Info Terbaru Rincian Biaya Hidup di Malaysia

No comment 4540 views

merupakan salah satu negara di kawasan yang banyak dirujuk pelajar asal Indonesia yang ingin melanjutkan di luar negeri, selain Jepang dan Korea Selatan. Ada beberapa faktor kenapa negara yang masih satu rumpun dengan Indonesia tersebut menjadi lokasi tujuan , di antaranya rata-rata di Malaysia memiliki durasi yang lebih pendek dibandingkan di Indonesia.

Restoran Malaysia - wherejessate.com

Restoran Malaysia - wherejessate.com

Selain itu, keunggulan lain kuliah di Malaysia adalah banyaknya perguruan tinggi atau yang menjalin kerja sama dengan internasional dari Australia, Amerika Serikat, Inggris, Selandia Baru, dan negara lain. Hal ini memungkinkan para mahasiswa mendapatkan dua ijazah ketika lulus kuliah.

Di luar itu, kondisi ekonomi yang relatif stabil membuat mahasiswa yang kuliah di Malaysia tak perlu terlalu sibuk memikirkan hal-hal di luar studi. Masyarakat dan budaya Malaysia yang multi-budaya juga dapat membantu mahasiswa untuk memperkaya pengetahuan. Di Malaysia, mahasiswa juga diperkenankan izin untuk bekerja secara part time 20 jam per minggu ketika libur.

Baca juga  Biaya Relevan: Pengertian dan Contoh Analisis

kuliah di Malaysia sendiri bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing universitas atau perguruan tinggi. Untuk universitas negeri, kuliah yang harus dikeluarkan rata-rata RM 8.900 hingga RM 9.400. Sementara, kuliah di universitas swasta Malaysia berkisar RM 30.000 hingga RM 300.000. Adapun kuliah di universitas swasta, membutuhkan mulai RM 39.000 hingga RM 54.000.

Selain biaya kuliah, juga harus dipikirkan mereka yang mau melanjutkan studi di Malaysia. ini mencakup sewa tempat tinggal, makan, transportasi, hingga kebutuhan lainnya. Berikut terbaru mengenai rincian biaya hidup di Malaysia.

Sewa Kamar atau Tempat Tinggal

Biaya sewa akomodasi di Malaysia berkisar antara RM 300 hingga RM 450, tergantung jenis kamar dan jenis tempat tinggal yang akan ditinggali. Umumnya, mahasiswa memilih untuk tinggal di kondominium karena biaya yang relatif terjangkau ditambah dengan kenyamanan yang disediakan. Kamar single standard di kondominium ditawarkan mulai RM 400 atau sekitar Rp1,2 jutaan.

Baca juga  Update Biaya Nikah Siri Saat Ini

Makanan

makanan di Malaysia ternyata sangat terjangkau. Selain itu, karena Malaysia merupakan negara yang multikultur, maka variasi menu di sini sangat beragam. Untuk sekali makan di food court, Anda hanya perlu merogoh kocek mulai RM 3,5 hingga RM 5 (Rp11 ribu hingga Rp16 ribu). Sementara, jika memilih makan di restoran mewah, diperlukan biaya mulai Rp10 ribu atau setara Rp31 ribuan.

Telekomunikasi

Malaysia memiliki banyak penyalur jasa telekomunikasi, sehingga harga yang ditawarkan sangat kompetitif. Untuk pemakaian standar, biaya yang dibutuhkan sekitar RM 30 hingga RM 50 (Rp94 ribuan hingga Rp156 ribuan). Jika Anda ingin melakukan panggilan ke luar negeri dengan harga terjangkau, Anda bisa membeli kartu IDD.

Transportasi

Transportasi umum di Malaysia sangat praktis. Anda bisa naik bus, MRT, atau kereta untuk bepergian. Bahkan, kampus seperti Sunway University College menyediakan shuttle bus untuk transportasi ke kampus dan sekitarnya. Biaya transportasi di negara ini berkisar RM 5 hingga RM 10 (Rp16 ribu hingga Rp31 ribu).

Baca juga  Manfaat dan Harga Susu Zee

Biaya Lain-Lain

Biaya lain-lain ini tergantung dengan kebutuhan dan juga gaya hidup Anda. Untuk laundry pakaian selama sebulan, membutuhkan RM 60 atau sekitar Rp187 ribuan. Untuk perlengkapan mandi dan kebersihan seperti sabun, sampo, kosmetik, dan detergen, diperlukan RM 80 atau Rp250 ribuan. Sementara, untuk berobat ke dokter, membutuhkan biaya RM 40 atau Rp125 ribuan.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Info Terbaru Rincian Biaya Hidup di Malaysia"