Spesifikasi dan Info Terbaru Harga Honda Civic Type R 2017

No comment 3645 views

Bagi Anda yang menggemari -mobil premium, pasti sudah tidak asing lagi dengan model Civic. Motor Jepang telah mengaspal sejak bulan Juli 1972 silam sebagai model coupe 2 pintu, diikuti dengan hatchback 3 pintu pada bulan September di tahun yang sama. Hadir dalam beberapa generasi, Civic memiliki varian tertinggi, yaitu Civic Type R yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1997 lalu menggunakan sasis K9.

Generasi Pertama

Generasi pertama Honda Civic Type R meluncur dalam rentang waktu 1997 hingga 2000 yang mengambil basis Honda Civic EK generasi keenam. Model dasar ini membawa desain hatchback tiga pintu yang dinamakan SiR dengan kode bernama EK4. Seperti kakaknya, Integra Type R DC2/JDM DB8, mobil ini memperbaiki gagasan perusahaan mengenai mobil dengan performa tinggi di sirkuit.

Honda Civic Type R generasi pertama mengusung sasis EK9 dengan karakteristik penghilangan suara dan bobot badan yang berkurang. Mobil ini membawa mesin B16B berkapasitas 1,6 liter yang mampu meletupkan salah satu tenaga paling dahsyat, yaitu 136 kW atau 182 HP. Sementara, bagian interior kendaraan menampilkan kursi berwarna merah, red door cards, lantai berwarna merah, tombol geser titanium, dan roda kemudi yang dibungkus lapisan kulit.

Honda Civic Type R 1997 - www.ek9.org

Honda Civic Type R 1997 - www.ek9.org

Generasi Kedua

Pada tahun 2001, pabrikan Negeri Sakura meluncurkan Honda Civic Type R generasi kedua dengan sasis EP3. Mobil ini menawarkan desain hatchback 3 pintu untuk pasar Inggris, yang dibuat di Swindon, Inggris. Untuk pasar Eropa, generasi kedua mobil tersebut mampu meletupkan tenaga maksimal 150 kW atau 200 PS menggunakan mesin berkapasitas 2 liter, i-VTEC (K20A2), melalui transmisi manual enam percepatan.

Baca juga  Update Harga Supercar BMW M3 GTR

EDM EP3 Civic Type R sangat diakui oleh para jurnalis di seluruh Inggris, memenangkan penghargaan “Hot Hatch of the Year” lebih dari satu kali dari Top Gear, Fifth Gear dan What Car? Honda Civic Type R menjadi alternatif populer untuk driver arus utama yang mencatat angka penjualan yang sangat besar.

Pada tahun 2003 sampai 2004, Honda memutuskan untuk merayakan 30 tahun dengan menawarkan edisi spesial 30th Anniversary Type-R. Edisi khusus ini menampilkan kursi sporty merah dan hitam khusus Type R dari pembuat kursi terkenal di dunia Recaro, AC, dan kaca privasi di jendela belakang. Model ini juga memiliki fly-wheel yang lebih ringan. Model HUT ke-30 tersedia dalam varian Nighthawk Black, Satin Silver, dan Milano Red. Hanya 300 dari model ini yang diproduksi, masing-masing 100 unit untuk setiap .

Kemudian, di tahun 2005, Honda memperkenalkan edisi premier mobil tersebut dengan menggunakan kursi buatan Recaro, kain berwarna gelap di bagian jok belakang, Momo Steering Wheel, door linings, dan kaca privasi di jendela belakang. Mobil ini juga didukung dengan AC dan ditawarkan dalam varian warna Milano Red, Nighthawk Black, Cosmic Grey, dan Satin Silver.

Generasi Ketiga

Selang setahun kemudian, generasi ketiga meluncur, yang secara garis besar terbagi menjadi dua , yaitu yang menggunakan sasis FD2 untuk pasar Asia dan yang menggunakan sasis FN2 untuk pasar Eropa. Untuk versi Asia, kendaraan ini mulai dijual pada tahun 2007. Sementara, untuk pasar Eropa, hadir dalam versi hatchback 3 pintu.

Generasi Keempat

Kemudian, pada tahun 2015 lalu, generasi keempat bertitel New Honda Civic Type R diperkenalkan dalam ajang Geneva Motor Show. Meski hadir dalam konsep dan desain yang mirip pendahulunya, namun mobil teranyar ini tampil lebih sporty dengan pembaruan pada sektor bumper, sayap belakang, fender, knalpot, pelek, grille, hingga kap mesin.

Untuk sektor jantung pacu, mobil berdimensi 4.390 x 1.065 x 1.466 mm ini menggendong mesin K20C1, SOHC, 4 silinder segaris, Direct Fuel Injection, 2.0L, VTEC, Turbocharged, Earth Dreams Technology. Dengan bekal tersebut, New Honda Civic Type R mampu menumpahkan tenaga hingga 310 PS pada putaran 6.500 rpm dan torsi puncak 400 Nm pada putaran 2.500 hingga 4.500 rpm.

Generasi Terbaru

Paling baru, pada bulan Maret 2017 lalu, Honda kembali menghadirkan versi terbaru dari sedan elegan ini lewat ajang Geneva Motor Show. Secara visual, mobil ini tampil menakjubkan dengan mengusung headlamp LED yang dibentuk lebih sipit dan sedikit memanjang, embel huruf “H” yang terpasang manis pada bagian center di antara lampu utama, grille depan dan bumper yang kian sporty, serta tambahan fog lamp pada sisi kiri dan kanan.

Sementara, di bagian interior, kendaraan ini membawa ruang kabin yang cukup lega dan fitur-fitur yang canggih. Pengemudi maupun bakal menemukan fitur Honda Connect Infotainment System dengan layar LCD touch screen yang cukup luas untuk menunjang hiburan, AC dengan automatic climate control, serta cruise control dengan speed limiter di bagian dashboard.

Baca juga  Info Terbaru Harga Hyundai Santa Fe 2017 (All Varian)

Beralih ke dapur pacu, Honda Civic Type R 2017 membawa mesin berkapasitas 2 liter dengan sokongan teknologi VTEC Turbo Earth Dreams Technology, yang mampu meletupkan tenaga maksimal 320 PS pada putaran 6.500 rpm dan meraih torsi puncak di angka 400 Nm pada putaran 2.500 rpm. Selain itu, mobil ini pun memiliki fitur penunjang mesin yang cukup canggih dan fungsional, seperti adanya fitur drive mode yang terdiri mode Comfort untuk berkendara lebih santai dan or + R bagi yang suka berkendara dengan kecepatan super tinggi.

Honda Civic Type R 2017 - topgear.com.my

Honda Civic Type R 2017 - topgear.com.my

Honda Civic Type R

Nah, setelah mengetahui spesifikasi dari masing-masing generasi Honda Civic Type R, lalu berapa harga mobil tersebut saat ini? Untuk model terbaru, Honda belum merilis harga resmi mobil tersebut. Namun, jika merujuk pada harga Honda Civic Type R yang dipasarkan di Inggris, maka harga mobil tersebut berada di kisaran 30.000 dolar AS atau sekitar Rp400 jutaan. Sementara, jika Anda menginginkan produk bekasnya, di Indonesia dijual Honda Civic Type R keluaran tahun 2015 dengan harga Rp995.000.000.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Spesifikasi dan Info Terbaru Harga Honda Civic Type R 2017"