yang digunakan untuk mengirimkan dokumen dengan menggunakan suatu perangkat yang mampu beroperasi melalui jaringan telepon dengan hasil yang serupa dengan aslinya.

Sementara, menurut A.G. Pringgodigdo, mesin faks adalah sistem transmisi tanpa kawat untuk gambar-gambar dan grafik-grafik dengan cara mengatur sinar cahaya dan foto elektrik sel serta mengubah bagian gelap dan terang dari suatu bahan sehingga dapat dipancarkan dalam suara. Lalu, pesawat penerima akan mengubahnya kembali seperti aslinya kepada kertas yang telah diolah secara ilmiah. Selain mengirimkan dokumen, mesin faks juga mampu menghantarkan citra foto dengan fasilitas half tone. Mesin faks biasanya terdiri dari modem, mesin , alat pemindai gambar, dan alat pencetak data ().

Untuk proses kerjanya, mesin faks diawali dengan keharusan bahwa penerima dan pengirim harus memiliki mesin faks. Pengirim akan memasukkan dokumen yang hendak dikirim ke bagian feeder mesin faks dan selanjutnya menekan nomor telepon mesin faks yang dituju. Ketika koneksi telah terjadi dengan mesin faks tujuan, maka mesin faks akan melakukan scanning dengan membaca area yang sangat kecil pada dokumen tersebut.

Mesin faks tersebut akan mengubahnya menjadi suatu sinyal listrik untuk kemudian menerjemahkan daerah yang dibaca sebagai daerah gelap atau terang dengan menandai “0” untuk gelap dan “1” untuk terang. Sinyal listrik tersebut lalu ditransmisikan melewati saluran telepon dan menuju mesin penerima faks. Mesin penerima tersebut lantas menangkap dan mengartikan sinyal listrik untuk membuat suatu dokumen yang persis sama dengan aslinya dan kemudian mencetaknya.

Ada beberapa indikator yang berbeda dalam mengukur kemampuan mesin faks, yaitu melalui grup (group), kelas (class), kecepatan transmisi data (data transmission rate), dan kesesuaian dengan rekomendasi ITU-T. Mesin faks biasanya menggunakan standar sambungan PSTN dan nomor telepon.

Alasan utama kesuksesan mesin faks adalah bahwa setiap negara di dunia menggunakan standar yang sama, yaitu Grup 3. Para ahli percaya bahwa Grup 3 berpotensi untuk terus mengalami kemajuan dan perbaikan pada masa yang akan datang. Sementara, mesin Grup 4, yang bekerja empat kali lebih cepat, meski telah tersedia tetapi hanya dapat bekerja pada sistem pertukaran dalam telepon digital.

Mesin faks sendiri senantiasa mengalami perkembangan, terutama dalam hal perbaikan kecepatan transmisi. Hal ini terjadi karena semakin besar kecepatan transmisi, semakin cepat pula dokumen dapat terkirim. Penetapan transmisi tersebut dilakukan oleh badan pengawas standar peralatan mesin faks atau ITU-T. Tingkat produksi mesin faks berdasarkan penggolongan durasi waktu transmisi, yaitu:

  • Golongan I (G1), waktu transmisi 6 menit.
  • Golongan II (G2), waktu transmisi 3 menit.
  • Golongan III (G3), waktu transmisi kurang dari 1 menit.
  • Golongan IV (G4), waktu transmisi 10 detik.
Ilustrasi: Mengoperasikan Mesin Fax (credit: houseopedia)

Ilustrasi: Mengoperasikan Mesin Fax (credit: houseopedia)

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Faksimile

Mesin faks secara umum membantu pengiriman suatu dokumen ke tempat yang jauh dalam waktu singkat. Ketika mengirim dokumen ke tempat yang jauh, maka mesin faks akan mengirim lebih cepat dan spontan melampaui kinerja pengiriman surat melalui pos. Namun, kekurangan mesin faks dalam kualitas telah menurunkannya dalam posisi di bawah surat elektronik atau email sebagai bentuk alat transfer dokumen secara elektronik yang telah tersebar luas dan digunakan oleh banyak orang.

