Menentukan Harga NJOP Tanah dan Bangunan

No comment 2434 views

Sebelum melakukan aktivitas jual beli tanah atau rumah, Anda sebaiknya mengenali beberapa istilah terlebih dulu seperti NJOP, PBB, dan BPTHB. Jika tidak kenal, Anda bisa-bisa rugi karena rawan dicurangi pihak yang Anda ajak bertransaksi.

Nilai Jual Objek Pajak - bisniskeuangan.kompas.com

Nilai Jual Objek - bisniskeuangan.kompas.com

Khusus untuk NJOP atau Nilai Jual Objek Pajak, berdasarkan Pasal 1 angka 3 UU PBB, ini merupakan rata-rata yang diperoleh dari transaksi jual beli yang terjadi secara wajar, dan bilamana tidak ada transaksi jual beli, NJOP ditentukan melalui perbandingan dengan objek lain yang sejenis, nilai perolehan baru, atau NJOP pengganti. Disebutkan rata-rata karena NJOP ditetapkan per meter persegi.

NJOP ini merupakan dasar pengenaan PBB P2. Hal ini diatur dalam pasal 79 ayat (1) UU PDRD. NJOP terdiri dari NJOP Tanah dan NJOP . NJOP ditetapkan untuk menghitung besarnya pajak terutang sesuai keadaan objek pajak pada tanggal 1 Januari tahun pajak. Artinya, besarnya NJOP harus sudah ditetapkan sebelum tanggal 1 Januari tahun pajak.

Baca juga  Kisaran Biaya Resepsi Pernikahan Adat Jawa Sederhana

NJOP ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Daerah (Bupati atau Walikota). NJOP Tanah ditetapkan dengan satuan rupiah per meter persegi tanah sesuai tanah, yang tercermin dalam zona nilai tanah. Sementara, NJOP Bangunan ditetapkan berdasarkan  besarnya per meter persegi material dan upah yang melekat pada setiap komponen bangunan, yang dalam pengelolaan PBB P2 dikenal sebagai Komponen Bangunan (DBKB).

Perlu diketahui bahwa NJOP Bumi disusun pada suatu database yang selalu diperbaharui sehingga NJOP pada tahun sebelumnya besar kemungkinan akan berbeda dengan tahun sekarang. Kehadiran sejumlah pemukiman baru yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti akses jalan, mengakibatkan harga tanah pada suatu kawasan yang semula sepi melonjak signifikan, Kenaikan harga ini berkonsekuensi terhadap NJOP yang harus dibayar.

Di samping itu, harga beli yang semula murah, seiring dengan pesatnya pembangunan di wilayah tersebut, menyebabkan nilai tanah dan bangunan dari waktu ke waktu meningkat pesat. Untuk itu, Anda pun dapat mengajukan protes/keberatan/banding tentang NJOP yang diterima.

Baca juga  Rincian Biaya Pernikahan Tahun 2017, Mulai Penghulu Hingga Dokumentasi

Untuk menentukan harga NJOP, baik tanah maupun bangunan, memang seharusnya diketahui luas tanah dan bangunan yang bersangkutan. Misalnya, jika luas tanah diketahui 200 meter persegi dan nilai NJOP Rp600.000 per meter persegi, maka NJOP Tanah adalah 200 x Rp600.000 = Rp120.000.000. Sementara, jika luas bangunan 100 meter persegi dan NJOP Rp400.000 per m2, maka NJOP Bangunan adalah 100 x Rp400.000 = Rp40.000.000. Jadi, harga rumah tersebut adalah Rp120.000.000 + Rp40.000.000 = Rp160.000.000.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Menentukan Harga NJOP Tanah dan Bangunan"