Spesifikasi dan Update Harga Yamaha Mio Sporty

No comment 3114 views

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan skuter matik Mio keluaran Yamaha. Mio bisa dikatakan sebagai salah satu pelopor matik di era modern, khususnya di Indonesia. Ada banyak Mio yang telah dirilis pabrikan berlogo garpu tala, salah satunya model Mio Sporty. Meski produksinya sudah dihentikan, ini ternyata masih banyak diburu masyarakat, salah satunya karena harganya yang terjangkau.

Mio Sporty sendiri bisa dikatakan sebagai keluarga matik Mio generasi pertama. Produk ini merupakan upaya terbaru Yamaha untuk menyasar pasar Asia Tenggara yang membutuhkan kendaraan dengan bodi ramping dan berkapasitas kecil. Sebelumnya, Yamaha sempat merilis varian Nuovo pada tahun 2003. Meski tidak sukses secara penjualan, namun produk ini bisa dikatakan sebagai cikal bakal kesuksesan Mio di kemudian hari.

Yamaha Mio Sporty

Tidak seperti generasi Yamaha Nuovo yang masih dipengaruhi motor bebek (underbone), Yamaha Mio menganut bodi skuter murni. Hal tersebut bisa dilihat dari lingkar roda yang kecil (14 inch) yang mengakibatkan jarak yang lapang antara dua sumbu roda. Di samping itu, tampilan pijakan kaki Yamaha Mio juga jauh berbeda jika dibandingkan kepunyaan sepeda motor bebek.

Yamaha Mio Sporty - www.philmotors.com

Yamaha Mio Sporty - www.philmotors.com

Mio generasi awal dibuat ramping sesuai dengan target awal perusahaan, yaitu sebagai motor kaum Hawa. Hasilnya pun tidak mengecewakan karena skuter matik ini mampu menyokong penjualan Yamaha Vega dan menjadi tulang punggung pendapatan Yamaha di Indonesia. Di kemudian hari, tidak hanya kaum perempuan yang melirik skuter ini, banyak juga kaum laki-laki yang membeli Yamaha Mio, bahkan sampai membentuk klub sepeda motor.

Meski secara umum Mio versi standar dan Mio versi sporty terlihat mirip, namun ada beberapa perbedaan di antara kedua jenis varian tersebut. Yamaha Mio generasi awal belum dilengkapi dengan fitur rak barang di dashboard, sedangkan model Mio Sporty ini sudah memiliki rak barang untuk menyimpan sesuatu dengan ukuran mini, seperti botol air mineral.

Untuk urusan footstep buat pembonceng, Yamaha Mio memberikan dua pilihan sesuai kenyamanan para pengendara. Jika menginginkan pijakan yang tinggi, pengendara cukup memijak dek atas. Sementara, jika menginginkan pijakan yang lebih rendah, pengendara tinggal membuka footstep yang terlipat di bawahnya.

Yamaha Mio Sporty - www.jualo.com

Yamaha Mio Sporty - www.jualo.com

Di samping itu, keunggulan lain dari Yamaha Mio Sporty adalah memiliki rem yang diklaim lebih pakem dibandingkan para kompetitor di segmen yang sama. Rem yang pakem ini tentunya memberikan efek aman dalam penggunaan sehari-gari. Ini masih ditambah dengan jok atau tempat duduk Yamaha Mio Sporty yang dibuat tebal dan empuk untuk meningkatkan kenyamanan para pengendara.

Di bagian jantung pacu, Yamaha Mio Sporty menggendong mesin tipe 4-stroke, SOHC, dua katup, silinder segaris, berkapasitas 113,7cc, pendingin kipas, karburator. Dengan modal tersebut, skuter matik ini diklaim mampu meletupkan tenaga maksimal 7,14 kW pada putaran 8.000 rpm dan mencapai torsi puncak di angka 7,84 Nm pada putaran 7.000 rpm, melalui transmisi otomatis.

Beralih ke bagian kaki-kaki, skuter dengan dimensi 1.820 x 675 x 1.050 mm telah dibekali dengan suspensi depan model teleskopik dan suspensi belakang tipe swing arm, single shock-breaker. Sementara, urusan pengamanan, motor dengan berat bodi mulai 92 kg tersebut mengandalkan rem model cakram di roda depan dan rem tromol di roda belakang. Berikut spesifikasi teknis Yamaha Mio Sporty.

Tipe Mesin 4-stroke, SOHC, 2 valve, single cylinder, pendingin kipas
Kapasitas Mesin 113,7cc
Diameter x Langkah 50 mm x 57,9 mm
Rasio Kompresi 8,8:1
Daya Maksimum 7,14 kW @ 8.000 rpm
Torsi Maksimum 7,84 Nm (0,88 kg-m) @ 7.000 rpm
Karburator Keihin NCV24 x1
Pelumas Wet sump
Pengapian DC-CDI
Baterai/Aki GM5Z-3B-YB5L-B
Busi C7HSA (NGK) – U22 FS-U (DENSO)
Transmisi V-belt automatic
Kopling Kering, sentrifugal, CVT automatic
Starter Electric & Kick
Dimensi (P x L x T) 1.820 mm x 675 mm x 1.050 mm
Jarak Sumbu Roda 1.240 mm
Jarak ke Tanah 125 mm
Tinggi Jok 745 mm
Kapasitas Oli Mesin 0,9 L
Kapasitas Bahan Bakar 3,7 L
Berat 92 kg (tipe CW); 94 kg (tipe SW)
Tipe Rangka Steel tube
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Swing arm, single shock-breaker
Ban Depan 70/90-14MC 34P
Ban Belakang 80/90-14MC 34P
Rem Depan Disc (cakram) hidraulik
Rem Belakang Drum (tromol)

Yamaha Mio Sporty

Ketika pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007 lalu, Yamaha melepas Mio Sporty di kisaran harga Rp13 jutaan. Kini, produk bekas skuter matik ini dijual dengan harga bervariasi, mulai Rp1,5 jutaan, tergantung kondisi motor. Berikut kami sajikan informasi terbaru harga produk bekas Yamaha Mio Sporty di pasaran.

Baca juga  Spesifikasi dan Update Harga Honda C70 Bekas
Tahun Produksi Harga Bekas (Rp)
2007 Mulai 1.500.000
2008 Mulai2.000.000
2009 Mulai 2.500.000
2010 Mulai 2.600.000
2011 Mulai2.900.000

Kelemahan Yamaha Mio Sporty

Meski memiliki desain yang ramping serta akselerasi yang memadai, namun Yamaha Mio Sporty juga tidak lepas dari beberapa kelemahan. Kekurangan yang paling dikeluhkan oleh konsumen adalah konsumsi bahan bakar yang cukup boros. Sistem transmisi otomatis yang menuntut rpm tinggi serta sistem karburator dianggap menjadi biang kerok borosnya konsumsi bahan bakar Mio Sporty.

Selain itu, produk ini juga memiliki suspensi yang terbilang tidak nyaman. Suspensi tipe stiff dan kurangnya peredaman getar yang dimaksudkan untuk keandalan melakukan manuver ternyata malah menjadi kurang nyaman. Mio Sporty juga belum menerapkan sistem auto choke, masih menggunakan kunci kontak model lama, dan standar samping yang belum dipasangi sekering pengaman.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Spesifikasi dan Update Harga Yamaha Mio Sporty"