Spesifikasi dan Info Terbaru Harga MINI Cooper Clubman

Anda mungkin sudah familiar dengan mobil MINI Cooper. MINI Cooper adalah salah satu mobil iconic yang pernah diciptakan di kolong jagad. Ada beragam MINI Cooper yang telah dirilis di pasaran dunia, salah satunya MINI Cooper Clubman, yang sekarang ditawarkan di Indonesia dengan harga mulai Rp680 jutaan.

Sejarah MINI Cooper

Sebelum membahas mengenai MINI Cooper Clubman, kita kulik sedikit mengenai sejarah mobil ini. MINI Cooper adalah sebuah mobil kecil iconic yang diproduksi oleh British Motor Corporation (BMC) dan penerusnya dari tahun 1959 hingga 2001. Kendaraan yang menjadi tunggangan tokoh Mr. Bean serta pernah nongol di film ‘Italian Job’ tersebut dianggap sebagai mobil kedua paling berpengaruh pada abad ke-20, setelah Ford Model T.

MINI Cooper merupakan varian paling terkenal dari MINI, yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1961 hingga 1971. Model ini berasal dari ide John Cooper yang saat itu sedang mencari mobil penumpang yang memiliki pengendalian baik, di trek balap maupun rally. John Cooper pun tertarik dengan MINI. Sayangnya, kapasitas mesin mobil ini (848cc) dirasa belum cukup kompetitif untuk digunakan di dunia balap.

MINI Cooper Clubman - en.wikipedia.org

MINI Cooper Clubman - en.wikipedia.org

Namun, John Cooper tak kehabisan akal. Ia lalu mengembangkan mesin A-series milik MINI sehingga mencapai kapasitas 997cc dengan karburator ganda dan disc-brake 7 inci. Beberapa tahun kemudian, ini disempurnakan dengan mesin 998cc khusus MINI Cooper dan karburator ganda dengan disc-brake 7,5 inci.

Pada tahun 1963, diluncurkan lain dari MINI Cooper, yaitu MINI Cooper S dengan kapasitas mesin 970cc, 1.071cc, dan 1.275cc. Varian dengan mesin 970cc dan 1.071cc sangat terbatas produksinya, sementara MINI Cooper S 1.275cc menjadi langganan pemenang rally-rally di seluruh dunia, termasuk Rally Monte Carlo edisi tahun 1964, 1965, dan 1967.

Memasuki milenium baru, MINI semakin menunjukkan taji mereka di peta persaingan dunia dengan merilis beberapa model terbaru, salah satunya model New MINI Convertible. Mobil ini tampil lebih menjanjikan dengan baru yang agresif, lebih dinamis, stylish, namun tetap mengusung praktis khas MINI.

Salah satu highlight mobil ini adalah mengusung fitur atap yang bisa dibuka dan ditutup dengan lebih tenang dalam waktu 18 detik. Selain itu, volume bagasi bertambah luas 25 persen menjadi 215 liter. Sementara, interior telah disokong MINI Visual Boost layar sentuh 6,5 inci yang terintegrasi MINI Connected, konektivitas Bluetooth dengan USB, serta sensor parkir dan kamera mundur.

MINI Cooper Convertible hadir dalam tiga varian, yaitu MINI Cooper, MINI Cooper S, dan MINI John Cooper Works. MINI Cooper dibekali dengan mesin berkapasitas 1,5 liter, 3 silinder, yang mampu menyemburkan tenaga 134 HP pada putaran 4.400 rpm, sedangkan model Cooper S didukung mesin berkapasitas 2 liter, 4 silinder, injeksi. Adapun varian John Cooper Works, mendapat mesin berkapasitas 2 liter, 4 silinder, twin turbo, direct injection, dan sanggup memuntahkan daya 228 HP.