Meski email telah banyak digunakan dan menjadi media penyampai dokumen yang populer, namun hingga saat ini masih banyak kantor atau perusahaan yang mengirimkan dokumen mereka menggunakan mesin fax. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian masih bisa ditemukan jasa pengiriman fax, salah satunya dari PT Telkom.

Sayangnya informasi mengenai tarif fax Telkom sejak sekitar tahun 2017-2018 tampaknya tak lagi dipublikasikan oleh pihak Telkom di website resminya hingga tahun 2019-2020. Berdasarkan informasi beberapa tahun lalu, khusus pengiriman dokumen menggunakan mesin faksimile melalui layanan Telkom, tarif yang dipatok sama seperti saat Anda menghubungi rekan melalui telepon, baik secara lokal, interlokal, atau internasional.

Kemudian, untuk biaya pemasangan fax juga kabarnya sama seperti pemasangan telepon biasa. Jika mengacu pada informasi di situs IndiHome, biaya telepon per bulan dikenai Rp235 ribu. Sebagai tambahan, berikut kami sampaikan informasi terbaru tarif mengirim faksimile melalui layanan Telkom tahun 2021 yang didapatkan melalui Customer Service Telkom.

Tarif Fax Telkom (Lokal, SLJJ)

Sambungan FaxJarakTarif
Fax Lokal20 – 30 kmRp122 – Rp163
30 – 200 kmRp320 – Rp1.100
Fax SLJJ200 – 500 kmRp320 – Rp1.770
Lebih dari 500 kmRp320 – Rp2.100

Apabila dibandingkan dengan tahun 2020 lalu, tarif fax Telkom tahun 2021 ini mengalami sedikit perubahan. Sebelumnya, sambungan fax dihitung berdasarkan pengelompokan jarak pengiriman yang lebih banyak. Namun, pihak Telkom tampaknya kini menyederhanakan pengelompokan jarak pengiriman fax. Khusus untuk sambungan fax lokal mengalami perubahan dari yang sebelumnya dihitung dari jarak sampai 20 km dan lebih dari 20 km sebesar Rp250, kini menjadi mulai Rp122 saja. Sedangkan untuk pengiriman fax SLJJ tidak mengalami perubahan harga atau masih sama seperti aturan sebelumnya.

Ilustrasi: Cara Mengirim Faksimile (credit: afax)

Ilustrasi: Cara Mengirim Faksimile (credit: afax)

Tarif Sambungan Internasional (SLI) Telkom

WilayahTarif/Unit PSTN (Belum PPN 10%)
Amerika SelatanRp555
Amerika UtaraRp555
Asia Barat & Asia SelatanRp555
Asia PasifikRp455
Asia TenggaraRp455
Asia TimurRp555
AfrikaRp555
EropaRp757
Timur TengahRp808
Destinasi SpesialRp2.020

tarif di atas kami rangkum dari situs resmi milik Telkom dan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk mengetahui informasi lebih jelas seputar tarif atau biaya fax menggunakan layanan Telkom, Anda bisa menghubungi Contact Center Telkom 147 atau telepon bebas biaya di 0-800-183-5566 (tekan “1”, kemudian “3” untuk terhubung langsung dengan CS) dari ponsel atau telepon rumah.

[Update: Dian]

Baca juga  Update Harga Paket & Biaya Pasang Orange TV
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.
  1. author

    Abdul iftar1 tahun ago

    Selamat malam,
    Saya ingin bertanya kalau ingin mengirim fax apa bisa melalui kantor Telkom. Apakah buka hari Sabtu dan minggu? Terimakasih

    Reply
    • author

      redaktur1 tahun ago

      Bisa. Jadwal buka tergantung kebijakan kantor setempat 🙂

Leave a reply "Info Terbaru Tarif Fax/Faksimile Telkom (Lokal, SLJJ, dan Internasional)"