Manfaat dan Harga Minyak Nilam di Pasaran

No comment 215 views

Minyak nilam merupakan salah satu komoditas unggulan nasional di Indonesia. Memiliki banyak , seperti sebagai baku , bahan baku parfum, pembunuh serangga, hingga bermanfaat pula sebagai obat-obatan, minyak ini telah diekspor ke berbagai negara di dunia dengan mulai ratusan ribu rupiah per kilogram-nya.

Minyak Nilam - www.tokopedia.com

Minyak Nilam - www.tokopedia.com

Minyak nilam, atau istilah Inggrisnya, Patchouli oil, merupakan salah satu minyak atsiri, yang seperti namanya, dihasilkan dari pohon nilam (Pogostemon cablin). Tumbuhan ini sendiri merupakan keluarga labiatae, dan memiliki kekerabatan dengan lavender, mint, dan sage. Tumbuhan nilam berbentuk seperti semak lebat dengan batang kaku, mampu tumbuh mencapai 60 cm hingga satu meter, dan memiliki bunga kecil merah muda pucat.

Nilam merupakan tanaman asli daerah tropis di Asia, dan kini secara luas dibudidayakan di China, India, Malaysia, Indonesia, Mauritius, Filipina, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Di Tanah Air, nilam ditanam dengan luas tanam 9.600 meter persegi dengan sebesar 2.100 ton minyak nilam per tahun. Amerika Serikat menjadi negara impor terbesar untuk minyak nilam dari Indonesia, disusul oleh Inggris, Perancis, Swiss, Jerman, Belanda, dan lainnya.

Sebelum Perang Dunia II, Indonesia mampu menghasilkan 80 sampai 90 persen minyak nilam yang hampir memenuhi kebutuhan dunia. Lebih dari 80 persen produksi minyak nilam berasal dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, yang sebagian besar hasilnya diekspor ke . Daerah lain yang menghasilkan minyak nilam adalah Bengkulu, Lampung, beberapa daerah di Jawa, Jambi, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Timur.

Memanen Minyak Nilam

Tanaman nilam biasanya dipanen pada usia tujuh sampai sembilan bulan, dan bisa dipanen sekali lagi dalam rentang tiga sampai empat bulan berikutnya. Panen dilakukan ketika bagian bawah tumbuhan menguning dan harus dilakukan pada pagi atau sore hari. Pasalnya, jika panen dilakukan siang hari, kandungan minyaknya akan berkurang.

Minyak Nilam - minyakatsirimurah.blogspot.co.id

Minyak Nilam - minyakatsirimurah.blogspot.co.id

Ketika memanen tanaman ini, semua cabangnya harus digunting, terkecuali satu untuk merangsang pertumbuhan cabang baru. Nilam dipanen menggunakan sabit atau ani-ani. Jika menggunakan sabit, harus benar-benar tajam, karena kalau tumpul, seluruh tumbuhan nantinya akan terangkat dan tidak baik dalam penumbuhan tunas yang baru. Namun, jika menggunakan sabit, bisa menyebabkan batang dan daun tercampur sehingga kadar minyaknya berkurang.

Setelah dipanen, daun nilam sebaiknya dikeringkan dulu. Pada zaman dulu, masyarakat Indonesia mengeringkan daun nilam dengan cara menjemur menggunakan bambu hingga betul-betul kering dan beratnya kurang dari setengah dari berat semula. Daun nilam ini dihamparkan dalam jemuran dan dibolak-balik, antara lima sampai delapan jam. Kemudian, daun yang sudah layu diangin-anginkan di atas rak bambu. Waktu pengeringan sendiri sekitar tiga sampai empat hari, dan setelahnya, baru bisa disuling.

