Seberapa Mahalkah Biaya Cuci Darah?

No comment 5541 views

Cuci darah selama ini dianggap oleh orang awam sangat penting dilakukan untuk memperpanjang usia penderita gagal . Meski begitu, faktor biaya yang dirasa kelewat seringkali menjadi faktor pengganjal.

Sepenting apakah Cuci darah sebenarnya? dan Seberapa mahal biaya yang harus disiapkan untuk menjalani prosedurnya? Sebelum menjawab kedua pertanyaan tersebut, mari kita ulas secara singkat terlebih dahulu tentang cuci darah.layanan-cuci-darah

Cuci Darah atau yang dalam dunia medis disebut ‘Hemodialisa’ merupakan suatu pencucian darah menggunakan semacam untuk membersihkan tubuh dari limbah dan zat-zat berbahaya yang menumpuk dalam darah. Ginjal yang sehat dapat melakukan pencucian darah ini secara alami. Namun pada orang yang mengalami gagal ginjal, cuci darah ini otomatis harus dilakukan menggunakan bantuan yang dinamakan Dializer.

cuci darah atau dialisis ini seringkali dilakukan pada orang-orang yang memiliki penyakit gagal ginjal kronis, dimana ginjalnya berkurang sebagian atau justru tak berfungsi sama sekali.

Baca juga  Harga Terbaru Jamu Pelancar Haid EM Kapsul Berbagai Kemasan

Ketika ginjal mulai tak berfungsi, maka -produk limbah yang tersimpan dalam darah tidak bisa dikeluarkan. Limbah-limbah ini akan menumpuk dan menimbulkan berbagai gejala, diantaranya :

  • Kelelahan ekstrim

  • Lemas

  • Gatal-gatal pada kulit

  • Muntah

  • Bengkak pada ekstremitas (kaki dan tangan)

  • Koma

Memang benar jika ada yang mengatakan bahwa biaya cuci darah itu lumayan mahal. Biaya cuci darah di Rumah Sakit dari tahun ke tahun pun terus meningkat. Untuk saat ini, rata-rata biaya untuk menjalani 1 sesi cuci darah di Rumah Sakit mencapai Rp 600.000 hingga Rp 1 juta. Setiap penderita gagal ginjal rata-rata disarankan untuk menjalani tindakan cuci darah sebanyak 1-2 kali dalam seminggu, yang artinya dalam sebulan bisa mencapai 4-10 kali cuci darah. Jadi, kalau dihitung-hitung, biaya minimal yang harus disiapkan untuk cuci darah dalam sebulan mencapai Rp 2,4 juta. Sedangkan biaya tertingginya mencapai Rp 10 juta dalam sebulan.

Baca juga  Biaya Pendaftaran dan Bulanan di RockStar Gym

Selain itu, pasien yang akan menjalani hemodialisa untuk pertama kali diharuskan melakukan serangkaian untuk memeriksa kondisi Hb dan memastikan pasien ini bebas dari HIV. -tes ini tentunya memerlukan anggaran khusus di luar biaya yang harus dikeluarkan untuk hemodialisa. Pasien yang telah melakukan hemodialisa juga diwajibkan untuk melakukan kontrol rutin setidaknya setiap 3 bulan sekali untuk mengecek kadar Hb, Ureum, dan Kreatinin dalam darah.

loading...
author
Gadis rumahan yang gak terlalu suka jalan-jalan, kecuali buat window shopping memantau perkembangan harga-harga :) Pernah tercatat sebagai mahasiswi di satu PTN ternama di Malang.

Leave a reply "Seberapa Mahalkah Biaya Cuci Darah?"