Informasi Terbaru Rincian Biaya Pembuatan Sertifikat Tanah

2 comments 95938 views

Jika Anda telah memiliki hak atas dan , Anda juga harus memiliki sebagai bukti autentik. Menurut PP No. 24 Tahun 1997 tentang Tanah, sertifikat ialah surat tanda bukti hak atas tanah dan . Sertifikat sendiri dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) lewat kantor pertanahan di masing-masing wilayah.

surat sertifikat tanah - www.ngopo.com

surat sertifikat tanah - www.ngopo.com

Biasanya, sertifikat dicetak dua rangkap; satu rangkap disimpan di kantor BPN sebagai buku tanah dan satu rangkap lainnya dipegang seseorang sebagai tanda bukti kepemilikan atas tanah dan bangunan. Arsip buku tanah tercantum data detail mengenai tanah, mencakup data fisik maupun data yuridis, seperti luas, batas-batas, dasar kepemilikan, dan data pemilik.

Sementara itu, data fisik tanah dalam Surat Ukur yang terlampir dalam sertifikat hanya berupa ukuran luas dan tidak melampirkan ukuran lainnya secara detail. Selain itu, data bangunan juga tidak dicantumkan dalam sertifikat. Keterangan yang tercantum hanya tertera jika di atas tanah tersebut terdapat bangunan.

Baca juga  Update Harga Rumah Bersubsidi di Indonesia Berdasarkan Ketentuan Pemerintah

Sertifikat tanah terdiri atas beberapa , antara lain sertifikat Hak Guna Usaha (HGU), Hak Guna Bangunan (HGB), dan Sertifikat Hak Milik (SHM). Adapun untuk SHM, hanya diperuntukkan warga Negara Indonesia. Sementara, HGU dan HGB diperbolehkan dimiliki oleh warga asing, namun dalam jangka waktu tertentu.

Untuk mengurus sertifikat tanah yang belum terdaftar, ada beberapa syarat yang harus dilakukan:

  • Formulir yang sudah diisi dan ditandatangani terlebih dulu oleh pemohon di atas materai. Isi formulir itu meliputi identitas diri, luas, letak dan penggunaan tanah yang dimohon, pernyataan tanah tidak sengketa, serta pernyataan tanah dikuasai secara fisik.

  • Surat kuasa (bila dikuasakan oleh pemohon).

  • Fotokopi identitas pemohon (KTP, KK) beserta kuasa (bila dikuasakan) yang sebelumnya telah dicocokkan dengan yang asli oleh petugas loket.

  • Bukti kepemilikan tanah.

  • Fotokopi SPPT PBB terbaru yang masih berlaku (sebelumnya telah dicocokkan dengan yang asli oleh petugas loket) dan penyerahan bukti SSB (BPHTB).

  • Bukti SSP/PPh.

Baca juga  Update Harga dan Biaya Membangun Rumah Minimalis Tipe 45

Lalu, berapa yang dibutuhkan untuk mengurus sertifikat tanah? Berdasarkan Peraturan No. 128 tahun 2015 tentang Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), administrasi untuk mengurus sertifikat tanah adalah Rp50.000. Sementara, waktu yang dibutuhkan untuk proses pengurusan bervariasi, mulai 38 hari hingga 97 hari untuk sertifikat tanah pertama kali dan 15 hari untuk sertifikat tanah peralihan.

Namun kenyataan di lapangan, biaya mengurus sertifikat tanah ternyata tidak semurah yang tertulis dalam PP tersebut. Untuk membeli formulir permohonan pembuatan, pemohon sudah harus mengeluarkan dana sebesar Rp30.000. Untuk Pelayanan Pengukuran dan Pemetaan Batas Bidang Tanah, dihitung berdasarkan rumus:

  • Luas tanah 0-100 hektar = (L/500 x HSBKu) + Rp100.000

  • Luas tanah 10-1.000 hektar = (L/4000 x HSBKu) + Rp14.000.000

  • Luas tanah di atas 1.000 hektar = (L/10.000 x HSBKu) + Rp134.000.000

Sementara, untuk tarif Pelayanan Pemeriksaan Tanah dihitung berdasarkan rumus:

  • Unit skala kecil (L/500 x HSBKpa) + Rp350.000

  • Unit skala besar (L/100.000 x HSBKpb) + Rp5.000.000

Baca juga  Info Lengkap Biaya Bulanan & Tarif Sewa Apartemen di Jakarta

Adapun tarif Pelayanan Pendaftaran Tanah sebesar Rp50.000 untuk pendaftaran pertama kali dan 2% dari nilai tanah ditambah Rp100.000.

Satuan Biaya Khusus Pengukuran (HSBKu) ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan nilainya berbeda-beda di tiap provinsi, termasuk jenis pertanian atau non-pertanian. Sementara, HSBKpa adalah Satuan Biaya Khusus Panitia Penilai A dan HSBKpb adalah Satuan Biaya Khusus Panitia Penilai B.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.
  1. author

    i komang kerti yasa1 tahun ago

    Berapa biaya pengukuran tanah negara 1 hektar?

    Reply
  2. author

    ananda5 bulan ago

    Di tempat saya malah kena 6jt 🙁

    Reply

Leave a reply "Informasi Terbaru Rincian Biaya Pembuatan Sertifikat Tanah"