Info Terbaru Biaya Cuci Darah (Hemodialisis) di Rumah Sakit

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Ginjal bertugas untuk mengatur tekanan , pH , memproduksi sel merah, serta mengeluarkan sisa metabolisme protein berupa ureum, kreatinin, dan ammonia.

Cuci Darah (Hemodialisis) - www.hipwee.com

Cuci Darah (Hemodialisis) - www.hipwee.com

Sayangnya, seiring bertambahnya umur maka kinerja ginjal seseorang akan mengalami penurunan. Apalagi jika seseorang menjalani yang tidak sehat, maka penurunan fungsi ginjal bisa menjadi sesuatu yang tak terelakkan lagi.

Bagi orang yang mengalami gagal ginjal atau penurunan fungsi ginjal, maka salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menjalani cuci darah atau yang dalam istilah kedokteran disebut hemodialisa (HD). Cuci darah dilakukan oleh mereka yang menderita penyakit gagal ginjal tahap akhir, atau mereka yang kehilangan sekitar 85-90% fungsi ginjalnya dan memiliki GFR < 15.

Cuci darah dianggap sebagai salah satu solusi yang hingga kini dianggap ampuh karena dengan cuci darah dapat menghapus limbah dari dalam tubuh, menjaga kimia dalam darah berada pada tingkatan yang aman, dan membantu mengontrol tekanan darah.

Baca juga  Info Terbaru Biaya Konsultasi dan Berobat Hewan Peliharaan ke Dokter Hewan

Hemodialisis atau cuci darah biasanya berlangsung sekitar 5 jam setiap sesi dan per minggu dilakukan antara 2-3 kali. Sayangnya, meski rutin melakukan cuci darah, penyakit ginjal sang penderita tak akan sembuh. cuci darah dilakukan hanya untuk menggantikan fungsi ginjal yang sudah melemah dan membuat sang penderita bisa bertahan hidup lebih lama. Tak heran jika Anda kerap menemukan para penderita sakit ginjal yang akan terus melakukan cuci darah hingga akhir hayatnya.

Selain harus dilakukan secara rutin dan terus menerus, cuci darah pun terkenal sangat mahal. Saat ini sekali cuci darah bisa berkisar antara Rp 800 ribuan hingga Rp 2 jutaan, tergantung di mana Anda menjalaninya. Coba hitung saja berapa pengeluaran yang harus dikeluarkan oleh penderita penyakit ginjal per bulannya dengan cuci darah yang dilakukan 2 kali seminggu seumur hidupnya. Sangat mahal bukan?

Baca juga  Info Terbaru Biaya Imunisasi Tambahan untuk Anak Tahun 2017

Namun sebagian besar masyarakat kini sudah beralih menggunakan BPJS untuk mengcover seluruh kebutuhan perawatan kesehatannya, termasuk untuk cuci darah. Beruntung BPJS ternyata juga menanggung keperluan para peserta BPJS, baik kelas 1, kelas 2, maupun kelas 3 untuk cuci darah.

Menurut para pasien yang melakukan cuci darah dengan BPJS, mereka tak ditarik biaya apapun untuk cuci darah termasuk ketika dirawat inap di rumah sakit. Pasien BPJS kelas 1, 2, dan 3 tak akan mendapatkan perawatan dan perlakuan yang berbeda ketika menjalani cuci darah. Perbedaannya hanya ada pada kamar untuk rawat inap saja. Cukup dengan membayar iuran BPJS Kesehatan sebesar Rp 25.500 hingga Rp 81.000 per bulan, para penderita sakit ginjal kini dapat menikmati cuci darah secara gratis.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terbaru Biaya Cuci Darah (Hemodialisis) di Rumah Sakit"