Untuk memperoleh minyak nilam, ada tiga cara yang biasa dilakukan, yaitu:

  • Direbus. Pertama-tama, daun dimasukkan ke dalam ketel berisi air, dan panaskan. Ketel harus terbuat dari bahan antikarat seperti stainless steel, tembaga berlapis aluminium, dll. Dari proses ini, akan keluar uap yang dialirkan ke kondensor. Uap akan mengandung zat cair yang berisi campuran air dan minyak nilam dan barulah dilakukan pemisahan.
  • Dikukus. Mirip dengan cara pertama, tetapi antara daun dan minyak, dibuat pemisah. Daun nilam di atasnya, sedangkan air di bawahnya pada saat berada di ketel.
  • Penyulingan dengan cara uap. Untuk cara ini, diperlukan dua buah ketel, yang satu berisi air yang didihkan, sedangkan yang lain berbentuk silinder. Agar tidak kehilangan panas, ketel-ketel tersebut dibungkus zat penahan panas, seperti karung goni. pendinginnya berupa bak pendingin yang terdapat pipa spiral dari stainless steel, dan berfungsi untuk mengubah zat tadi menjadi cairan. Kemudian ditampung, dan dipecah menjadi dua zat yang berlainan, yakni air dan uap, dan minyak nilam itu sendiri.

Setelah diperoleh minyak nilam, sebaiknya disimpan di dalam botol-botol berukuran kecil. Sementara, jika produksinya banyak, dapat dimasukkan ke dalam drum. Namun, yang perlu diingat, tempat penyimpanan harus bersih dari zat kimia yang tercampur pada tempat penyimpanan. Drum sebaiknya dijemur dulu di bawah terik matahari agar zat yang menempel bisa menguap.

Manfaat Minyak Nilam

Minyak nilam dikatakan mengandung alkohol nilam (patchouli alcohol), kamper nilam (patchouli camphor), cadinene, benzaldehida, eugenol, dan cinnamic aldehyde. Di samping itu, di dalam minyak nilam juga terdapat zat patchouli alcohol (disingkat PA) yang teramat berguna pada dunia internasional. Minyak nilam yang baik adalah yang mengandung PA sekitar 30 persen.

Minyak nilam ini umumya digunakan dalam aromaterapi karena sifat antidepresan yang dimilikinya. Menghirup minyak nilam disebutkan mampu mendorong pelepasan serotonin dan dopamine, hormon yang mengurangi perasaan marah dan kecemasan. Ini sebabnya kenapa minyak nilam sering digunakan dalam ritual berdoa atau meditasi.

Selain itu, minyak nilam juga disebutkan mampu menenangkan peradangan dalam tubuh. Dengan peradangan merupakan akar dari banyak penyakit, minyak nilam dapat mengatasi peradangan internal dan kondisi seperti arthritis dan gout, sekaligus mengatasi peradangan eksternal dalam bentuk infeksi atau iritasi.

Baca juga  Dinilai Cocok Untuk Kulit Berminyak, Bedak Tabur Maybelline Dijual Seharga Rp 19.500

Untuk manfaat kesehatan lainnya, minyak nilam berguna mencegah infeksi karena bersifat antiseptik yang berarti melindungi luka pada kulit. Di samping itu, minyak ini juga membantu sistem metabolisme tubuh, merangsang hormon libido atau gairah seks, merangsang kontraksi otot sehingga mencegah rambut rontok atau kulit kendur, serta mengurangi insomnia.

Harga Minyak Nilam

Harga minyak nilam di Indonesia cenderung bergerak fluktuatif. Pada bulan Mei lalu, harga minyak nilam di Provinsi Sulawesi Tenggara berkisar Rp340.000 per kilogram. Sementara, di bulan Februari , harga minyak nilam di daerah Purbalingga, Jawa Tengah dipatok mulai Rp450.000 per kilogram. Di situs jual beli online, ada juga minyak nilam asal Sulawesi Tenggara yang ditawarkan dengan harga Rp550.000 per kilogram.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Manfaat dan Harga Minyak Nilam di Pasaran"