Spesifikasi MINI Cooper Clubman

Mini Cooper Clubman adalah supermini (generasi pertama) atau mobil keluarga kecil (generasi kedua) yang direkayasa dan diproduksi oleh BMW dan dijual di bawah MINI. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007, sebagai varian dari MINI Hatch (hatchback). Sebuah versi komersial yang disebut Clubvan ditambahkan ke kisaran pada tahun 2012.

Penggunaan nama “Clubman” sebenarnya merupakan “kepergian”dari tradisi MINI. Clubman pada awal digunakan pada tahun 1970-an untuk facelift MINI klasik, dan model sebelumnya diberi nama “Traveller” atau “Countryman”. Awalnya, BMW tidak membeli hak untuk menggunakan nama-nama tersebut, dan memutuskan untuk menujuk varian “real estate” Clubman.

MINI Cooper Clubman - www.motortrend.com

MINI Cooper Clubman - www.motortrend.com

Generasi pertama MINI Cooper Clubman dirilis pada tahun 2007 hingga 2014. Identik dengan hatchback 3 pintu dari pilar B ke depan, Clubman memiliki panjang yang meningkat 240 mm, wheelbase yang 80 mm lebih panjang, ruang duduk belakang dan ruang kargo lebih dalam hingga 160 mm, sehingga menghasilkan peningkatan kapasita ruang menjadi 260 liter. Model Clubman berbobot 64 kilogram lebih berat daripada rekannya yang menggunakan dua pintu.

Clubman memiliki akses ke ruang kargonya melalui pintu belakang terbelah dua, yang dikenal sebagai pintu gudang atau splitdoors. Selain itu, semua model Clubman menampilkan pintu untuk mengakses kursi belakang. Model ini dipasarkan secara singlarly sebagai Clubdoor, dan selalu berada di sisi kanan bodinya.

Pada tahun 2007, majalah Torque menyebut Clubman “dasarnya desain hatchback 4 pintu”. Namun, karakterisasi ini mungkin membingungkan karena kompleksitas desain Clubman. Konfigurasi pintu penumpang dan pintu belakang kargo split Clubman membuatnya menjadi model yang unik di pasaran pada saat dirilis. Beberapa sumber menunjukkan bahwa MINI menciptakan segmen mereka sendiri dengan Clubman karena konfigurasinya yang tidak beraturan.

Di bagian jantung pacu, MINI membekali Clubman generasi pertama dengan mesin empat silinder, transmisi otomatis atau manual, berkapasitas 1,6 liter petrol atau diesel. Dengan modal tersebut, kendaraan ini mampu menyemburkan tenaga maksimal 66 kW atau 90 PS. MINI Cooper Clubman juga disokong dengan 6 airbags, stability control, brake assist driving, dan electronic brakeforce distribution.

Pada tahun 2015, generasi kedua Clubman meluncur dengan membawa kode F54. Mobil ini awalnya hadir dengan mesin 3 silinder, transmisi manual atau otomatis 6 percepatan, dengan tenaga maksimal 100 kW. Kemudian, meluncur MINI Cooper S Clubman yang dibekali mesin empat silinder dan mampu meniupkan daya maksimal 189 HP.

Baca juga  Update Biaya Ganti Oli Mobil di Bengkel

Harga MINI Cooper Clubman

Di pasar AS, MINI Cooper Clubman saat ini hadir dalam lima varian. Varian pertama adalah Standar yang ditawarkan dengan harga mulai USD 24.800, varian kedua adalah Cooper S dengan harga USD 28.450, varian ketiga adalah Cooper All4 dengan harga USD 26.650, varian keempat yaitu Cooper S All4 dengan harga USD 30.300, dan varian kelima adalah John Cooper Works All4 dengan harga USD 35.900.

Sementara, di pasar Indonesia, MINI Cooper Clubman saat ini hanya hadir dalam dua , yaitu MINI Clubman Standard dan MINI Cooper S Clubman. Jika varian standar dipasarkan dengan harga sekitar Rp680.000.000, maka Cooper S Clubman dibanderol dengan harga mulai Rp885.000.000.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Spesifikasi dan Info Terbaru Harga MINI Cooper Clubman"