Info Terbaru Nominal Biaya & Cara Transfer Dari Bank BRI ke Bank MANDIRI 2017

Kini, berkirim uang dirasa semakin mudah. Anjungan Tunai Mandiri atau yang biasa dikenal dengan sebutan ATM, merupakan salah satu yang dinilai mempermudah tersebut.

Berbagai bank sudah banyak memiliki mesin ATM yang dapat dipergunakan nasabah untuk bertransaksi kirim uang, baik ke bank tujuan sama ataupun berbeda. Misalnya saja dari Bank BRI ke Bank MANDIRI.

Bank BRI - (Sumber: infoperbankan.com)

Bank BRI - (Sumber: infoperbankan.com)

Transaksi antar bank ini dianggap memudahkan nasabah,sehingga nasabah tidak perlu membuka akun di beberapa bank hanya untuk keperluan transaksi. Untuk melakukan ke bank berbeda, Anda diharuskan mengetahui nomor kode ke bank tujuan.

Misalkan saja, Anda ingin melakukan transfer uang dari BRI ke MANDIRI. Setelah melewati berbagai tahap transfer di ATM, Anda akan diminta untuk memasukkan kode bank lain sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya. Kode untuk Bank MANDIRI yaitu 008.

Selain nomor kode bank yang wajib diketahui apabila Anda bertransaksi transfer melalui ATM, Anda juga akan dikenai transfer. transfer di tahun ini, yang dibebankan kepada nasabah dari BRI ke MANDIRI adalah sebesar Rp 6.500 per transfer.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai biaya transfer dari BRI ke MANDIRI, ataupun sebaliknya, dapat Anda lihat pada tabel di bawah ini.

Daftar Biaya Transfer Dari Bank BRI ke MANDIRI 2017

Jenis Fitur ATM BRI Mini ATM BRI Mobile BRI BRI CDM BRI
Transfer antar-bank di ATM Bersama Rp 6.500 Rp 6.500 Rp 6.500 Rp 6.500 Rp 6.500
Transfer antar-bank di ATM Prima Rp 6.500 Rp 6.500 Rp 6.500 Rp 6.500 Rp 6.500

Daftar Biaya Transfer Dari Bank MANDIRI ke BRI 2017

Jenis Fitur Lama (Rp) Tarif Baru (Rp)
Transfer Antar Bank via Jaringan LINK/ATM Bersama/Prima - 5.000

Untuk melakukan transfer melalui ATM dari Bank BRI ke MANDIRI, berikut ini akan ditampilkan Cara Transfer melalui ATM, yaitu:

  1. Pertama, Anda masukkan terlebih dahulu kartu ATM ke dalam mesin. Setelah itu, akan tampak menu-menu yang ada di layar yaitu nominal yang ingin Anda tarik tunai, dan ada pilihan ‘Transaksi Lain’ di bagian pojok kanan bawah. Tekan pilihan menu tersebut.
  2. Setelah itu, di layar akan tampil pilihan menu transaksi. Di baris kedua sebelah kiri, Anda akan menemukan pilihan ‘Transfer’, pilih menu tersebut.
  3. Anda akan menemui tampilan menu selanjutnya pada layar yang mengharuskan Anda memasukkan kode bank dan nomor rekening tujuan. Apabila Anda sudah mengetahui kode bank, silakan masukkan kode bank diikuti dengan nomor rekening bank tujuan. Tetapi, apabila Anda belum mengetahui kode bank tujuan, silakan tekan ‘Daftar Kode Bank’.
  4. Di layar akan tertera berbagai macam kode bank tujuan transfer. Karena di sini Anda akan melakukan transfer dari BRI ke MANDIRI, maka Anda dapat melihat di layar terdapat kode bank MANDIRI (berada pada urutan kedua di sebelah kiri) dengan nomor 008.
  5. Setelah itu, Anda akan kembali pada menu layar tertera ‘Masukkan Kode Bank dan Nomor Rekening Tujuan’, lalu masukkan perintah sesuai yang tertera di layar. Kode bank harus berada di depan sebelum nomor rekening tujuan, misalnya 00812345678910. Setelah selesai dan dinyatakan benar, tekan ‘Benar’.
  6. Berikutnya, Anda dapat mengisi jumlah (nominal) yang akan ditransfer. Lalu tekan ‘Benar’.
  7. Langkah berikutnya, pada layar, Anda akan mendapati tampilan layar berupa Data Tujuan Transfer, yang berisi Bank (tujuan), Nomor Rek (tujuan), Nama (penerima), Nomor Ref, dan Jumlah (nominal transfer). Perhatikan dengan benar, apakah semua data yang telah Anda masukkan sudah benar atau belum. Apabila sudah benar, maka tekan ‘Ya’.
  8. Transaksi sudah berhasil dilakukan, dan kertas bukti transfer dapat Anda simpan, dan tunjukkan kepada penerima. Apabila Anda akan melanjutkan transaksi, maka dapat menekan ‘Ya’ pada layar,atau jika tidak ada lagi transaksi yang akan Anda lakukan, tekan ‘Tidak’, maka Anda dapat mengambil kartu ATM kembali.

Sebagai catatan, berdasarkan pengalaman beberapa orang yang melakukan transfer via ATM ke Bank MANDIRI pernah mengalami kegagalan yang disebabkan nomor rekening yang angkanya berlebih. Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu melakukan pengecekan ulang sebelum melanjutkan ke transaksi berikutnya. Hal ini dikarenakan,apabila ingin memperbaiki, dibutuhkan beberapa waktu dalam pengurusannya.

ATM Bank Mandiri - (Sumber: infoperbankan.com)

ATM Bank Mandiri - (Sumber: infoperbankan.com)

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda akan transfer ke ATM, tentu saja adalah saldo yang ada di ATM Anda, karena nominal yang dibutuhkan untuk transfer ke bank lain memerlukan nominal lebih. Misalnya, Anda diharuskan transfer sebesar Rp 500.000,maka minimal di ATM Anda dapat mencukupi nominal transfer ditambah biaya transfer (Rp 500.000+Rp 6.500=Rp 506.500), dan juga ditambah saldo minimal yang harus ada di ATM.

Biaya di atas merupakan biaya yang dikenakan apabila Anda melakukan transfer dari ATM Bank BRI. Tetapi, apabila Anda melakukan transfer dari ATM Link, terdapat ketentuan baru. Misalnya Anda akan melakukan transfer dari rekening Bank Himbara ke sesama Himbara, misalnya ke atau BRI ke BRI, tidak dikenakan biaya (gratis).

Baca juga  Update Biaya dan Fitur Tabungan Rencana iB Syariah BCA 2017

Sedangkan, untuk pengiriman uang antar rekening Bank Himbara akan dikenakan biaya sebesar Rp 4.000, misalnya dari Bank BRI ke MANDIRI, atau MANDIRI ke BRI atau BNI, atau BRI ke BTN. Tetapi, kabarnya biaya transfer tersebut akan dihapuskan oleh Himbara hingga menjadi nol rupiah (gratis).

 

loading...

Leave a reply "Info Terbaru Nominal Biaya & Cara Transfer Dari Bank BRI ke Bank MANDIRI 2017"