Syarat dan Skema Pembayaran Kredit Motor Tanpa DP

No comment 1846 views

Meski banyak mobil murah diluncurkan, namun hingga saat ini, sepeda motor masih menjadi moda transportasi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Para produsen atau dealer pun memanfaatkan peluang ini dengan memberikan opsi pembelian sepeda motor, baik secara tunai maupun secara . Bahkan, beberapa dealer juga menyediakan pembelian tanpa uang muka atau DP (down payment).

Kredit Motor Tanpa DP - www.hipwee.com

Kredit Motor Tanpa DP - www.hipwee.com

Umumnya, pembelian sepeda motor dengan sistem kredit memang menggunakan down payment, dengan besaran sekitar 20 persen hingga 30 persen dari tunai sepeda motor yang bersangkutan. Namun, untuk mendongkrak , beberapa dealer di Tanah Air berani menawarkan pembelian sepeda motor dengan sistem kredit tanpa menyertakan uang muka.

Keuntungan Pembelian Secara Kredit

Dealer sepeda motor sendiri saat ini memang lebih menyukai pembelian secara kredit karena perusahaan pembiayaan atau leasing akan memberikan subsidi dan insentif kepada dealer yang bersangkutan. Sekarang, sudah banyak perusahaan pembiayaan yang berlomba-lomba untuk mendapatkan account pembiayaan, sebut saja Adira Finance, Federal International Finance (FIF), Bussan Auto Finance (BAF), OTO Finance, dan lain-lain. Dengan banyaknya perusahaan pembiayaan, maka otomatis mereka akan berlomba-lomba memanjakan dealer untuk memberikan order kepada mereka.

Kredit Motor Tanpa DP - www.kaskus.co.id

Kredit Motor Tanpa DP - www.kaskus.co.id

Untuk mendapatkan nasabah sebanyak-banyaknya dari dealer, maka perusahaan pembiayaan ini memberikan subsidi tambahan kepada dealer dengan harapan sang dealer akan memberikan banyak nasabah kepada mereka. Dengan cara itu, diharapkan kedua belah pihak (dealer dan perusahaan pembiayaan) akan sama-sama senang (win-win solution). Karena itu, otomatis dengan menjual secara kredit, maka dealer sendiri akan mendapat keuntungan lebih dibandingkan penjualan cash.

Itu merupakan keuntungan sistem penjualan sepeda motor secara kredit bagi dealer dan perusahaan pembiayaan. Lalu, apa keuntungan yang didapatkan nasabah atau pembeli ketika melakukan pembelian sepeda motor dengan sistem kredit ini? Ada beberapa keuntungan yang dapat diambil pembeli, di antaranya:

  • Dengan jumlah uang hanya beberapa juta rupiah saja, maka sangat tidak mungkin bagi Anda untuk memiliki sepeda motor, terutama -produk baru. Namun, dengan pembelian kredit, Anda bisa menggunakan sejumlah dana tersebut sebagai uang muka dan membayar sisa pembelian dengan cara angsuran setiap bulan.
  • Setiap kendaraan yang dibeli secara kredit, biasanya telah dilengkapi dengan asuransi kendaraan bermotor, baik itu untuk kerusakan ataupun untuk kehilangan kendaraan tersebut. Layanan asuransi ini bisa membuat Anda sedikit bernapas lega, sebab risiko pada kendaraan Anda akan dijamin oleh pihak asuransi, sehingga Anda tidak perlu menanggung sejumlah kerugian atas berbagai hal-hal yang bisa saja terjadi pada kendaraan Anda tersebut.
  • Meskipun Anda memiliki sejumlah dana yang terbilang cukup untuk membeli sebuah motor secara tunai, namun tidak ada salahnya mempertimbangkan pembelian secara kredit. Hal ini bisa Anda jadikan pilihan, terutama jika ternyata Anda bergerak di bidang bisnis tertentu yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil/keuntungan dari sejumlah dana yang Anda miliki.

Syarat dan Skema Pembelian

Umumnya, pembelian sepeda motor dengan cara pembayaran kredit memang harus menyertakan uang muka atau DP. Namun, saat ini sudah banyak dealer yang berani menawarkan sepeda motor baru dengan sistem pembayaran kredit tanpa uang muka. Atau, uang muka dibayarkan setelah motor diterima oleh konsumen.

Untuk bisa mendapatkan motor secara kredit tanpa uang muka, setiap dealer dari berbagai merek menerapkan beberapa syarat dan ketentuan tersendiri. Di dealer Mustika Group Jakarta misalnya, konsumen yang mengajukan pembelian motor kredit tanpa uang muka, harus memenuhi syarat-syarat seperti menyerahkan fotokopi identitas diri yang masih berlaku (KTP), fotokopi Kartu Keluarga (KK), dan fotokopi PBB (Pajak Bumi Bangunan) atau Rekening Listrik.

Dengan proses mudah dan cepat (paling lambat 2 hari motor sudah diterima konsumen), calon pembeli juga berkesempatan mendapatkan diskon uang muka, gratis ongkos kirim untuk wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan , serta angsuran ringan yang bisa dibayarkan melalui ATM Bank, minimarket yang bekerja sama, atau Kantor Pos terdekat. Namun, masing-masing dealer memang tidak bisa disamakan dalam melayani pembelian motor secara kredit, meski menjual merek motor yang sama.

Pada bulan April 2017 lalu, Counter Sales Nagamas Motor, yang menyediakan sepeda motor merek , juga memberikan promo pembelian motor baru secara kredit tanpa uang muka kepada masyarakat di Klaten. Dengan hanya membayar angsuran pertama, konsumen sudah dapat membawa motor pilihan Anda, yang tersedia dalam model seperti BeAT Sporty ESP CW Plus, BeAT Pop ESP CW Plus, dan Vario 110 ESP CBS.

Untuk model Honda BeAT ESP CW Plus, konsumen cukup membayar angsuran sebesar Rp645 ribu per bulan selama 35 bulan. Sementara, untuk model Honda Vario 110 ESP CBS, konsumen hanya perlu membayar cicilan sebesar Rp699 per bulan selama 35 bulan. Pembayaran angsuran ini dapat dilakukan melalui perusahaan pembiayaan mitra, seperti Adira Finance, CSF, dan WOM Finance.

Baca juga  Spesifikasi dan Update Harga Yamaha Majesty (All Varian)

Itu untuk motor produk baru, lalu bagaimana dengan sepeda motor bekas atau second? Jika Anda masih berminat dengan sepeda motor bekas, Anda pun bisa membeli motor-motor second ini dengan sistem pembayaran kredit dan tanpa uang muka. Showroom M. Rasyid Motor di kawasan Veteran Timur di Banjarmasin misalnya, telah melakukan kemitraan dengan perusahaan pembiayaan seperti Adira Finance untuk menyediakan pembelian motor bekas dengan sistem pembayaran kredit.

Skema yang hampir sama juga diterapkan showroom Semangat Jaya Motor yang berada di kawasan Tanjung Pinang Batam. Showroom ini menawarkan kemudahan berupa uang muka yang bisa dinegosiasikan hingga deal menjadi transaksi, sehingga konsumen tetap bisa memiliki motor idaman mereka dengan anggaran yang terbatas. Konsumen pun bisa cukup membayar angsuran pertama tanpa uang muka dan langsung bisa membawa pulang motor yang diinginkan.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Syarat dan Skema Pembayaran Kredit Motor Tanpa DP"